5 Manfaat Aloe Vera Untuk Kulit Wajah

manfaat-aloe-vera-untuk-kulit-wajah

5 Manfaat Aloe Vera Untuk Kulit Wajah

Di Tinjau oleh Dokter

Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak produk skin care dengan bahan-bahan terbaik untuk dapat merawat kulit kering Anda, termasuk masker gel lidah buaya yang lagi hits banget. aloe vera atau Lidah Buaya sering digunakan untuk dapat merawat kulit wajah Anda, termasuk yang memiliki kulit sensitif. Kandungan pelembab kulit yang mengandung aloe vera ini akan menjadikannya bahan alami terbaik untuk hidrasi dan peremajaan kulit. Tak heran jika belakangan ini banyak beauty enthusiast yang menggunakan aloe vera gel tersebut sebagai pelembab wajah, sleeping mask, face massage, bahkan sebagai primer wajah sebelum makeup. Simak selengkapnya!

Apa Itu Aloe Vera?

Aloe vera adalah tanaman yang dapat tumbuh di iklim tropis. Aloe barbadensis sendiri adalah nama latin yang artinya ialah lidah buaya. Lidah buaya ini memiliki dua lapisan, lateks yaitu lapisan berwarna kuning di bawah kulit, dan gel yang berada di dalam.

Sebagai obat, lidah buaya bisa diminum. Lidah buaya dapat bertindak sebagai pencahar, dalam pengobatan kejang, asma, pilek, kolitis, depresi, diabetes, glaukoma, multiple sclerosis, wasir, varises dan radang sendi. Aloe vera juga bisa dioleskan langsung ke kulit untuk menenangkan masalah kulit seperti jerawat, kulit gatal, luka bakar, sunburn dan kulit kering.  

Baca Juga : Cari Tahu 4 Tips Agar Kulit Putih dengan Cepat

Apa Saja Manfaat Aloe Vera untuk Kulit Wajah?

Karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya, lidah buaya tersebut memiliki berbagai manfaat untuk kulit wajah, lho. Berikut ini ialah berbagai manfaat lidah buaya untuk kulit wajah Anda, yaitu:

1. Melembabkan Kulit

Apapun jenis kulit Anda, kelembaban tetap diperlukan untuk dapat melindungi serta menjaga kesehatan pada kulit. Lidah buaya ini mengandung polisakarida serta sterol yang akan membantu Anda untuk dapat mempertahankan kelembaban pada kulit.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat lidah buaya lainnya untuk wajah ialah agar dapat mempercepat penyembuhan pada luka pada kulit. Kandungan kalsium serta antioksidan pada lidah buaya akan dapat mempercepat pembelahan sel keratinosit (sel yang memproduksi keratin pada kulit) dan juga dapat memperkuat jaringan pada sel kulit.

3. Kulit Menjadi  Halus

Menghaluskan kulit juga merupakan salah satu manfaat dari lidah buaya untuk wajah. Pembelahan sel keratinosit tidak hanya akan mempercepat penyembuhan pada luka, tetapi juga akan dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru yang tentunya lebih sehat dan kuat.

4. Tahan Terhadap Serangan Radikal Bebas

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya seperti vitamin A, C dan E ialah antioksidan yang dapat melawan serangan dari radikal bebas yang diakibatkan oleh asap serta polusi udara pada wajah.

5. Meredakan Radang dan Gatal-Gatal

Daun lidah buaya  ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Kedua khasiat ini tersebut diketahui dapat meredakan bermacam-macam kondisi kulit seperti jerawat, ruam kulit (eksim), iritasi setelah terkena terpapar sinar UV, dan psoriasis.  

Baca Juga : Mengenal Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Banner-Plastic-Aesthetic

Bagaimana Cara Menggunakan Aloe Vera untuk Kulit Wajah?

Cara menggunakan gel lidah buaya dengan benar.

1. Pastikan Wajah Dalam Keadaan Bersih

Sebelum mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Anda bisa melakukan pembersihan sebelum menggunakan facial toner atau face toner atau micellar water. Wajah yang bersih memudahkan gel lidah buaya terserap ke wajah, sehingga tidak terbuang percuma.

