Search

Yuk Simak, Begini Cara Mengecilkan Perut Buncit! (Slimming)


Mengecilkan Perut Buncit – Perut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi, sehingga mudah sekali untuk perut menyimpan minyak pada tubuh, ini lah yang menyebabkan seringkali orang mengalami masalah perut buncit. Bahkan, perut buncit tidak hanya dimiliki oleh orang dengan berat badan berlebih loh, mereka yang memiliki tubuh proporsional juga memungkinkan untuk memiliki perut yang buncit. Yuk kita ketahui bagaimana cara mengecilkan perut buncit, eits tapi sebelumnya kita simak dulu apa sih bahaya perut buncit?


Kenali Bahaya Perut Buncit


Ternyata, perut yang buncit tidak hanya berpengaruh pada penampilan saja, kondisi ini juga dapat membahayakan kondisi kesehatan secara umum. Perut buncit dianggap berbahaya karena adanya penimbunan lemak pada bagian perut. Sama seperti halnya obesitas pada tubuh, perut buncit timbul karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktivitas fisik. Hal ini disebabkan karena kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan kolesterol, serta kurang berolahraga.


Selain itu, hal-hal yang dapat mempengaruhi perut buncit diantaranya adalah genetika atau keturunan, kurang tidur, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, stress tinggi, usia tua, dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga dapat mempengaruhi perut menjadi buncit.


Bagi kamu yang memiliki perut buncit karena menumpuknya lemak, sebaiknya waspada. Kondisi ini dapat menimbulkan beberapa resiko penyakit yang berbahaya. Kumpulan lemak di dalam tubuh dapat mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh, senyawa tersebut disebut juga sitokin. Yakni zat yang menyebabkan peradangan dalam tubuh sehingga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, stroke, atau tekanan darah tinggi. Bahkan para peneliti juga menemukan bahwa senyawa tersebut dapat menyebabkan kanker tertentu. Seperti kanker usus besar, kanker kerongkongan, atau kanker pankreas.


Sebelum Tau Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit, Yuk Kenali Dulu 5 Jenis Perut Buncit!



Perut buncit memiliki beberapa jenis, loh! Meski terlihat sama, ternyata perut buncit memiliki bentuk, ukuran, serta penyebab dan penanganan yang berbeda-beda. Yuk simak dan kenali jenis-jenis perut buncit yang perlu kamu ketahui!


1. Bloated Tummy

Bloated Tummy atau perut yang kembung memiliki bentuk yang menyembul seperti balon. Perut buncit ini awalnya datar yang kemudian perlahan menggembung terutama setelah makan. Penyebab utamanya adalah gas yang dihasilkan oleh bakteri dalam usus yang mengalami kesulitan dalam menghancurkan makanan yang ada di dalam perut. Selain itu, sembelit dan makan terlalu banyak dalam satu waktu, mengunyah permen karet, dan minum dengan sedotan juga memungkinkan otot terdorong keluar dan dinding perut menyembul.


2. Stress Tummy

Seperti namanya, stress tummy disebabkan oleh rasa stress. Kondisi ini membuat perut buncit mencuat ke depan dimulai dari area bawah payudara membentuk gulungan lembut ke bawah dengan tekstur yang lebih lembut dan kendur. Kondisi ini dipengaruhi dengan meningkatnya hormon kortisol yang akan membantu gula masuk dengan mudah ke dalam aliran darah dan memberimu energi secara berlebih. Sehingga kamu cenderung melakukan banyak aktivitas, melewatkan waktu makan, mengonsumsi kafein dan ngemil makanan yang nggak sehat. sehingga lemak pada perut jadi tertumpuk.


3. Pear Tummy

Biasanya pear tummy ini ditandai dengan pinggang yang ramping dan membesar di bagian bawah pinggang hingga bagian pinggul. Penyebabnya adalah dominasi estrogen yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti, faktor genetik, ketidakseimbangan hormon seksual wanita, ibu yang baru melahirkan, atau pola olahraga dan pola makan yang salah.


4. Mummy Tummy

Mummy Tummy merupakan kondisi dimana perut membuncit yang dialami oleh wanita setelah tiga bulan melahirkan. Penyebab utama dari perut buncit setelah melahirkan adalah karena dinding perut sangat lemah dan ngga mampu lagi menahan organ dalam perut, sehingga kondisi ini dikenal dengan istilah diastasis rekti.


5. Wine Tummy

Wine Tummy merupakan kondisi dimana perut menonjol ke depan sementara bagian tubuh lainnya cenderung tetap. Penyebab utamanya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan dan minuman alkohol. Kedua jenis makanan ini dapat membentuk lemak di bawah lapisan kulit dan di balik dinding otot perut.


