Search

5 Perawatan Wajah Terbaik di Jakarta!


Perawatan wajah terbaik di Jakarta dapat kita temui di banyak klinik kecantikan. Selain itu, perawatan wajah saat ini juga menjadi hal yang penting sekaligus dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Di era ini, masyarakat sudah mulai memperhatikan penampilannya, dengan begitu saat ini semakin mudah pula untuk melakukan perawatan wajah di Jakarta.


Perawatan wajah memiliki berbagai macam jenis. Ragam macam jenis ini diklasifikasikan sesuai dengan jenis kulit yang berbeda-beda. Orang dengan kulit kering, perawatannya akan berbeda dengan orang yang kulitnya berminyak. Orang dengan kulit kusam akan beda perawatannya dengan orang yang kulitnya berjerawat. Setiap skin type memiliki solusi perawatannya yang berbeda-beda. Artikel ini akan membahas perawatan wajah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk kulit wajahmu. Sebelum itu, yuk kita cari tahu, apa saja sih tipe kulit dan kulit kamu termasuk jenis kulit apa sih?


Tipe-tipe Kulit Wajah


Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda dan bisa berubah seiring pertambahan usia. Selain itu, jenis kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor genetik, penyakit tertentu, dan faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan.


Struktur dan jenis kulit ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain adalah :


  1. Kandungan air pada kulit yang akan mempengaruhi elastisitas kulit

  2. Kandungan minyak yang mempengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit

  3. Tingkat kepekaan kulit terhadap zat atau bahan tertentu


Berdasarkan tiga faktor tersebut, tipe-tipe kulit wajah dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yakni:



1. Kulit Wajah Normal

Jenis kulit ini cenderung memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan minyak dan air pada wajah, sehingga tidak terlalu kering namun juga tidak berminyak. Jenis kulit seperti ini biasanya jarang memiliki masalah kulit, tidak terlalu sensitif, terlihat bercahaya, dan pori-pori pun hampir tak terlihat. Jenis kulit normal ini akan lebih mudah dirawat.


2. Kulit Wajah Kering

Kulit wajah yang kering umumnya terjadi akibat rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar. Hal ini mengakibatkan kulit kering dan mudah mengalami keretakan pada permukaan kulit atau kulit menjadi mudah pecah-pecah. Pemilik kulit wajah kering biasanya memiliki pori-pori kulit yang hampir tak terlihat, permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam, serta kulit kurang elastis.


Jenis kulit kering lebih mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang. Kulit kering bisa disebabkan oleh faktor genetik, usia, perubahan hormon, cuaca dingin, paparan sinar matahari, mandi air panas terlalu lama, efek samping obat-obatan, atau bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, dan pembersih.


3. Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebihan. Sebum dihasilkan secara alami oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit. Pada dasarnya, sebum ini berfungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit, namun, apabila berlebih akan membuat kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan membuat kulit rentan mengalami jerawat.


Tingginya produksi sebum dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormone atau stress. Jenis kulit berminyak biasanya cenderung memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau namun kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, dan noda hitam.


4. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit sensitif umumnya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik. Kulit wajah sensitif mudah terkelupas, gatal, kering, kemerahan, dan terasa perih atau breakout. Ketika terjadi kontak dengan berbagai hal yang dapat memicu munculnya gejala kulit sensitif.


5. Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Seseorang dengan jenis kulit wajah ini memiliki kulit berminyak di zona T, yaitu area dagu, hidung, dan dahi, serta kulit kering di area pipi. Jenis kulit wajah ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan peningkatan hormone selama masa pubertas.


5 Perawatan Wajah Terbaik di Jakarta



Ada berbagai macam perawatan wajah yang bisa kamu temui di klinik kecantikan. Berikut adalah 5 perawatan wajah terbaik di Jakarta yang bisa kamu lakukan!


  • Shine Booster

Perawatan pertama yang bisa kamu lakukan di klinik kecantikan adalah Shine Booster. Perawatan ini bertujuan untuk menutrisi kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah, lembab, dan kenyal. Perawatan ini dapat dilakukan oleh semua jenis kulit akan tetapi dengan racikan yang berbeda. Maka sebelum kamu melakukan perawatan ini, hukumnya wajib untuk kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Shine Rejuve

Selanjutnya adalah shine rejuve. Seperti namanya, perawatan ini bertujuan untuk meremajakan kembali kulit pada wajah, sehingga dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan membuat wajah menjadi lebih bersih dan kenyal, perawatan ini berfungsi juga sebagai anti aging.