Search

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya! (Hair)


Penyebab rambut rontok bisa sangat beragam, masalah ini kerap kali dialami oleh banyak orang. Bukan hanya rambut di kepala saja akan tetapi memungkinkan untuk terjadi pada bagian tubuh lainnya. Rambut rontok bisa menyebabkan rambut menjadi tipis hingga kebotakan pada rambut. Hal ini membuat kamu, baik laki-laki maupun perempuan, menjadi tidak percaya diri dan menurunkan keindahan pada mahkotamu.


Nah, artikel ini akan membahas mengenai masalah rambut rontok sekaligus cara mengatasinya. Kamu termasuk orang yang memiliki rambut rontok? Yuk simak artikel ini sampai habis!


Mengapa Rambut bisa Rontok?


Rambut rontok bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti, faktor keturunan, perubahan pada hormone, kondisi medis, atau mungkin pengobatan yang sedang dijalani atau dialami oleh pengidapnya. Kerontokan ini terjadi akibat siklus pertumbuhan pada rambut terganggu, sehingga rambut menjadi tidak kuat dan rontok.


Rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba bisa terjadi karena penyakit atau obat-obatan tertentu (misalnya kemoterapi), bisa juga terjadi akibat pola makan yang tidak sehat, atau terjadi pada wanita pasca melahirkan. Faktor lainnya yang memungkinkan terjadi rambut rontok adalah faktor usia, stress, penurunan berat badan yang drastis, atau menggunakan produk-produk perawatan rambut yang tidak cocok. Sedangkan, faktor lainnya yang mungkin terjadi bisa disebabkan karena faktor keturunan.


Ini dia 5 penyebab rambut rontok!


Kerontokan pada rambut memiliki banyak sebab, ada beberapa hal yang mempengaruhi rambut menjadi rontok dan tidak sehat. Yuk kita kenali, apa saja sih 5 penyebab rambut rontok?


1. Kulit Kepala yang Tidak Sehat


Penyebab rambut rontok salah satunya adalah karena kulit kepala yang tidak sehat. Hal ini bisa terjadi karena peradangan, sehingga menyulitkan rambut untuk tumbuh dengan baik. Kondisi kulit yang dapat memicu penyebab rambut rontok antara lain seperti dermatitis, seboroik, psoriasis, dan infeksi jamur pada kulit kepala atau ketombe.


2. Faktor Keturunan


Penyebab rambut rontok yang selanjutnya adalah faktor genetika atau keturunan. Ini faktor yang paling umum. Secara umum, setiap kali rambut mengalami kerontokan, akan digantikan dengan rambut baru yang berukuran sama. Namun, beberapa kasus, rambut baru akan memiliki tekstur yang semakin halus dan tipis karena folikel rambut mengecil dan lama – kelamaan akan berhenti tumbuh.


3. Timbulnya Penyakit Lain


Rambut rontok bisa juga terjadi sebagai sinyal dari tubuh atas sesuatu yang diderita. Seperti misalnya penyakit-penyakit tertentu, misalnya, penyakit autoimun, gangguan kelenjar tiroid, anemia, kanker, atau penyakit lainnya. Terjadinya perubahan hormon juga memungkinkan rambut menjadi lebih mudah rontok.


4. Stress


Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah stress. Segala macam trauma fisik dari mulai stress berat, kecelakaan, setelah melahirkan, penurunan berat badan secara drastis, atau penyakit serius lainnya bisa saja menjadi penyebab rambut rontok dalam jumlah yang banyak, meskipun sifatnya sementara. Rasa stress akan memicu rontoknya rambut pada kepala dan menjadi salah satu penyebab rambut rontok.


5. Penyebab Lainnya


Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah seperti terlalu sering menggunakan produk-produk rambut yang beragam, sehingga rambut menjadi kering dan tidak sehat. Selanjutnya, hal yang mungkin menjadi penyebab dari rambut rontok adalah terlalu sering menggunakan pemanas rambut atau mengeriting rambut.


Apa saja Gejala Rambut Rontok?


Rambut rontok dapat bermanifestasi dengan cara-cara yang berbeda, hal ini tergantung pada penyebabnya. Kerontokan ini memungkinkan untuk terjadi secara mendadak maupun secara perlahan-lahan dan dapat terjadi pada kulit kepala hingga ke seluruh tubuh. Beberapa kejadian rambut rontok terjadi hanya sementara, tetapi pada beberapa kasus, kerontokan bisa saja terjadi secara permanen atau tetap.


