4 Cara Mengatasi Tulang Hidung Bengkok dengan Operasi dan Tanpa Operasi

cara-mengatasi-tulang-hidung-bengkok

4 Cara Mengatasi Tulang Hidung Bengkok dengan Operasi dan Tanpa Operasi

Di Tinjau oleh Dokter

Hidung yang bengkok, atau yang dikenal sebagai crooked nose, adalah sebuah kondisi ketika hidung tidak mengikuti garis lurus vertikal di tengah wajah. Kondisi tulang hidung yang bengkok ini dapat memengaruhi fungsi pernapasan dan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Penyebab hidung bengkok sendiri sangat beragam, dan tingkat keparahan setiap individu dapat bervariasi, baik itu ringan maupun berat. Jika Anda memiliki kondisi tulang hidung yang bengkok, maka Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab terdapat beberapa cara mengatasi tulang hidung bengkok yang dapat Anda lakukan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel Plasthetic Clinic berikut ini sampai selesai..

Apa Saja Penyebab Tulang Hidung Bengkok?

Tulang hidung yang bengkok merupakan kondisi yang cukup umum terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Selain dapat memengaruhi penampilan wajah, kondisi ini juga dapat mengganggu fungsi pernapasan dan kesehatan individu secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa faktor penyebab tulang hidung bengkok yang dapat Anda ketahui.

1. Cedera

Cedera merupakan penyebab paling umum dari kondisi tulang hidung yang bengkok. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai kecelakaan, seperti terjatuh, terkena pukulan pada hidung, atau cedera saat berolahraga, yang dapat menyebabkan patah atau pergeseran tulang hidung dari posisi asalnya. Dalam banyak kasus, jika cedera pada hidung tidak ditangani dengan benar, maka bisa menyebabkan kebengkokan permanen. 

2. Cacat Lahir

Di samping itu, terdapat sebagian individu yang memiliki kelainan bawaan berupa septum hidung yang bengkok. Hal ini bisa terjadi karena posisi abnormal janin dalam kandungan atau masalah komplikasi saat proses persalinan yang menimbulkan tekanan pada hidung dan menyebabkan deformitas.

Baca Juga: Mengenal Treatment Tanam Benang Hidung, Prosedur, dan Manfaatnya

3. Pertumbuhan yang Tidak Normal

Pertumbuhan tulang hidung yang tidak normal juga bisa menjadi penyebab tulang hidung menjadi bengkok. Hal ini sering terjadi pada masa pubertas, ketika tulang dan kartilago hidung mengalami perkembangan yang cepat. Jika pertumbuhan ini tidak merata, maka dapat mengakibatkan kebengkokan pada struktur hidung.

4. Infeksi

Infeksi yang parah pada hidung atau sinus dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang signifikan, yang berpotensi memengaruhi struktur tulang hidung. Selain itu, infeksi yang kronis, seperti sinusitis kronis, juga dapat mengubah struktur tulang dan kartilago, yang bisa menyebabkan tulang hidung menjadi bengkok.

5. Tumor

Tumor yang tumbuh di hidung atau daerah sekitarnya dapat menjadi penyebab tulang hidung menjadi bengkok. Pertumbuhan yang tidak normal ini dapat memberi tekanan pada struktur hidung dari dalam, yang mengakibatkan deformasi atau pergeseran tulang hidung dari posisi semula.

Baca Juga: 5 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami dan di Klinik Kecantikan

Bagaimana Cara Mengatasi Tulang Hidung Bengkok Tanpa Operasi?

Sebelum mengetahui cara mengatasi tulang hidung bengkok, penting bagi Anda untuk memahami gejala umum yang biasanya timbul akibat kondisi tersebut. Salah satu gejala paling umum dari tulang hidung bengkok sendiri adalah kesulitan bernapas dan sinusitis yang berkelanjutan. Gejala ini seringkali menyerupai infeksi saluran pernapasan, seperti pilek atau alergi. Di samping itu, ada beberapa gejala lain yang bisa muncul akibat tulang hidung bengkok, termasuk:

  • Sakit kepala
  • Sering mimisan
  • Hidung terasa kering
  • Napas berisik saat tidur
  • Infeksi sinus yang berulang
  • Nyeri di wajah, terutama di beberapa sisi tertentu
  • Hidung tersumbat, seringkali lebih parah di satu sisi

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, kemungkinan besar Anda memiliki kondisi tulang hidung yang bengkok. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa cara cara mengatasi tulang hidung bengkok tanpa perlu menjalani operasi, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Penggunaan Splint atau Penyangga

Splint atau penyangga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengoreksi tulang hidung yang bengkok. Alat ini ditempatkan pada hidung untuk memberikan tekanan yang lembut namun konsisten dan bertujuan untuk perlahan-lahan memperbaiki bentuk hidung. Penggunaan splint ini cenderung lebih efektif untuk kasus-kasus kebengkokan yang ringan dan membutuhkan penggunaan secara teratur sesuai dengan panduan yang diberikan oleh dokter.