2. Oleskan Secukupnya

Saat wajah sudah bersih, oleskan gel lidah buaya secukupnya ke wajah. Biasanya menggunakan 4 titik yaitu dahi, dagu dan kedua pipi.

3. Oleskan Secara Tipis dan Merata

Kemudian, Anda hanya perlu mengoleskan lidah buaya tipis-tipis ke seluruh permukaan wajah Anda dan pastikan lidah buaya menyebar merata di seluruh bagian wajah Anda. Untuk kepatuhan yang lebih lengkap, Anda dapat menepuk wajah Anda dengan lembut.

4. Tunggu Hingga Kering

Setelah dipoles hingga sempurna, tunggu 5-10 menit hingga kering. Namun biasanya lidah buaya mengering dalam waktu kurang dari 10 menit dan terserap ke dalam wajah berkat teksturnya yang terasa ringan serta lembut hal itu membuat aloe vera ini lebih mudah terserap ke dalam pori-pori kulit wajah.

5. Bilas Hingga Bersih

Jika Anda menggunakan gel lidah buaya alami yang Anda buat sendiri, bersihkan dengan mencuci muka dengan air. Karena gel lidah buaya alami terkadang meninggalkan residu di wajah, Anda perlu membilasnya untuk membersihkannya. Selain itu, gel lidah buaya alami akan menimbulkan rasa gatal jika dibiarkan terlalu lama atau tidak dibilas sama sekali. Namun, jika Anda menggunakan produk perawatan kulit atau pelembab yang mengandung lidah buaya sebagai bahan utamanya, Anda tidak perlu mencucinya. 

Baca Juga : Mengenal Manfaat Azelaic Acid Untuk Wajah dan Efek Sampingnya

Apa Saja Efek Samping Aloe Vera untuk Kulit Wajah?

Jika Anda menggunakan produk kosmetik yang didalam mengandung  bahan lidah buaya, efek sampingnya mungkin disebabkan oleh lidah buaya itu sendiri lho atau bahan tambahan lain yang digunakan dalam produk kosmetik. Secara umum, alergi kulit adalah efek samping utama lidah buaya. Berikut ini adalah berbagai reaksi alergi dari lidah buaya yaitu:

  1. Mata merah
  2. Ruam pada kulit
  3. Kulit akan terasa panas
  4. Kulit menjadi gatal

Selain rutin mengaplikasikan aloe vera, Anda juga harus melakukan perawatan agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk kulit wajah Anda, ya teman Plasthetic. Berikut ini kami merekomendasikan beberapa perawatan di Plasthetic Clinic yang cocok untuk memaksimalkan hasil perawatan Anda.

1. Morpheus8

Morpheus8 merupakan perawatan kecantikan wajah yang satu-satunya alat yang memadukan teknologi microneedle dengan teknologi frekuensi radio. Alat ini memiliki pilihan 12 sampai 24 jenis jarum yang cocok untuk dapat memperbaiki permasalahan kulit pada wajah atau tubuh. 

2. Shine Bright

Perawatan ini berfungsi untuk dapat mengatasi kulit yang kusam. Selain itu, perawatan ini juga dapat mencerahkan kulit dan dapat meratakan warna kulit yang tidak merata pada wajah.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang akan cocok dengan produk yang mengandung bahan lidah buaya. Jika ruam merah, gatal, atau nyeri muncul di kulit Anda setelah mengoleskan produk apa pun yang mengandung bahan lidah buaya. Untuk itu Anda harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan saran penggunaan dari bahan lidah buaya yang aman!

Di Review Oleh:

dr. Aema Y. Amir

https://www.plasthetic.com/team-member/dr-aema-y-amir/
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

perbedaan bekas jerawat pie dan pih

4 Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH dan Cara Mencegahnya

Read More
abdominoplasty-adalah

Abdominoplasty Adalah: Fungsi, Prosedur, dan Risikonya

Read More
bahaya-suntik-2048x1365

Kenali Bahaya Suntik Payudara pada Tubuh!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!