Implan Hidung: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Rekomendasinya

Implan Hidung: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Rekomendasinya

Di Tinjau oleh Dokter

Bentuk hidung yang mancung dapat membuat penampilan wajah pastinya akan terlihat lebih menarik. Nah, ada berbagai macam cara untuk memancungkan hidung yang dapat Anda lakukan. Dari mulai melakukan cara yang alami hingga melakukan operasi bedah plastik. Salah satunya adalah penanaman implan pada hidung dilakukan untuk memperbaiki bentuk hidung. Namun, seperti apa sih implan hidung itu? Dan bagaimana melakukan prosedur implan hidung? Baca selengkapnya!

Apa Itu Implan Hidung?

Operasi hidung, atau implan hidung, adalah prosedur untuk memperbaiki atau mengubah bentuk hidung. Rhinoplasty dapat dilakukan untuk mengobati kelainan tertentu pada hidung atau untuk memperbaiki penampilan hidung.

Operasi hidung dilakukan dengan memodifikasi tulang, tulang rawan, dan kulit di dalam hidung. Tujuannya adalah untuk membentuk kembali hidung agar lebih menarik, memperbaiki tulang hidung yang rusak atau patah, dan untuk mengobati gangguan pernapasan akibat kelainan bentuk pada hidung.

Bagaimana Cara Kerja Proses Pemasangan Implan Hidung

Operasi biasanya dilakukan dengan anestesi umum dan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Dokter memperbaiki ujung hidung dengan menghilangkan beberapa tulang rawan. Jika Anda memiliki benjolan (punggung) di hidung Anda, dokter Anda mungkin menghilangkannya atau mengikisnya. Biasanya, pangkal tulang di sisi hidung dipatahkan terlebih dahulu untuk membuat hidung lebih kecil. Seorang dokter dapat merekonstruksi hidung Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pipi Tirus Permanen di Klinik Kecantikan Kecantikan?

Apa Saja Manfaat Implan Hidung?

Berikut ini merupakan keuntungan dari implan hidung yang mungkin akan Anda dapatkan adalah:

  1. Membuat hidung Anda terlihat mancung
  2. Dapat mengubah bentuk dan ukuran hidung agar lebih ideal dan seimbang
  3. Memperbaiki hidung yang asimetris
  4. Koreksi kelainan bentuk hidung karena cacat lahir
  5. Mengatasi Gangguan Pernapasan Karena Bentuk dan Ukuran Hidung
Banner Plastic Surgeon

Apa Saja Jenis-Jenis Implan Hidung?

Implan hidung memiliki beberapa jenis yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang. Berikut ini adalah jenis-jenis implan hidung yang perlu Anda tahu!

1. Implan Silikon

Implan silikon adalah jenis implan yang paling umum. Lebih dari 50% prosedur Rhinoplasty  menggunakan implan silikon untuk mengangkat hidung pasien. Penggunaan implan silikon sebenarnya telah dipraktikkan untuk prosedur ini sejak lama. Karena tekstur implan silikon keras dan kaku, banyak pasien mengeluh bahwa hidung mereka terlihat tidak alami setelah operasi dapat meningkatkan risiko alergi dan penolakan dari hidung hingga tubuh.

Implan jenis ini mudah dioperasikan dan mudah dilepas jika pasien mengalami penolakan tubuh atau alergi. Dalam implant silicon ini terdapat 2 jenis implant yaitu, Implant jenis L dan I. Untuk implant jenis L ini sudah tidak dijalankan lagi di Plasthetic Clinic dikarenakan implant jenis L ini banyak memiliki resiko dengan lebih berbahaya dibandingkan dengan implan jenis I. Bahaya dari Implan jenis L ini antara lain seperti, resiko jebol yang memungkinkan dan juga risiko kesulitan bernafas, hidung terasa tebal dan tidak asimetris.

2. Implan Tulang Rawan Iga

Jenis implan tulang rawan iga ini semakin banyak digunakan akhir-akhir ini. Dianggap lebih alami dan aman untuk menggunakan tulang rawan iga untuk mengangkat tulang hidung. Hasilnya sangat positif dan banyak pasien senang dengan tampilan hidung baru mereka. Namun, operasi dengan jenis tulang rawan iga ini sangat mahal dibandingkan dengan jenis implan lainnya. Pasien perlu menggunakan anestesi sedasi untuk melakukan prosedur ini.

