Search

Payudara Besar Beresiko? Ini Cara untuk Mengecilkan Payudara!


Cara untuk mengecilkan payudara mungkin menjadi hal yang dicari-cari oleh beberapa orang. Memiliki payudara yang besar membuat kepercayaan diri seseorang tumbuh dan meningkat, sebaliknya ada sebagian orang yang merasa kualitas hidupnya menurun karena memiliki payudara yang terlalu besar, baik dari segi kepercayaan diri maupun dari segi kesehatan.


Payudara tersusun atas jaringan-jaringan lemak dengan reseptor hormon. Perubahan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan jaringan payudara membesar. Beberapa faktor lain yang menjadi pemicunya adalah kehamilan, kegemukan atau obesitas, penggunaan obat-obatan tertentu, serta pengaruh genetika.


Pada sebagian wanita, kondisi payudara memungkinkan kembali ke ukuran semula setelah faktor tersebut teratasi. Misalnya, setelah melahirkan atau apabila berat badan kembali ideal. Namun, banyak juga yang ukuran payudaranya menetap, terutama pada mereka yang memiliki faktor genetik.


Sebenarnya, ukuran payudara bisa dimodifikasi atau disesuaikan dengan menggunakan tindakan pembedahan. Namun, ada beberapa orang yang menghindari hal tersebut karena merasa belum siap ataupun khawatir dengan efek samping yang akan terjadi. Pertanyaannya, apakah ada cara untuk mengecilkan payudara secara alami? Kita simak artikelnya sampai habis ya!


Apakah Payudara Besar Beresiko?



Beberapa wanita merasa percaya diri dengan payudara yang besar, sebagian lagi merasa memiliki payudara yang terlalu besar dapat menurunkan kepercayaan dirinya. Eits, jangan salah. Ternyata, payudara yang berukuran ekstra justru bisa menimbulkan resiko. Ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin dapat terjadi apabila memiliki payudara yang terlalu besar, diantaranya:


· Nyeri Punggung dan Leher


Memiliki ukuran payudara yang terlalu besar membuat dada harus menopang beban yang lebih berat. Hal ini akan memicu beberapa keluhan seperti nyeri pada punggung dan leher. Perubahan bentuk tulang belakang, serta kesulitan untuk mempertahankan postur tubuh. Tidak hanya itu, para pemilik payudara berukuran besar juga sering merasa tidak percaya diri.


Mereka sering menyembunyikan payudaranya dengan membungkuk ke depan, yang mana ini akan memperburuk nyeri punggung yang dialami. Selain itu, nyeri punggung pemilik payudara yang terlalu besar sering mengalami tekanan akibat tali bra dan merasa tidak

nyaman saat beraktivitas karena geraknya menjadi terbatas.


· Kanker Payudara


Memiliki ukuran payudara yang terlalu besar banyak dihubungkan dengan resiko terkena kanker payudara. Beberapa studi dan tinjauan Pustaka memang menunjukkan adanya kemungkinan peningkatan resiko kanker payudara pada wanita dengan ukuran payudara yang besar. Kendati demikian, anggapan tersebut juga masih belum dipastikan kebenarannya. Alasannya adalah karena kanker payudara dipengaruhi oleh banyak hal, baik dari faktor usia, kadar estrogen, dan genetik atau riwayat kanker payudara di keluarga.


· Kondisi Medis Lain


Selain itu, kondisi medis lain juga memungkinkan terjadi, seperti mati rasa, kesemutan, nyeri di dada, sesak nafas, dan migrain. Wanita dengan payudara besar juga dapat mengalami gangguan tidur, sleep apnea, ruam disekitar payudara, dan kesulitan dalam melakukan aktivitas.


Cara untuk Mengecilkan Payudara tanpa Operasi


Mengecilkan payudara memungkinkan dilakukan tanpa operasi bedah. Ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengecilkan volume payudara. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga atau latihan fisik.

Beberapa latihan fisik yang dianggap dapat menjadi cara untuk mengecilkan payudara

adalah,


· Olahraga


Melakukan olahraga kardio secara teratur dapat mengurangi komposisi lemak dalam tubuh, termasuk di payudara. Olahraga ini terlampau mudah dilakukan, kamu bisa memulainya dengan lari atau jalan pagi, lompat tali atau dengan bantuan sepeda statis atau treadmill. Kamu juga bisa melakukan olahraga yang fokus untuk meningkatkan kekuatan di bagian dada dan tubuh bagian atas. Kegiatan yang dapat kamu lakukan seperti push up dan bench press.

Selanjutnya, olahraga yang bisa kamu lakukan adalah Aerobik. Aktivitas fisik jenis aerobic juga dapat dilakukan sebagai salah satu tips mengecilkan payudara. Aerobik diketahui mampu mempercepat tingkat metabolisme yang akan mengurangi komposisi lemak dalam tubuh, sehingga membantu mengecilkan payudara.


· Pola Makan Sehat


Cara untuk mengecilkan payudara selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan yang sehat. menjaga pola makan tetap sehat dapat membantu menurunkan ukuran payudara. perbanyak konsumsi ikan, karena mengandung lemak sehat. selain itu, bila mengkonsumsi daging, pilihlah daging tanpa lemak dan diolah dengan sedikit minyak.


Cara untuk Mengecilkan Payudara di Klinik Kecantikan



Selain dengan cara-cara alami diatas, mengecilkan payudara dapat dilakukan dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Salah satu yang bisa dilakukan dan hasilnya nyata terlihat adalah dengan melakukan breast reduction.


Breast Reduction, merupakan salah satu tindakan bedah yang bertujuan untuk mengurangi lemak dalam payudara sehingga mampu mengurangi volume payudara. Selain itu, breast reduction juga hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik atau dokter ahli dengan prosedur operasi yang sesuai. Singkatnya, tidak dapat dikerjakan dengan sembarangan. Breast Reduction ini tidak hanya dilakukan untuk perempuan. Laki-laki yang memiliki Gynecomastia juga dapat melakukan prosedur breast reduction ini, baik untuk keindahan penampilan maupun untuk kesehatan.


Sebelum melakukan breast reduction sebagai cara untuk mengecilkan payudara, kamu perlu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis. Dokter akan menyarank