Gigi Tiruan Cekat: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

gigi tiruan cekat adalah

Gigi Tiruan Cekat: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Di Tinjau oleh Dokter

Gigi tiruan cekat adalah salah satu solusi permanen yang dapat dilakukan dalam menggantikan gigi yang hilang atau rusak. Dinamakan “cekat”, karena gigi tiruan ini dipasang secara permanen pada gigi penyangga di sekitarnya, sehingga pasien tidak perlu melepas pasang seperti gigi tiruan lepasan. Sebelum Anda memutuskan melakukan perawatan satu ini, Anda perlu mengetahui beberapa informasi penting terlebih dahulu, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan, hingga kekurangannya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung menyimak artikel Plasthetic Clinic berikut ini hingga tuntas!

Apa Itu Gigi Tiruan Cekat?

Gigi tiruan cekat adalah sebuah protesa atau gigi tiruan yang diletakan atau disemenkan pada gigi penyangga (gigi depan dan belakang dari daerah yang ompong). Penggunaan protesa ini cukup terbatas dan tidak cocok untuk kasus kehilangan gigi yang banyak. 

Protesa cekat sendiri tidak memerlukan proses melepas-pasang yang rumit karena sudah ditempelkan pada gigi-gigi penyangga. Sebelum di pasang, gigi-gigi penyangga akan diasah terlebih dahulu untuk memberikan ruang bagi pemasangan protesa tersebut. Proses pemasangan gigi tiruan cekat pun membutuhkan ketepatan dan keahlian khusus untuk memastikan bahwa fiturnya sesuai dan nyaman untuk pasien.

Apa Saja Fungsi Gigi Tiruan Cekat?

Penggantian gigi yang hilang dengan gigi tiruan cekat memiliki beberapa fungsi penting, tidak hanya dari segi estetika saja melainkan juga untuk kesehatan mulut secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa fungsi gigi tiruan cekat yang dapat Anda ketahui.

1. Memulihkan Fungsi Mengunyah

Kehilangan gigi dapat mengganggu proses pengunyahan, menyebabkan Anda kesulitan mencerna makanan dengan baik. Dengan menggantikan gigi yang hilang dengan gigi tiruan cekat, Anda dapat mengunyah makanan dengan lebih mudah dan optimal. 

2. Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Gigi memiliki peran penting dalam artikulasi dan produksi suara. Kehilangan gigi dapat mengganggu kemampuan berbicara, menyebabkan kesulitan dalam mengucapkan kata-kata tertentu, dan mengurangi kejelasan bicara. Dengan memasang gigi tiruan cekat, pasien dapat meningkatkan kemampuan berbicara mereka.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Membuat Gigi Tiruan Lengkap oleh Dokter

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Gigi yang hilang dapat menyebabkan gigi-gigi yang berdekatan menjadi bergeser dan goyah, juga meningkatkan risiko kerusakan pada gusi. Gigi tiruan cekat dapat membantu menjaga posisi gigi dan mencegah pergeseran, sehingga mendukung kesehatan gigi dan gusi secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Estetika Senyum

Kehilangan gigi dapat membuat senyum Anda terlihat kurang menarik. Dengan menggunakan gigi tiruan cekat untuk menggantikan gigi yang hilang, Anda dapat kembali memiliki senyum yang cantik dan meningkatkan rasa percaya diri.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Fungsi-fungsi tersebut, seperti pengunyahan, berbicara, kesehatan gigi, dan estetika, secara keseluruhan dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Anda dapat menikmati makanan favorit, berbicara dengan jelas, dan tersenyum dengan penuh percaya diri.

Apa Saja Kelebihan Gigi Tiruan Cekat?

Ada beberapa kelebihan yang membuat gigi tiruan cekat menjadi pilihan yang populer, berikut di antaranya. 

1. Durabilitas

Salah satu kelebihan utama dari gigi tiruan cekat adalah durabilitasnya. Terbuat dari bahan yang kuat seperti komposit, fiber, atau gabungan keduanya yang dikenal sebagai FRC, gigi tiruan cekat didesain untuk memiliki daya tahan yang lama. Dengan perawatan yang benar, gigi tiruan cekat ini bisa bertahan bertahun-tahun, bahkan beberapa dekade, tanpa perlu diganti. Hal ini tentu membuat gigi tiruan cekat menjadi investasi yang berharga bagi pasien yang mencari solusi jangka panjang untuk menggantikan gigi yang hilang.

