Search

Atasi Kulit Kusam dengan Dokter Kecantikan Terbaik di Semarang!


Dokter kecantikan terbaik di Semarang saat ini mulai semakin terlihat eksistensinya. Diantara mereka banyak pula yang memberikan solusi menarik terkait permasalahan pada kulit wajah. Hal tersebut berkaitan dengan masyarakat yang sudah mulai peduli dengan kesehatan serta keindahan tubuhnya. Sebagai seorang perempuan, penampilan menjadi hal yang sangat perlu dijaga. Maka dari itu, perlindungan utama, perawatan wajah dan tubuh, serta solusi permasalahannya sangat penting untuk dibahas.


Permasalahan kulit pada wajah dapat mengganggu penampilan sebagian dari kita sebagai perempuan. Masalah kulit yang seringkali terjadi bagi sebagian wanita adalah seperti kulit kering, kulit sensitif, kulit berjerawat, dan juga termasuk kulit kusam. Kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki tingkat kelembaban yang cukup. Ketika disentuh, kulit terasa lebih kenyal, padat, dan lembut. Sebaliknya, kulit kusam biasanya disebabkan karena tidak mendapatkan cukup kelembaban sehingga penampilannya tersamarkan oleh warna yang lebih gelap.


Warna gelap pada kulit kusam berbeda dengan warna gelap secara alami. Biasanya, orang dengan kulit yang gelap disebabkan karena produksi pigmen melanin yang banyak pada kulitnya, karena semakin banyak produksi melanin akan semakin gelap pula warna kulitmu.


Sementara itu, kulit kusam terlihat rata, tidak cerah, dan terlihat tidak sehat. Untuk kamu yang memiliki kulit kusam, perlu kita ketahui dari awal apa saja sih penyebab kulit kusam dan seperti apa cara mengatasi kulit yang kusam. Simak artikelnya sampai habis, yaa!


Apa saja Penyebab Kulit Kusam?



Kulit akan menua seiring dengan bertambahnya usia. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kulit kusam, berikut adalah sejumlah faktor yang paling umum diantaranya:


1. Pertambahan Usia


Kulit akan menua seiring dengan bertambahnya usia. Lambat laun, produksi protein penyokong kulit yang disebut dengan kolagen akan terus menurun. Kondisi alamiah ini membuat kulit tampak lebih kering, dipenuhi keriput dan garis halus, serta kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya.


2. Kurangnya Asupan Air


Minum air putih terbukti membuat kulit menjadi lebih sehat. air menjaga kelembaban serta kelenturan kulit sehingga kulit lebih tahan terhadap iritasi, keretakan, serta kerusakan. Air yang kamu minum juga akan menghidrasi kulit dari bawah permukaannya. Tanpa asupan cairan yang cukup, kulit menjadi kering dan tampak kurang bercahaya. Pori-pori kulit juga semakin terlihat dan keriput muncul lebih cepat.


3. Udara yang Panas dan Kering


Kulit kusam bisa terjadi pada siapa saja, masalah ini banyak dialami oleh orang-orang yang tinggal di wilayah panas. Kondisi ini lebih sering terjadi di musim kemarau, musim dingin, atau cuaca tertentu dengan udara yang kering.


4. Jarang Menggunakan Pelembab


Faktor selanjutnya adalah kulit kekurangan kelembaban. Sebabnya, pemakaian pelembab tidak boleh dilewatkan, apalagi untuk kamu yang memiliki kulit kering. Pemakaian pelembab dianjurkan kurang lebih dua kali sehari untuk melindungi kulit dari resiko kerusakan.


5. Penumpukan Sel Kulit Mati


Faktor selanjutnya yang menjadi penyebab kulit kusam adalah terjadi penumpukan sel kulit mati. Kulit secara alamiah akan melepaskan sel-sel kulit mati untuk memberikan tempat bagi sel baru yang sehat. akan tetapi, hal ini terkadang tidak berjalan dengan semestinya, sehingga kulit mati bertumpuk. Sehingga kulit akhirnya tampak kering, bersisik, dan pecah-pecah.


Bagaimana Cara Mengatasi Wajah Kusam agar Tampak Lebih Cerah?



Cara mengatasi wajah kusam agar tampak lebih cerah sebenarnya dapat dimulai dari langkah perawatan sehari-hari secara sederhana. Beberapa caranya adalah:


1. Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari


Salah satu cara mengatasi kulit kusam adalah dengan rutin membersihkan wajah dua kali sehari. Sebaiknya jangan mencuci muka lebih dari dua kali sehari karena akan membuat kulit wajah menjadi kering. Kamu bisa mencuci muka pada pagi dan malam hari kemudian bilas wajah dengan air hangat gunakan sabun wajah yang kandungannya ringan di kulit seraya memijat muka perlahan.


2. Menggunakan Pelembap


Setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner wajah, kamu perlu melembabkan menggunakan pelembab atau moisturizer sebagai cara mengatasi wajah kusam. Gunakan moisturizer sesuai dengan jenis kulit wajah kulit. Penting pula untuk memilih wajah yang memiliki kandungan SPF dan berlabel non-comedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.


3. Menggunakan Sunscreen & Tabir Surya


Cara mengatasi wajah kusam selanjutnya adalah dengan rutin mengoleskan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Sunscreen tidak hanya dioleskan sekali saja, akan tetapi tergantung aktivitas kamu. Oleskan kembali setiap beberapa jam sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.


4. Melakukan Eksfoliasi