7 Cara Menghilangkan Lemak Di Pinggang Samping dengan Aman

sedot-lemak

7 Cara Menghilangkan Lemak Di Pinggang Samping dengan Aman

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu permasalahan yang kerap kali dialami oleh sebagian individu adalah masalah penumpukan lemak di berbagai bagian tubuh, termasuk di sekitar pinggang samping. Keberadaan lemak berlebih ini sendiri bisa menimbulkan berbagai dampak negatif pada kesehatan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, demensia, asma, hingga kanker. Jika Anda memiliki kondisi lemak yang menumpuk di sekitar pinggang samping, maka Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab terdapat beberapa cara menghilangkan lemak di pinggang samping yang dapat dilakukan secara aman dan efektif. 

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, banyak individu juga berupaya menghilangkan lemak di area pinggang untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal mereka. Tertarik untuk mengetahui metode apa saja yang efektif dalam mengurangi lemak di area pinggang? Mari ikuti ulasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Apa Saja Penyebab Lemak di Pinggang Samping?

Lemak yang menumpuk di pinggang samping bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Memahami faktor-faktor penyebabnya merupakan langkah awal untuk menghadapi masalah satu ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab lemak di pinggang samping yang perlu Anda ketahui.

1. Faktor Genetik

Genetika memiliki peranan yang penting dalam menentukan distribusi lemak di dalam tubuh. Berkat faktor genetik, sebagian individu cenderung untuk menyimpan lebih banyak lemak di bagian-bagian tertentu, termasuk di sekitar pinggang. Apabila orang tua atau anggota keluarga Anda memiliki pola penimbunan lemak yang serupa, maka besar kemungkinannya Anda juga akan mengalami kondisi yang sama.

2. Kurang Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik, seperti tidak berolahraga, juga menjadi faktor utama yang menyebabkan penumpukan lemak di sekitar pinggang. Tanpa melakukan aktivitas fisik yang memadai, tubuh tidak mampu membakar kalori yang telah dikonsumsi, sehingga kalori tersebut akhirnya disimpan sebagai lemak. Menurut hasil penelitian, lemak di area perut dan pinggang dapat meningkat sebesar 25% hingga 38% jika individu tidak melakukan olahraga selama satu tahun.

3. Stres

Saat Anda mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, hormon tersebut juga dapat mengubah pola penyimpanan lemak dalam tubuh, mengalihkan dari penyebaran merata ke seluruh tubuh menjadi terfokus pada area tertentu, seperti area pinggang dan perut.

4. Pola Hidup yang Kurang Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum alkohol secara berlebihan, juga bisa menyebabkan penimbunan lemak di sekitar pinggang. Merokok dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak di area pinggang. Di sisi lain, mengonsumsi alkohol dapat menghambat proses pembakaran lemak dan menyebabkan lemak dari alkohol tersimpan di sekitar pinggang.

5. Kualitas Tidur yang Buruk

Tidur yang cukup dan berkualitas memegang peranan yang penting dalam menjaga keseimbangan hormon, termasuk hormon yang mengatur rasa lapar. Jika tidur Anda kurang berkualitas, misalnya kurang dari 5 jam per hari, hal tersebut dapat meningkatkan berat badan dan bahkan dapat menyebabkan obesitas. Selain itu, kurang tidur juga bisa mengakibatkan ketidakseimbangan energi, hormon yang tidak normal, dan perubahan perilaku metabolik seperti peningkatan rasa lapar dan penurunan aktivitas fisik.

4. Mengonsumsi Makanan Berkalori Tinggi dan Minuman Tinggi Gula

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalori, seperti, gula, minuman bersoda, gorengan, kopi, teh, hingga junk food dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori ke dalam tubuh. Jika kalori-kalori ini tidak terbakar melalui aktivitas fisik, tubuh akan menyimpannya sebagai lemak, termasuk di sekitar pinggang.

Baca Juga: Mommy Makeover untuk Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak di Pinggang Samping?

Untuk mengurangi lemak di pinggang samping, Anda dapat mencoba beragam cara menghilangkan lemak di pinggang samping berikut ini.

