5 Cara Menghilangkan Selulit di Perut Secara Alami dan Ampuh

cara menghilangkan selulit di perut

5 Cara Menghilangkan Selulit di Perut Secara Alami dan Ampuh

Di Tinjau oleh Dokter

Sebagian individu tentu mendambakan perut yang rata dan bebas dari selulit. Namun, realitasnya seringkali berbeda. Meskipun tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan, namun kemunculan selulit di perut ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri individu. Memahami apa itu selulit dan bagaimana cara menghilangkan selulit di perut dapat menjadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi permasalahan satu ini. Dalam artikel ini, Plasthetic Clinic akan membantu Anda untuk memahami lebih jauh mengenai apa itu selulit, penyebab, hingga bagaimana cara mengatasinya. 

Apa Itu Selulit?

Selulit adalah pola guratan yang menyerupai jeruk yang biasanya terlihat di permukaan kulit yang menjadi bergelombang dan tidak rata.  Kondisi ini biasanya menyerang area kulit yang mengalami penumpukan lemak berlebih, seperti perut, pinggul, pantat, dan paha. Selulit yang ringan mungkin hanya terlihat saat kulit dicubit atau diremas, tetapi jika sudah parah, selulit akan terlihat jelas pada permukaan kulit tanpa perlu ditekan. 

Seringkali, orang keliru menganggap selulit dan stretch mark sama, padahal keduanya sangat berbeda. Stretch mark adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya garis-garis putih kemerahan atau kerutan pada kulit yang berbeda warna dengan kulit di sekitarnya.

Baca Juga: Ini 4 Perbedaan Selulit dan Stretch Mark Agar Tidak Keliru

Apa Saja Penyebab Selulit di Perut?

Penyebab utama munculnya selulit di perut adalah penumpukan lemak di antara jaringan ikat yang menghubungkan kulit dengan lapisan otot di bawahnya. Nantinya, lemak yang terakumulasi tersebut akan mendorong kulit ke atas, sedangkan jaringan ikat akan terus menahannya. Hal inilah yang mengakibatkan permukaan kulit terlihat bergelombang dan tidak rata.

Di samping penyebab utama tersebut, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami selulit di bagian perut, berikut di antaranya.

1. Genetika

Faktor genetika memiliki peranan yang besar dalam pembentukan selulit di perut. Jika orang tua atau keluarga dekat Anda memiliki selulit di perut, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya. Sebab, struktur kulit, distribusi lemak, dan metabolisme tubuh yang diwariskan secara genetik dapat memengaruhi seberapa mudah Anda mengembangkan selulit di perut. 

2. Hormon

Hormon juga menjadi salah satu penyebab utama dalam pembentukan selulit di perut. Perubahan hormonal yang terjadi pada wanita, seperti selama pubertas, kehamilan, menopause, atau akibat penggunaan pil kontrasepsi, dapat memengaruhi elastisitas kulit dan distribusi lemak di tubuh. Beberapa jenis hormon yang umumnya berperan dalam pembentukan selulit di perut adalah hormon insulin, prolaktin, tiroid, noradrenalin, dan estrogen

Meskipun dapat dialami oleh siapa saja, wanita memiliki risiko lebih tinggi mengalami selulit dibandingkan pria. Risiko wanita mengalami selulit ini umumnya cenderung meningkat saat hormon estrogen sedang tinggi, seperti saat kehamilan, menyusui, dan penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya karena berkurangnya produksi kolagen dan elastin. Hal ini membuat kulit menjadi lebih tipis dan kurang tahan terhadap tekanan dari sel lemak di bawahnya, sehingga menyebabkan selulit lebih terlihat. Selain itu, sirkulasi darah yang menurun seiring usia juga dapat memperburuk penampilan selulit. 

4. Gaya Hidup

Gaya hidup seseorang juga berperan besar dalam pembentukan selulit, terutama di area perut. Beberapa aspek gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko munculnya selulit meliputi kurangnya aktivitas fisik, merokok, pola makan yang tidak sehat, hingga stres.