2. Kenyamanan

Berbeda dengan gigi tiruan lepasan yang mungkin membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan karena gesekan atau pergerakan saat makan dan berbicara, gigi tiruan cekat menawarkan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi. Gigi tiruan cekat ini akan dipasang dan disesuaikan secara khusus untuk sesuai dengan mulut pasien, sehingga mengurangi risiko iritasi dan meningkatkan kemudahan penggunaan sehari-hari.

Baca Juga: 4 Macam-Macam Gigi Tiruan yang Ada

3. Penampilan Alami

Gigi tiruan cekat didesain agar mirip dengan gigi alami, tidak hanya dari segi bentuk tetapi juga warna dan tekstur. Ini memungkinkan gigi tiruan tersebut untuk menyatu secara harmonis dengan gigi asli yang masih ada, sehingga memberikan tampilan yang lebih alami dan estetis.

4. Perawatan Lanjutan Sederhana

Perawatan gigi tiruan cekat cukup sederhana dan mirip dengan perawatan gigi alami. Pasien hanya perlu menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan rutin berkunjung ke dokter gigi. Kesederhanaan ini membuat gigi tiruan cekat menjadi pilihan yang nyaman bagi banyak orang.

Banner Plasthetic Dentist

Apa Saja Kekurangan Gigi Tiruan Cekat?

Selain memiliki beberapa kelebihan, gigi tiruan cekat juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan, berikut di antaranya.

1. Biaya Tinggi

Salah satu kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan dari gigi tiruan cekat adalah biayanya yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis protesa gigi lainnya. Hal ini disebabkan oleh kompleksitas proses pembuatan dan pemasangan gigi tiruan cekat serta penggunaan bahan-bahan yang dapat membuat opsi ini menjadi tidak terjangkau bagi sebagian pasien.

2. Proses Pemasangan yang Invasif

Gigi tiruan cekat memerlukan persiapan yang lebih invasif, termasuk pengasahan gigi yang sehat. Ini merupakan prosedur permanen yang tidak dapat dibalik dan bisa menimbulkan risiko, seperti kerusakan pada gigi penyangga, hilangnya enamel gigi, hingga peningkatan sensitivitas gigi.

Baca Juga: 3 Solusi Gigi Ompong di Usia Muda dengan Tepat

3. Risiko Kerusakan pada Gigi Penyangga

Karena gigi tiruan cekat membutuhkan pengasahan dan modifikasi pada gigi penyangga, risiko kerusakan pada gigi tersebut dapat muncul. Ini bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah pada gigi di masa depan, seperti kerusakan gigi, terjadinya karies, bahkan dapat mengakibatkan kehilangan gigi.

4. Masa Adaptasi

Beberapa individu mungkin memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan sensasi memiliki gigi tiruan cekat di mulut mereka. Ini termasuk kenyamanan saat mengunyah atau sensasi ketika gigi tiruan bersentuhan dengan lidah atau pipi.

Gigi tiruan cekat menawarkan solusi yang efektif dan estetis dalam menggantikan gigi yang hilang atau rusak. Meskipun memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan, Anda tetap perlu mempertimbangkan beberapa kekurangannya. Untuk hasil terbaik, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi yang berpengalaman.

Jika Anda berminat untuk memasang gigi tiruan cekat untuk menyelesaikan masalah gigi Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukannya di Plasthetic Clinic cabang Aceh yang telah dilengkapi dengan dokter profesional untuk memberikan hasil yang memuaskan.

Jangan ragu untuk menghubungi tim kami di sini dan jadwalkan konsultasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana gigi tiruan cekat dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara menyeluruh. Semoga informasi mengenai gigi tiruan cekat adalah ini bermanfaat bagi Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: drg. Putri Rahmina

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

manfaat-hifu-miss-v

Mengenal Manfaat HIFU Miss V dan Prosedurnya

Read More
cara meremajakan kulit wajah

5 Cara Meremajakan Kulit Wajah untuk Anda yang Menginjak Usia 40-an

Read More
biaya-pasang-kawat-gigi

Berapa Biaya Pasang Kawat Gigi? Ini Rinciannya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!