1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat menjadi langkah pertama dan penting dalam menghilangkan lemak di pinggang. Dalam hal ini, Anda dapat fokus mengonsumsi makanan yang kaya serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, serta biji-bijian utuh. Selain itu, batasi konsumsi makanan olahan, lemak jenuh, dan gula tambahan. Menggantikan camilan tidak sehat dengan alternatif yang lebih sehat juga dapat memberikan dampak besar dalam upaya menghilangkan lemak di pinggang.

2. Mengurangi Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol yang tinggi kalori sering kali dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan tanpa disadari. Untuk menghilangkan lemak di pinggang samping, Anda perlu mengurangi konsumsi alkohol agar dapat membantu mengurangi total asupan kalori dan mencegah akumulasi lemak di pinggang.

3. Mengelola Stres

Mengelola stres melalui teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menenangkan dapat membantu mengurangi produksi hormon stres yang berperan dalam penimbunan lemak.

Baca Juga: Yuk Simak, Begini Cara Mengecilkan Perut Buncit!

4. Memastikan Asupan Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup tidak hanya penting untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat membantu mengatur nafsu makan, pencernaan, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan menjaga asupan air putih yang cukup setiap hari, Anda dapat memastikan tubuh untuk tetap terhidrasi. 

Banner Plasthetic Surgeon

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dan berkualitas juga dapat membantu mengurangi lemak di pinggang samping. Dengan memiliki istirahat yang cukup, Anda dapat mengatur hormon yang memengaruhi rasa lapar dan metabolisme.

6. Mengatur Porsi Makan

Mengatur ukuran porsi makan juga dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dan mendukung penurunan berat badan. Dalam menerapkan strategi ini, Anda dapat menggunakan piring berukuran yang lebih kecil dan memerhatikan takaran porsi saat makan untuk menghindari makan yang berlebihan.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Lemak di Bokong Secara Alami dan Operasi

7. Melakukan Olahraga Kardio

Cara menghilangkan lemak di pinggang samping yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga kardio. Berbagai jenis olahraga kardio, seperti berjalan kaki, lari, bersepeda, atau berenang, dapat membantu membakar kalori dan mengurangi lemak di seluruh tubuh, termasuk di pinggang samping. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat melakukan olahraga kardio secara teratur, setidaknya 150 menit setiap minggu.

Rekomendasi Perawatan Operasi Menghilangkan Lemak di Pinggang Samping dari Plasthetic

Bagi beberapa individu, menghilangkan lemak di pinggang samping melalui cara yang alami mungkin membutuhkan waktu yang lama dan hasilnya tidak secepat yang diharapkan. Dalam kasus seperti ini, Plasthetic Clinic menawarkan prosedur Liposuction sebagai solusi menghilangkan lemak di pinggang samping dengan cepat dan efektif. 

Liposuction sendiri merupakan prosedur yang bertujuan untuk menghilangkan timbunan lemak berlebih di area tertentu pada tubuh. Prosedur ini umumnya dilakukan di berbagai bagian tubuh seperti paha, perut, betis, pinggul, belakang punggung, dan area tubuh lainnya yang memiliki lemak berlebih.

Prosedur ini melibatkan penggunaan kanula yang terhubung dengan alat penghisap. Dengan bantuan alat tersebut, lemak yang tidak dapat hilang melalui diet atau olahraga dapat dikeluarkan dari tubuh. Meskipun Liposuction dianggap sebagai prosedur yang aman, namun Anda tetap memerlukan konsultasi dengan dokter yang terkait sebelum menjalani tindakan ini.

Konsultasi dengan dokter bertujuan untuk menilai apakah Anda cocok untuk melakukan tindakan ini. Selain itu, proses konsultasi juga membantu Anda dalam memahami risiko dan efek samping yang mungkin terjadi.

Jika Anda berencana untuk melakukan prosedur Liposuction di Plasthetic Clinic, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan menghubungi tim kami di sini atau mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai cara menghilangkan lemak di pinggang samping di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Elrica Sapphira, Sp.B.P.R.E., Subsp.E.L.,(K)

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

apa-bedanya-anti-aging-dan-anti-wrinkle

Apa Bedanya Anti Aging dan Anti Wrinkle? Simak Di Sini!

Read More
perawatan-pasca-operasi

5 Perawatan Pasca Operasi supaya Masa Pemulihan Lebih Cepat

Read More
rhytidectomy-adalah

Rhytidectomy: Pengertian, Manfaat, Prosedur, dan Risikonya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!