Baca Juga: Cari Tahu 6 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Perawatan Medis

Bagaimana Cara Menghilangkan Selulit di Perut Secara Alami?

Lalu bagaimana cara menghilangkan selulit di perut? Untuk menghilangkan atau mengurangi tampilan selulit di perut secara alami, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi selulit adalah dengan menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa lemak berlebih merupakan salah satu penyebab utama selulit. Dengan demikian, penurunan berat badan dapat membantu mengurangi jumlah lemak di bawah kulit dan mengurangi tampilan selulit.

2. Berolahraga Secara Rutin

Menurunkan berat badan dalam mengatasi selulit di perut akan menjadi lebih efektif jika disertai dengan rutin berolahraga. Sebab, olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar lemak, serta menguatkan otot dan merapatkan kulit, sehingga dapat mengurangi tampilan selulit.

Beberapa jenis latihan yang direkomendasikan untuk mengurangi selulit di perut meliputi latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan yang dilakukan secara bergantian setiap harinya minimal selama 30 menit.

3. Menggunakan Krim dan Lotion

Beberapa krim dan lotion yang diformulasikan untuk mengurangi penampilan selulit mengandung bahan-bahan seperti kafein, retinol, dan vitamin E, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tampilan selulit. Meskipun krim dan lotion ini tidak mampu menghilangkan selulit sepenuhnya, namun penggunaannya dapat memperbaiki penampilan kulit di daerah perut. Meskipun demikian, penggunaan krim tersebut tidak disarankan bagi ibu hamil, menyusui, atau yang berencana hamil karena mengandung bahan-bahan aktif tertentu.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Lemak di Paha Secara Alami dan Perawatan

4. Memijat Kulit

Melakukan pijatan pada kulit dengan gerakan melingkar dapat meningkatkan aliran darah dan limfatik, yang membantu mengurangi selulit. Selain itu, pijatan juga membantu mengeluarkan racun, memperbaiki penampilan kulit, dan meningkatkan aliran darah. Pemijatan secara teratur pada selulit di perut dapat membantu mengurangi selulit secara alami, tetapi harus dilakukan dengan konsisten.

5. Minum Air yang Cukup

Pemenuhan kebutuhan hidrasi sangat penting untuk kesehatan kulit. Minum air yang cukup setiap hari dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan elastis, serta membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang dapat memperburuk penampilan selulit. Untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, disarankan setidaknya untuk minum air putih setidaknya 8 gelas air per hari.

Banner Plasthetic Surgeon

Rekomendasi Prosedur Menghilangkan Selulit di Perut dari Plasthetic Clinic

Selain melakukan cara menghilangkan selulit di perut secara alami, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjalani prosedur perawatan yang bertujuan menghilangkan selulit di perut, seperti Body Tite di Plasthetic Clinic.

Body Tite sendiri merupakan salah satu perawatan yang tidak hanya membantu Anda dalam mengurangi lemak yang berlebih tetapi juga membantu meningkatkan kekencangan kulit, termasuk di area perut. 

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani prosedur ini, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait untuk mengetahui risiko dan efek samping yang mungkin timbul. Sebab, setiap prosedur bedah memiliki risiko dan efek samping yang berbeda, maka dari itu konsultasi dengan dokter adalah hal yang sangat penting.

Untuk melakukan konsultasi dengan mudah, Anda dapat menghubungi tim kami di sini atau mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai cara menghilangkan selulit di perut di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Putri Rezkini, Sp.BP-RE 

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara menghilangkan perut buncit bagian bawah

4 Cara Menghilangkan Perut Buncit Bagian Bawah dengan Mudah

Read More
ascorbic-acid-adalah

Mengenal Ascorbic Acid dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Read More

Mengapa Perawatan Non-Invasive Menjadi Pilihan Banyak Orang? Penasaran? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!