Beberapa gejala rambut rontok ini bervariasi, tergantung dari penyebabnya, seperti contohnya, terjadi penipisan rambut di ujung kepala secara perlahan-lahan. Ini merupakan tipe kerontokan rambut yang paling umum terjadi, biasanya menimpa orang-orang yang usianya bertambah, baik laki-laki maupun perempuan. Kedua, kerontokan rambut yang berbentuk sirkuler atau lingkaran atau berupa plak-plak kebotakan, mungkin juga terjadi kerontokan yang terjadi secara tiba-tiba. Selanjutnya, terjadi kerontokan rambut di seluruh tubuh, biasanya akibat medikasi seperti kemoterapi pada pengobatan kanker, yang terakhir adalah plak bersisik yang menyebar pada kulit kepala yang menjadi tanda infeksi jamur dan biasanya disertai dengan rasa gatal yang hebat.


Bagaimana ara mencegah rambut rontok?



Kebanyakan penyebab kebotakan datang akibat dari genetika. Akan tetapi, ada juga kerontokan rambut yang bukan disebabkan oleh genetika. Sehingga hal tersebut dapat dicegah dengan beberapa cara, seperti menghindari pemakaian produk-produk rambut secara berlebihan, menghindari mengikat rambut secara berlebihan atau terlalu kencang, menghindari penataan rambut secara berlebihan menggunakan hairdryer atau curling iron, menjaga dan melindungi rambut dari sinar matahari dan sumber sinar UV yang lain, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol, serta menghindari konsumsi suplemen dan obat yang memiliki efek pada kerontokan rambut.


Perawatan untuk mencegah penyebab rambut rontok!


Ada banyak perawatan untuk mencegah rambut rontok, seperti cara alami dan juga cara lainnya. Cara alami yang bisa kamu lakukan meliputi mengaplikasikan lidah buaya, lidah buaya memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut karena di dalamnya terdapat vitamin A, vitamin D, serta zat besi dan protein yang mampu untuk mengatasi penyebab rambut rontok.


Selain lidah buaya, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi yang dapat mengurangi rambut rontok. Bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan adalah seperti Santan atau Yogurt. Cara lainnya bisa kamu lakukan dengan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat, seperti makan-makanan yang bergizi dan mengelola stress.


Melakukan Hair Grow Combo di Plasthetic Clinic!



Cara alami memang bisa dilakukan dengan mudah dan biayanya lebih terjangkau. Akan tetapi, perawatan alami butuh waktu yang panjang untuk melihat hasilnya serta dibutuhkan konsistensi tinggi agar bisa berjalan secara kontinu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan selain cara alami yang sudah dijelaskan tadi, seperti pergi ke salon rambut atau mengunjungi klinik kecantikan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada kulit kepalamu.


Plasthetic Clinic adalah salah satu klinik kecantikan yang menyediakan perawatan pada rambut salah satunya adalah perawatan terbaik kami, Hair Grow Combo. Hair Grow Combo merupakan salah satu tindakan yang menggabungkan antara hair growth factor alami dan sintesis untuk memberikan efektivitas yang lebih dalam hasilnya. Perawatan ini bisa kamu lakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli, hal ini untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.


Plasthetic Clinic merupakan klinik kecantikan yang berada di Jakarta Pusat. Klinik ini memiliki ratusan treatment aesthetic, wellness, dan bedah plastik yang aman dan terpercaya. Kami memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pasien yang datang kesini. Kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan langsung ditangani oleh dokter-dokter yang kompeten di bidangnya. Selain itu, peralatan yang dimiliki oleh Plasthetic Clinic juga merupakan peralatan terkini yang sesuai dengan standar medis. kami juga memberikan kenyamanan pada tempat perawatan yang bersih dan juga nyaman untuk kamu melakukan perawatan. Jangan khawatir, kami memberikan harga yang terjangkau dengan hasil yang memukau!


Tunggu apalagi? Kunjungi kami di Jalan Danau Tondano No. 12, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat atau hubungi kami di 021-2532099 atau Whatsapp kami di 08118191888 untuk melakukan temu janji. Enhance your Quality of Life with Us dan percayakan kami sebagai solusi masalah kulitmu, dari mulai pelayanan hingga mengatasi penyebab rambut rontok.

0 views

Hubungi Kami

Follow kami

Punya pertanyaan?

  • Instagram - White Circle

Chat dengan kami di bawah!

Untitled-5.jpg
Untitled-5.png

© 2019 Plasthetic Clinic. All rights reserved.