Alarplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

cuping-hidung

Alarplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Hidung merupakan bagian penting yang meningkatkan kesan pada wajah. Hal ini karena bentuk dan ukuran hidung mempengaruhi kesan wajah secara keseluruhan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan wajah yang ideal, Anda juga membutuhkan bentuk dan ukuran hidung yang tepat.

Di Indonesia sendiri, bentuk hidung sendiri cenderung lebar dan kecil. Oleh karena itu, banyak masyarakat Indonesia yang mengeluhkan bentuk wajah mereka yang jauh dari ideal. Dari sekian banyak keluhan yang diterima, rata-rata mereka berusaha mengecilkan ukuran lubang hidungnya.

Mengingat hidung adalah bagian tengah wajah, ini sangat masuk akal. Jika bentuk dan ukuran hidung tidak ideal, rasa percaya diri pemiliknya berkurang. Salah satu solusi yang mungkin untuk mengatasinya adalah dengan menjalani operasi untuk mengecilkan ukuran lubang hidung Anda. Yuk cari tahu selengkapnya!

Apa Itu Alarplasty?

Alarplasty  juga disebut operasi pengurangan alar atau pengurangan lubang hidung (cuping hidung). Ini adalah prosedur pembedahan yang dilakukan hanya untuk mengubah bentuk dan lebar lubang hidung. Prosedur ini sangat diminati di antara mereka yang ingin mengubah tampilan lubang hidung mereka dan membuatnya terlihat sempurna. Selain itu, operasi hidung dapat dilakukan sebagai prosedur independen atau dalam kombinasi dengan operasi hidung. 

Hidung terlihat seperti bagian kecil dari tubuh, tetapi mewakili keseimbangan seluruh wajah. Beberapa orang memiliki lubang hidung dan lubang hidung dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Dalam situasi seperti itu, operasi hidung adalah pilihan terbaik untuk memperbaiki simetri lubang hidung.

Baca Juga: Mengenal Cuping Hidung Agar Bentuknya Mancung Ideal

Apa Manfaat Melakukan Alarplasty?

Melakukan prosedur alarplasty pada hidung Anda tentunya memiliki manfaat yang cukup signifikan, alasan tersebut juga berpengaruh terhadap ketertarikan seseorang untuk melakukan prosedur alarplasty. Berikut ini adalah manfaat alarplasty, yaitu:

1. Membuat Wajah Lebih Sempurna dan Seimbang

Untuk melengkapi penampilan Anda, bentuk hidung yang baik membawa keselarasan dan keseimbangan pada wajah Anda. Orang lain akan memperhatikan wajah Anda dan menganggapnya menarik. Prosedur pembedahan ini sederhana dan cepat, sekaligus membuat bentuk wajah menjadi lebih feminim dengan bentuk cuping hidung yang ramping.

2. Cuping Hidung Simetris atau Kesesuaian Yang Lebih Baik

Ada beberapa prosedur untuk memperbaiki wajah Anda, tetapi operasi hidung adalah pilihan yang bagus, terutama jika Anda ingin menyesuaikan lubang hidung Anda. Mengubah tampilan hidung yang lebar. Berdasarkan bentuk alami wajah, sayap bisa tipis, tebal, pendek atau besar.

3. Penyesuaian Ukuran dan Lebar Lubang Hidung

Secara umum, kebanyakan orang yang memilih untuk sering melakukan operasi cuping hidung (alarplasty) merasa hidungnya tidak cukup sempurna. Juga, beberapa orang menemukan hidung mereka terlalu menonjol, atau lubang hidung mereka terlihat terbuka lebar.

Banner Plastic Surgeon

Apa Saja Kelebihan Alarplasty di Plasthetic? 

Berikut ini adalah kelebihan yang dapat Anda dapatkan ketika Anda melakukan alarplasty di Plasthetic Clinic.

1. Menggunakan Teknik Terbaru

Kelebihan dari alarplasty di Plasthetic ini terletak pada tekniknya. Plasthetic Clinic selalu memperbaharui teknik sesuai dengan perkembangan dunia kedokteran dan medis. Dokter-dokter di Plasthetic Clinic juga seringkali mengikuti seminar dan pembelajaran dari banyak dokter bedah plastik dunia untuk memperbaharui teknik operasi  yang lebih modern.

2. Minimal Invasif dan Downtime Lebih Pendek

Prosedur ini memiliki waktu pemulihan yang sedikit berkurang. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan waktu pemulihan yang lumayan lama yang menyebabkan Anda tidak nyaman dengan hal ini.

Bagi orang yang tidak puas dengan bentuk dan ukuran lubang hidungnya, operasi hidung mungkin menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan operasi plastik lainnya. Ini karena alarplasty adalah jenis operasi invasif minimal dengan masa pemulihan yang singkat.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Hidung Jambu

3. Biaya Jauh Lebih Murah

Melakukan prosedur pembedahan alarplasty di Plasthetic Clinic dapat lumayan menghemat pengeluaran Anda, lho. Untuk prosedur ini, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan klinik kecantikan lainnya.

