Cara Membuat Rahang Tegas dengan Mudah untuk Mencapai Penampilan Ideal

Cara Membuat Rahang Tegas dengan Mudah untuk Mencapai Penampilan Ideal

Di Tinjau oleh Dokter

Seiring bertambahnya usia, wajah akan mengalami perubahan, termasuk penumpukan lemak di beberapa area seperti leher. Penumpukan yang terjadi di area leher sendiri dapat membuat rahang terlihat kurang tegas yang bisa terjadi karena ototnya mulai menyusut. Meskipun perubahan ini adalah bagian dari proses penuaan yang alami atau dipengaruhi oleh faktor genetika, beberapa individu mungkin merasa terganggu akan hal ini. Namun, dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi saat ini, tersedia beberapa cara membuat rahang tegas yang dapat Anda lakukan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menyimak penjelasan lengkap dari Plasthetic Clinic berikut ini!

Bagaimana Cara Membuat Rahang Tegas?

Bagi Anda yang mendambakan bentuk rahang yang tegas, ada beberapa cara membuat rahang tegas yang bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah.

1. Latihan Vokal

Latihan vokal adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membentuk rahang yang lebih tegas. Latihan ini menargetkan otot-otot di sekitar bibir dengan mempraktikkan vokal dan meregangkan mulut. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Buka mulut lebar dan hasilkan suara “O” untuk mengencangkan otot
  • Kemudian, buka mulut secara berlebihan untuk menghasilkan suara “E”
  • Anda dapat mengurangi gerakan membuka mulut “O” dan “E” secara bertahap

2. Tongue Twister

Tongue Twister adalah gerakan yang bertujuan untuk mengencangkan otot di bawah dagu dan memperkuat garis rahang. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam latihan Tongue Twister:

  • Letakkan lidah Anda di langit-langit mulut, tepat di belakang gigi
  • Tekan lidah dengan kuat ke langit-langit mulut untuk membuat ketegangan
  • Bersenandung dan buatlah suara bergetar untuk mengaktifkan otot-otot

Baca Juga: Cara Mempertegas Jawline yang Membuat Bentuk Rahang Terlihat Proporsional

3. Neck Curl-Up

Neck Curl-Up adalah gerakan yang memfokuskan pada otot leher yang jarang digunakan. Untuk melakukan gerakan ini, Anda harus melakukannya dengan perlahan dan menghentikannya jika mulai merasakan sakit. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Berbaring telentang dan letakkan lidah di langit-langit mulut.
  • Bawa dagu ke dada, angkat kepala sekitar lima hingga tujuh sentimeter dari lantai.
  • Turunkan kepala secara perlahan dan ulangi gerakan dari awal.

Pastikan untuk melakukan gerakan ini dengan perlahan dan hindari tergesa-gesa dalam menambah jumlah set dan repetisi agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan.

4. Chin-Up

Chin-Up adalah latihan yang bertujuan untuk mengencangkan otot-otot wajah di bagian bawah, termasuk rahang. Dengan melakukan latihan ini secara konsisten, Anda dapat mengembalikan bentuk rahang yang tegas seperti saat masih muda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tutup mulut dan perlahan dorong rahang ke depan
  • Angkat bibir bawah dan dorong ke atas hingga merasakan regangan pada otot dagu dan rahang
  • Tetap dalam posisi tersebut selama sekitar 10 detik sebelum mengulangi langkah awal

Baca Juga: 2 Cara Mengecilkan Rahang yang Lebar dan Perawatannya

5. Collarbone Backup

Collarbone Backup adalah latihan yang melibatkan tulang selangka untuk melibatkan otot-otot di bawah dagu yang menyangga rahang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Duduk di lantai atau di kursi.
  • Gerakkan kepala ke belakang beberapa sentimeter sampai Anda merasakan otot-otot di sisi leher berkontraksi. Pastikan untuk menjaga dada tetap rileks dan telinga berada di atas bahu. Sementara itu, pastikan dagu Anda tetap sejajar dengan lantai saat bergerak
  • Ulangi gerakan yang sama, tetapi dorong kepala ke depan.

Banner Plasthetic Aesthetic

Rekomendasi Perawatan Operasi Membuat Rahang Tegas dari Plasthetic

Selain melakukan cara membuat rahang tegas di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan beberapa perawatan yang ditawarkan oleh Plasthetic Clinic untuk membuat rahang Anda lebih tegas.

1. Botox Rahang

Botox Rahang merupakan salah satu perawatan yang populer untuk mempertegas bentuk rahang. Prosedur ini melibatkan penyuntikan Botulinum Toxin (Botox) ke otot masseter yang berada di kedua sisi rahang. Botox bekerja dengan merilekskan otot-otot tersebut, sehingga dapat mengurangi volumenya dan memberikan rahang tampilan yang lebih ramping dan kencang.

2. Thread Lift

Thread Lift adalah prosedur non-bedah yang melibatkan penggunaan benang khusus untuk mengangkat dan menarik kulit. Untuk mencapai rahang yang kencang, Thread Lift dapat dilakukan di area pipi untuk membantu mengangkat jaringan yang kendur dan mengembalikan kontur wajah yang telah mengalami penuaan, termasuk area rahang. Benang akan ditempatkan di bawah kulit untuk memberikan dukungan dan mengangkat kulit dari dalam.

3. Face Lift

Face Lift adalah prosedur bedah yang bertujuan untuk mengencangkan dan meremajakan kulit yang mengalami kekenduran dan keriput. Prosedur ini berguna untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput, lipatan kulit, dan kekenduran di daerah wajah dan leher.

Baca Juga: 5 Operasi Plastik Populer di Korea Selatan yang Digemari di Indonesia

4. Jowl Lift

Jowl Lift adalah salah satu tindakan yang bertujuan untuk menangani ketidaksimetrisan dalam bentuk wajah dan rahang yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetik, penuaan, masalah kesehatan, cedera, atau kecelakaan. Selain membantu menangani ketidaksimetrisan wajah, prosedur ini juga bertujuan untuk membantu mengatasi masalah dalam hal mengunyah, berbicara, dan menggigit.

Sebelum mempertimbangkan untuk menjalani salah satu prosedur di atas, penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. Hal ini disebabkan oleh risiko dan efek samping yang melekat pada setiap jenis perawatan dan tindakan bedah, sehingga konsultasi menjadi langkah yang sangat penting untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Selain itu, melalui konsultasi, dokter yang bersangkutan dapat mengevaluasi apakah Anda merupakan kandidat yang cocok untuk menjalani tindakan tersebut. Anda dapat melakukan proses konsultasi dengan mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini.

Semoga informasi mengenai cara membuat rahang tegas di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Nathania Pudya H., Sp.B.P.R.E., Subsp.E.L.,(K)

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

bedanya-laser-resurfacing-dengan-laser-acne-biasa

Ketahui Bedanya Laser Resurfacing dengan Laser Acne Biasa

Read More
buccal-fat-removal

Operasi Buccal Fat Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

Read More
cara-kerja-alat-scaling-gigi

5 Cara Kerja Alat Scalling Gigi yang Perlu Kamu Ketahui

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!