Search

Begini Cara Menghilangkan Kutil dengan Perawatan Terbaik! (Electrocauter)


Cara menghilangkan kutil menjadi salah satu yang banyak dicari. Meskipun kutil tidak membahayakan, namun ini dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Ada banyak cara untuk menghilangkan kutil, mulai dari cara alami hingga dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Sebelum itu, yuk kita cari tahu mengenai penyebab munculnya kutil dan bagaimana cara menghilangkan kutil. Check this out!


Apa itu Kutil?


Kutil merupakan gangguan pada kulit yang secara umum sifatnya tidak membahayakan. Kutil merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan adanya benjolan kecil, memiliki tekstur yang kasar, memiliki warna yang pucat atau kecoklatan, dan terkadang terasa gatal dan sakit apabila disentuh atau ditekan.


Kutil ini disebabkan oleh virus yang menyerang dan menyebabkan kelainan pada lapisan kulit. Sehingga, memproduksi keratin (protein penyusun rambut dan kuku) lebih banyak dari yang dibutuhkan. Kelebihan keratin ini kemudian menumpuk di permukaan kulit, sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut dengan kutil.


Meski umumnya sifat kutil ini tidak membahayakan dan bisa membaik dengan sendirinya, Langkah pengobatan pada kutil tetap perlu dilakukan, terutama apabila kutil mulai menyebar ke bagian tubuh yang lain, mulai menimbulkan rasa sakit, serta menyebabkan pendarahan. Ada banyak cara, mulai dari alami hingga harus melakukan perawatan dokter atau pergi ke klinik kecantikan untuk menghilangkan kutil.


Cara Menghilangkan Kutil secara Alami



Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil pada kulit. Yuk kita simak apa saja yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan kutil!


1. Mengoleskan Cuka Apel


Cuka apel memiliki kandungan zat asam yang diyakini dapat membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab kutil. Untuk menerapkannya, bisa dilakukan dengan cara mencelupkan cotton bud ke wadah yang berisi cuka apel, kemudian ditempelkan pada bagian-bagian yang ditumbuhi kutil dan diamkan semalaman, dan dilakukan setiap malam.


Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa menghilangkan kutil secara alami efektivitas dan manfaatnya belum terbukti secara medis. Terburuknya, memungkinkan menimbulkan efek samping, seperti meninggalkan bekas luka dan iritasi.


2. Menggunakan Minyak Kastor dan Baking Powder


Cara selanjutnya yang dianggap dapat menghilangkan kutil secara alami adalah dengan mengoleskan campuran minyak kastor dan baking powder menggunakan kapas atau cotton bud. Tempelkan pada area yang ditumbuhi kutil kemudian tutup dengan plester semalaman. Cara ini dianggap efektif dalam mengatasi kutil berbentuk datar di wajah dan punggung tangan.


3. Mengoleskan Vitamin C


Umumnya, cara ini dilakukan dengan cara menghancurkan tablet vitamin c, kemudian campurkan dengan sedikit air hingga teksturnya kental. Oleskan pasta tersebut pada kutil, kemudian tutup dengan plester. Lepaskan plester di malam hari dan lakukan selama beberapa kali.


4. Menempelkan Perekat


Langkah selanjutnya yang bisa kamu jadikan sebagai cara menghilangkan kutil adalah dengan menempelkan perekat pada kutil selama enam hari. Kemudian, perekat dilepaskan dan merendam bagian yang ditumbuhi kutil di dalam air. Hal ini secara lembut dapat membuang jaringan mati menggunakan batu apung. Diamkan selama 12 jam dan ulangi proses hingga kutil membaik.


5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Menyembuhkan area yang ditumbuhi kutil kembali dapat dilakukan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengubah gaya hidup dengan makan-makanan yang bergizi seperti mengonsumsi bahan makanan seperti biji bunga matahari, papaya, kerang, kiwi, jahe, kacang almond, yogurt, atau bawang putih.


Cara-cara di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah. Akan tetapi, pada dasarnya cara menghilangkan kutil dengan alami belum terbukti efektivitasnya serta manfaatnya secara medis. Bahkan, cara-cara tersebut mungkin saja menimbulkan efek samping seperti bekas luka dan juga iritasi. Selain itu, kutil masih berpotensi menyebar ke anggota tubuh lain atau kembali muncul di area yang sama kemudian hari.