2. Irigasi Hidung

Melakukan irigasi hidung dengan larutan garam dapat membantu mengurangi gejala yang disebabkan oleh tulang hidung bengkok seperti penyumbatan dan infeksi sinus. Prosedur ini dapat membantu membersihkan hidung dari lendir dan iritasi, memungkinkan pernapasan yang lebih baik dan dapat secara tidak langsung meredakan beberapa tekanan pada struktur hidung yang bengkok.

Baca Juga: 4 Macam-macam Operasi Hidung yang Harus Diketahui

3. Suntik Tulang Rawan

Injeksi filler atau suntikan pada tulang rawan juga dapat digunakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada tulang hidung dan tulang rawan dengan mengisi area jaringan lunak pada hidung yang tidak berada di tengah. Biasanya, prosedur ini melibatkan penggunaan bahan seperti silikon, asam hialuronat (HA) seperti Juvaderm, dan gel kalsium hidroksilapatit (CaHA).

Namun, baik HA maupun CaHA memiliki risiko efek samping yang ringan, sementara silikon dapat menyebabkan peradangan parah yang dikenal sebagai granuloma. Selain itu, perawatan ini juga memiliki risiko penipisan kulit dan infeksi, yang biasanya ditandai dengan kulit merah dan tekstur yang tidak rata.

4. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti dekongestan dan anti-inflamasi, dapat membantu mengurangi pembengkakan dan penyumbatan yang disebabkan oleh tulang hidung bengkok. Walaupun demikian, penggunaan jangka panjang obat-obatan tersebut harus diawasi oleh dokter karena dapat menimbulkan efek samping dan tidak disarankan sebagai solusi permanen untuk masalah struktural.

Banner Plasthetic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Mengatasi Tulang Hidung Bengkok dari Plasthetic

Jika Anda menghadapi kasus tulang hidung bengkok yang lebih serius atau mencari solusi jangka panjang, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk menjalani prosedur Rhinoplasty di Plasthetic Clinic

Rhinoplasty sendiri tidak hanya berkaitan dengan penampilan fisik hidung, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan pernapasan individu. Di Plasthetic Clinic, prosedur ini akan dilakukan oleh dokter ahli bedah yang berpengalaman dengan menggunakan teknologi terbaru dan pendekatan yang minim invasif untuk memastikan hasil yang alami dan pemulihan yang cepat.

Jika Anda tidak tertarik untuk melakukan tindakan bedah, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan perawatan kecantikan seperti Thread Lift, yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan hidung dengan menggunakan benang khusus yang dapat diserap oleh tubuh. Benang ini nantinya akan dimasukkan ke dalam jaringan hidung untuk mengangkat dan mengencangkan kulit, sehingga hidung terlihat lebih simetris.

Namun, sebelum melakukan kedua prosedur ini, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan yang berpengalaman untuk memastikan bahwa prosedur yang Anda pilih sesuai dengan kondisi Anda. Selama konsultasi, Anda juga dapat membahas risiko dan efek samping yang mungkin terjadi setelah prosedur tersebut. Sebab, setiap prosedur memiliki risiko dan efek samping yang berbeda, jadi konsultasi adalah langkah yang penting untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

Untuk melakukan konsultasi dengan mudah, Anda dapat langsung menghubungi tim kami di sini atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai cara mengatasi tulang hidung bengkok di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Teuku Nanda P., Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-menghilangkan-bopeng-bekas-jerawat-secara-cepat

13 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Cepat dan Tepat

Read More
berapa kali sebaiknya melakukan facial wajah

Berapa Kali Sebaiknya Melakukan Facial Wajah? Ini Waktu Idealnya!

Read More

Cara Membuat Rahang Tegas dengan Mudah untuk Mencapai Penampilan Ideal

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!