Baca Juga: PRP Facial: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Melakukannya

3. Implan + Tulang Rawan Telinga

Implan tulang rawan telinga lebih disukai oleh banyak pasien karena mudah dibentuk. Ini karena implan jenis ini dapat dengan mudah menyesuaikan ketinggian tulang hidung. Selain itu, implan tulang rawan telinga dapat dikombinasikan dengan beberapa jenis implan lainnya. Penggunaan implan ini biasanya dikombinasikan dengan implan tulang rawan iga atau implan silikon untuk dapat menopang implan pada batang hidung serta menghilangkan ujung hidung untuk meninggikannya. Biaya operasi dengan implan jenis ini tidak terlalu mahal. Pasalnya, implan kartilago telinga jenis ini tidak memerlukan prosedur yang rumit seperti implan tulang iga.

4. Menggunakan 2 Tulang Rawan Telinga

Jenis ini memakai 2 tulang rawan telinga kanan dan kiri, untuk jenis  ini pun lebih sering digunakan dikarenakan jenis ini tidak harus dibuat insisi seperti tulang rawan iga, akan tetapi hasil dari jenis ini  relatif sama seperti memakai tulang rawan iga. Selain itu,  jenis ini lebih terjangkau secara biaya, bentuknya akan terlihat lebih natural, tentu nya  jenis ini pun akan lebih aman dikarenakan tidak menggunakan benda asing (implant), serta pengerjaannya jenis inipun bisa menggunakan anestesi semi sedasi.

Rekomendasi Treatment untuk Implan Hidung di Plasthetic

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi Plasthetic Clinic untuk Anda yang ingin memancungkan hidung dengan prosedur implan hidung, yuk simak sampai akhir.

1. Implant Tulang Rawan

Jenis implan hidung yang pertama adalah implan yang terbuat dari tulang rawan, seringkali di mix dengan tulang rawan telinga. Jenis implan ini adalah salah satu implan yang paling umum digunakan. Pasalnya, penggunaan implan tulang rawan meminimalkan efek alergi dan penolakan tubuh. Penggunaan tulang rawan juga populer karena dapat memberikan hasil operasi yang lebih alami.

2. Rhinoplasty with 2 ear cartilage (Rhinoplasty dengan 2 tulang rawan telinga)

Penggunaan tulang rawan telinga dalam operasi hidung telah ada sejak lama. Hal ini karena tulang rawan telinga dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan tinggi tulang hidung. Selain itu, implan ini juga dapat dikombinasikan dengan jenis implan lainnya. Keunggulan lain dari implan jenis ini adalah harganya yang tidak terlalu mahal. Juga, prosedurnya tidak serumit dengan implan tulang iga. Tulang rawan telinga jauh lebih mudah dihilangkan daripada tulang iga.

Baca Juga: Jangan Khawatir! Ini Dia Cara Jitu Atasi Stertch Mark Pada Tubuh!

3. Rhinoplasty with Rib Cartilage (Rhinoplasty dengan Tulang Rawan Iga)

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan untuk implan hidung menggunakan tulang rawan tulang iga meningkat. Karena penggunaan tulang rawan iga dianggap lebih alami dan baik untuk membesarkan tulang hidung. Namun, seiring dengan hasil yang baik, penggunaan implan hidung jenis ini sangat mahal. Selain itu, prosedurnya sangat rumit karena memerlukan pembedahan untuk mengangkat tulang iga.Selain komplikasi yang bersifat medis yang kemungkinan anda dapatkan, ada juga efek psikologis dari operasi hidung.

Hal ini mungkin dikarenakan perlakuan yang berbeda yang diterima dari orang lain atau bentuk hidung yang tidak sesuai dengan wajah Anda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjalani implan hidung ini, diskusikan ekspektasi Anda terlebih dahulu dengan dokter bedah plastik. Hal ini diperlukan agar hasil akhir sesuai dengan aslinya tujuan meningkatkan penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Tentunya, Anda dapat mendapatkan hal ini di klinik kecantikan Plasthetic Clinic ya, Teman Plasthetic! Yuk kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kotamu Sekarang!

Di Review Oleh

dr. Tasya Anggrahita

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

7 Cara Menghilangkan Hitam di Bawah Mata!

Read More

4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami

Read More

7 Cara Mengatasi Muka Breakout dengan Mudah dan Aman

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!