Untuk menghindari penyebaran kutil pada orang lain, sebaiknya jangan berenang di kolam renang umum, kenakan sandal saat berada di tempat umum yang berair seperti mushola atau masjid, dan cuci tangan secara teratur, serta hindari menyentuh kutil karena beresiko menyebar ke bagian tubuh lainnya.


Perawatan untuk Menghilangkan Kutil dengan Electrocauter


Selain dengan cara alami, terdapat cara lainnya yang bisa kamu lakukan. Yakni, dengan melakukan perawatan menggunakan kauter. Istilah ‘kauter’, berasal dari Bahasa Latin, yang artinya penggumpalan atau penghancuran jaringan. Prosedur kauter, sudah dilakukan sejak lama untuk memotong atau menghancurkan jaringan tubuh, serta menghentikan pendarahan.


Kini, istilah kauter seringkali dinamai dengan nama electrocauter. Yakni, proses yang nama dengan menambahkan arus listrik yang dialiri melalui kawat elektroda yang memiliki hambatan tinggi. Elektroda ini akan menghasilkan panas yang dapat ditempelkan pada jaringan tubuh.


Biasanya perawatan ini dilakukan untuk beberapa hal. Seperti, operasi kecil pada kulit, salah satunya untuk menghilangkan kutil. Selain itu alat ini juga dapat menghilangkan skin tag, keratosis seboroik, membuang tumor, dan penyakit lainnya. Perlu diketahui bahwa perawatan kauter tidak sama dengan laser.


Dimana Perawatan Electrocauter bisa didapatkan?


Perawatan electrocauter umumnya dapat kamu lakukan di tempat-tempat seperti rumah sakit atau klinik kecantikan. Kamu harus selektif dalam menentukan tempat untuk dilakukan electrocauter, jangan sampai yang tadinya untuk menyembuhkan tapi malah memberikan efek lain karena alat yang digunakan atau tempat pelaksanaannya tidak steril. Dikarenakan, sekarang ini banyak sekali klinik-klinik yang mengklaim dirinya sebagai klinik kecantikan, akan tetapi tidak memiliki izin praktik yang resmi dan legal, sehingga perawatan yang dilakukan tidak bisa dipertanggungjawabkan.


Electrocauter di Plasthetic Clinic


Saat ini, klinik kecantikan di Indonesia memiliki banyak sekali perawatan mulai dari wajah, tubuh, hingga daerah intim. Perawatan-perawatan di atas bisa kamu lakukan di klinik kecantikan terbaik, dengan dokter-dokter yang profesional dan kompeten di bidangnya, serta ditunjang dengan alat-alat yang sesuai dengan standar medis. Salah satu klinik kecantikan terbaik yang bisa kamu lakukan perawatan electrocauter adalah Plasthetic Clinic. Klinik kecantikan yang sudah berdiri sejak tahun 2014 ini tentu sudah dipercaya oleh masyarakat umum.


Plasthetic Clinic merupakan klinik kecantikan yang berada di Jakarta Pusat. Klinik ini memiliki ratusan treatment aesthetic, wellness, dan bedah plastik yang aman dan terpercaya. Kami memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pasien yang datang kesini. Kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan langsung ditangani oleh dokter-dokter yang kompeten di bidangnya. Selain itu, peralatan yang dimiliki oleh Plasthetic Clinic juga merupakan peralatan terkini yang sesuai dengan standar medis. kami juga memberikan kenyamanan pada tempat perawatan yang bersih dan juga nyaman untuk kamu melakukan perawatan. Jangan khawatir, kami memberikan harga yang terjangkau dengan hasil yang memukau!


Tunggu apalagi? Kunjungi kami di Jalan Danau Tondano No. 12, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat atau hubungi kami di 021-2532099 atau Whatsapp kami di 08118191888 untuk melakukan temu janji. Enhance your Quality of Life with Us dan percayakan kami sebagai solusi masalah kulitmu, dari mulai pelayanan hingga perawatan yang dilakukan salah satunya dapat dengan professional mengatasi cara menghilangkan kutil.

9 views