Apa Faktor Risiko dari Alarplasty?

Alarplasty umumnya dianggap ialah prosedur yang aman untuk dilakukan. Oleh karena itu, tidak ada risiko atau komplikasi besar dengan operasi ini. Namun, seperti jenis operasi lainnya, tentunya alarplasty dapat menimbulkan beberapa risiko dan komplikasi. Komplikasi potensial lainnya yang dapat terjadi beberapa minggu setelah operasi meliputi:

  1. Memar pada area hidung
  2. Bekas luka pasca operasi
  3. Nyeri pada area yang di operasi
  4. Efek samping anestesi
  5. Infeksi luka operasi yang dapat menyebabkan jaringan parut yang tidak normal

Siapa Kandidat yang Diperbolehkan Melakukan Prosedur Alarplasty?

Tindakan operasi alarplasty memang berguna untuk memperbaiki bentuk cuping hidung menjadi lebih proporsional dan estetik. Namun, perlu Anda pahami bahwa tidak semua orang bisa melakukan prosedur ini. Adapun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat menjalani operasi plastik ini.

  1. Tubuh dalam keadaan sehat dan tidak merokok.
  2. Tidak sedang menjalani tindakan medis lainnya atau telah sembuh total dari prosedur operasi di area sekitar hidung dan wajah.
  3. Memiliki cuping hidung yang lebar dan asimetris.
  4. Tidak puas memiliki ukuran dan bentuk lubang hidung saat ini.

Bagaimana Cara dan Proses Melakukan Alarplasty di Plasthetic? 

Alarplasty ini merupakan part of rhinoplasty ya teman Plasthetic. Prosedur ini bisa dilakukan dengan tulang rawan supaya muka jadi keliatan lebih feminim. 

Perbedaannya hanya terletak pada area yang dilakukan tindakan. Saat melakukan alarplasty, area tindakan ialah pada bagian kanan dan kiri sayap hidung, atau pun yang lebih sering disebut dengan cuping.

Untuk gambaran umumnya, berikut ini merupakan prosedur dari Alarplasty menurut Plastehtic Clinic:

1. Konsultasi

Pada tahap ini, dokter Anda akan dengan jelas menjelaskan prosedur pembedahan, resiko, dan konsekuensi dari pembedahan. Selain itu, dokter dapat menggambar area tindakan untuk memvisualisasikan hasil prosedur.

2. Anestesi

Sebelum memulai prosedur pembedahan, pasien terlebih dahulu diberikan anestesi. Anestesi dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau umum. Anestesi bertujuan untuk meminimalkan rasa sakit dan kenyamanan pasien selama operasi.

3. Insisi

Setelah anestesi mulai bekerja, operasi selanjutnya adalah sayatan. Untuk operasi pengecilan hidung, sayatan dibuat di kedua sisi kiri dan kanan hidung.

Baca Juga: Anti Aging: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Rekomendasi Perawatan

4. Rekonstruksi

Proses ini berlanjut dengan fase rekonstruksi. Tahap ini mengurangi ukuran lubang hidung yang dianggap terlalu lebar. Dokter tentunya akan mengurangi ukuran cuping hidung sesuai permintaan pasien ya, teman Plasthetic.

5. Menutup Area Insisi

Setelah jaringan dikecilkan, proses selanjutnya adalah menutup area sayatan. Pekerjaan ini dilakukan dengan teknologi menjahit. Selain menutup bekas luka, proses penjahitan juga membantu memperkuat bentuk baru lubang hidung. 

Setelah prosedur selesai, area tersebut akan diobati dengan pereda nyeri dan ditutup dengan perban. Penting untuk diketahui bahwa pasien diharapkan bersih setiap saat selama masa penyembuhan. Alasan hidung Anda terkena kotoran adalah karena bisa terinfeksi.Penting juga untuk memiliki harapan yang realistis untuk operasi ini ya, Teman Plasthetic.

Untuk itu, konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis yang sudah berpengalam dengan hal ini merupakan hal yang sangat penting. Selain urusan penampilan, perhatikan nilai medis di baliknya, Anda harus memastikan bahwa operasi ini tidak akan mengganggu fungsi pada organ pernapasan Anda. Jika Anda ingin berkonsultasi dan melakukan prosedur silahkan hubungi Plasthetic Clinic di nomor 0811-1769-199 ya. Dapatkah bentuk hidung impian mu bersama kami!

Di Review Oleh:

dr. Tasya Anggrahita, SpBPRE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah

Read More

Bagaimana Cara Menghilangkan Veneer Gigi Yang Gagal?

Read More

Lakukan Suntik Bibir di Tempat yang Aman dan Terpercaya!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!