3 Cara Mengecilkan Perut Buncit


Lemak yang berperan pada timbulnya perut buncit adalah lemak visceral. Berbeda dengan lemak yang berada di dekat kulit, lemak ini berada di sekitar organ dalam, sehingga sulit dihilangkan. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit.


  • Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga akan membuat otot-otot menjadi lebih kencang. Kamu bisa melakukan Gerakan-gerakan seperti sit-up atau Gerakan lainnya. Apabila kamu tidak memiliki waktu luang, maka perbanyaklah aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau melakukan yoga.


  • Menjalani Pola Hidup Sehat

Selain olahraga teratur, pola hidup sehat lainnya juga dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit. Seperti, memperhatikan asupan makanan pada tubuh, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, menghindari stress dengan sering bermeditasi, relaksasi, dan refreshing. Serta pola tidur yang cukup dan teratur.


  • Menjalani Perawatan Khusus

Membentuk pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, makan yang teratur, mengurangi konsumsi alkohol, menghindari stress, serta pola tidur yang teratur menjadi sebuah pola hidup yang ideal untuk jangka panjang. Kamu harus melakukan hal tersebut, tidak melulu untuk mengatasi masalah perut buncit, namun juga dapat mencegah timbulnya penyakit lainnya.


Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan melakukan perawatan khusus, hal ini akan mempercepat prosesnya dan selanjutnya kamu bisa meneruskan badan ideal dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Perawatan yang bisa kamu lakukan adalah seperti Body Firming, hingga melakukan operasi sedot lemak seperti Liposuction.


Perawatan untuk Mengecilkan Perut Buncit di Plasthetic Clinic



Seperti yang sudah dijelaskan tadi, masalah perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan saja, namun juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Plasthetic Clinic sebagai klinik kecantikan terbaik di Jakarta selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mengatasi permasalahan tubuhmu, termasuk cara mengecilkan perut buncit. Kami menawarkan perawatan estetika, wellness, hingga operasi bedah plastik. Kami memiliki perawatan slimming untuk mengatasi permasalahan perut buncit dengan beberapa cara,


1. Tindakan Non Operasi

Yakni tindakan tanpa menggunakan operasi. Tindakan non operasi untuk menghilangkan perut buncit bisa kamu lakukan menggunakan beberapa perawatan yang ada di Plasthetic Clinic, seperti:


Kamu bisa mengatasi perut buncitmu dengan melakukan Body Firming, yakni, perawatan yang bertujuan untuk menghancurkan lemak pada tubuh, sehingga memberikan hasil berupa kulit lebih halus dan kencang. Perlu dilakukan pengulangan untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam perawatan ini.


Selain itu, kamu bisa melakukan perawatan lainnya seperti Slimming Chamber, perawatan ini dilakukan dengan cara berbaring di dalam slimming chamber untuk membantu mengecilkan perut buncit.


Electro Belly atau alat yang menghantarkan listrik ke perut sehingga terjadi proses pemecahan lemak serta dapat merangsang pengencangan terhadap otot-otot perut.


Selain itu, kamu juga bisa melakukan Fatlysis, yakni tindakan injeksi yang bertujuan untuk menghancurkan lemak-lemak pada bagian-bagian tertentu, termasuk perut, guna memiliki tubuh yang ideal. Selamat tinggal perut buncit!


2. Tindakan Operasi

Pada tindakan operasi, kamu bisa melakukan Liposuction atau sedot lemak, yakni, tindakan bedah yang bertujuan untuk menghilangkan lemak pada bagian-bagian tertentu. Tindakan ini akan lebih mudah dan efektif untuk menghilangkan lemak-lemak pada tubuh. Usai melakukan tindak operasi, kami menyarankan untuk kemudian berkonsultasi dengan dokter gizi kami demi menjaga bentuk tubuh yang ideal dan sesuai dengan yang kamu inginkan.


Selain melakukan tindakan tersebut, kamu bisa melakukan tindakan dan perawatan lainnya yang berhubungan dengan wajah dan tubuh. Tunggu apalagi? Kunjungi kami di Jl. Danau Tondano No. 12, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat atau lakukan booking terlebih dahulu dengan menghubungi 021-2532099 atau Whatsapp ke 08118191888. Enhance your Quality of Life with Plasthetic Clinic & percayakan kami untuk menangani masalah wajah dan tubuhmu termasuk mengecilkan perut buncit.


Ditinjau oleh: dr. Aema Yunita Amir


10 views