Search

Begini Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan!


Cara mengecilkan perut setelah melahirkan ada beragam. Perubahan tubuh wanita setelah melahirkan normal terjadi di masa pemulihan setelah persalinan. Perlu waktu untuk menyesuaikan kembali kondisi badan setelah mengalami berbagai macam perubahan selama kehamilan. Fase kehamilan, persalinan, hingga menyusui tentu membawa perubahan secara fisik maupun emosional.


Selama 9 bulan mengandung, tubuh akan mengalami berbagai macam perubahan. Perubahan-perubahan tersebut ada yang bisa kembali semula setelah masa pemulihan, ada pula yang sifatnya permanen. Sebelum kita cari tahu mengenai cara mengecilkan perut setelah melahirkan, kita ketahui dulu yuk apa saja perubahan yang terjadi pasca melahirkan!


Perubahan pada Tubuh Wanita Pasca Melahirkan


Setelah melahirkan, ada beberapa perubahan yang terjadi. Mulai dari bagian perut hingga bagian intim. Beberapa perubahannya antara lain adalah:


1. Muncul Stretch Mark di Perut


Masalah ini seringkali dialami oleh para wanita pasca melahirkan. Stretch Mark terbentuk karena kulit meregang guna memberi ruang bagi bayi. Sebetulnya, stretch mark terjadi pada faktor genetic dan seberapa cepat berat badan bertambah saat masa kehamilan. Perubahan ini mungkin akan bersifat sementara bagi sebagian orang, namun bisa juga bersifat permanen.


2. Payudara Menurun


Beberapa wanita mengalami payudara menurun setelah melahirkan dan menyusui. Hal ini disebabkan oleh aliran air susu saat menyusui dapat membuat kulit dan jaringan payudara meregang. Faktor lain yang mempengaruhi payudara kendur adalah ukuran indeks massa tubuh, faktor usia, gaya hidup tidak sehat, dan juga kehamilan.


3. Masalah pada Organ Intim


Organ intim wanita pasca melahirkan juga mengalami perubahan. Seperti, kesulitan menahan buang air kecil, mengeluarkan darah nifas, vagina terasa lebih lebar dan kering, atau permasalahan lainnya. Hal ini dikarenakan setelah bersalin, otot dasar panggul akan melemah akibat tertekan oleh janin dan pembesaran ukuran rahim.


4. Rambut Rontok


Perubahan selanjutnya yang dialami wanita setelah melahirkan adalah masalah rambut rontok. Kerontokan pada rambut disebabkan menurunnya kadar estrogen usai melahirkan. Namun kamu tidak perlu khawatir, usai pemulihan kondisi rambut akan kembali normal.