Search

Wow, Begini Prosedur Filler Wajah Tirus Aman dan Nyaman!


Filler wajah tirus belakangan ini semakin banyak menarik minat masyarakat. Banyak orang yang tertarik melakukan suntik filler pada wajah yang dianggap dapat membuat wajah terlihat lebih cantik, tirus, awet muda, dan halus, tanpa perlu melakukan tindakan operasi. Kamu salah satu diantaranya? Kalau begitu, yuk simak artikel ini sampai habis!


Apa itu Filler Wajah?


Filler wajah merupakan sebuah perawatan kecantikan yang dilakukan dengan cara menyuntikkan zat sintetis atau alami ke dalam garis, lipatan, atau jaringan pada wajah untuk mengurangi munculnya kerutan dan mengembalikan vitalitas wajah yang mulai berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Suntikan filler seringkali disebut sebagai dermal filler, suntik implant, filler keriput, atau filler jaringan lunak.


Filler memiliki berbagai macam manfaat bagi wajah, seperti menambah volume pada wajah, menyamarkan kerutan halus, menebalkan bagian bibir, menghaluskan kerutan di sekitar ujung bibir, memberikan volume pada bagian pipi dan menonjolkan bentuknya, mengisi cekungan di bawah area mata, hingga menyamarkan luka bekas jerawat atau cacar air.


Sebagian besar filler dapat diserap oleh kulit, sehingga hasilnya bisa dirasakan selama beberapa bulan kedepan tergantung pada ketahanan masing-masing filler.


Apa saja Jenis Filler Wajah Tirus?


Filler wajah memiliki beberapa jenis, yang ditawarkan di pasaran. Beberapa jenis filler yang biasanya digunakan adalah:


  • Asam Hialuronat (HA)

Merupakan zat bertekstur seperti gel yang sebenarnya sudah diproduksi secara alami di dalam tubuh. Namun, cairan ini bisa digunakan untuk “menambah” volume pada tempat-tempat seperti pipi, kerutan area mata, bibir, dan dahi. Menurut American Board of Cosmetic Surgery (ABCS) cairan ini memerlukan waktu untuk diserap oleh tubuh secara bertahap selama 6-12 bulan.


  • Kalsium Hidroksiapatit (CaHA)

Filler ini menggunakan kalsium yang berbentuk partikel mikroskopis dan menambahkannya gel, yang kemudian disuntikkan ke bagian wajah tertentu. Gel ini memiliki konsistensi yang lebih tebal daripada HA, sehingga cocok digunakan untuk menutupi kerutan di dalam.


  • Asam Poli-L-Laktat

Jenis ini merupakan asam yang dapat terbiodegradasi membantu merangsang produk kolagen kulit sendiri daripada ‘mengisi’ kerutan. Cairan ini bertujuan untuk mengencangkan kulit dan mengurangi keriput.


  • Polymethylmethacrylate (PMMA)

Filler ini terdiri dari bola-bola kecil yang disebut mikrosfer dan kolagen yang mengisi kulit. Meskipun jenis filler ini dianggap memberikan hasil dan ketahanan yang terbilang lama, akan tetapi jenis ini tidak direkomendasikan oleh dokter.


Dengan adanya banyak jenis filler, kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada dokter filler jenis apakah yang nantinya akan disuntikkan. Sebagai pasien, kita memiliki hak untuk bertanya seperti apa tindakan yang akan dijalani dan apa saja isi dari cairan yang akan disuntikkan.


Prosedur Filler Wajah Tirus dan Aman


Prosedur dalam melakukan filler wajah sangatlah mudah. Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan filler yang berisikan cairan seperti asam hialuronat, kolagen, atau zat sintetis lainnya ke beberapa bagian pada wajah. Seperti pipi, hidung, dagu, rahang, dan lainnya agar lebih bervolume. Setelah menyuntikkan cairan ke wajah, maka bagian wajah akan lebih berisi sehingga keriput dan lipatan akan tersamarkan.


Prosedur ini harus dilakukan dengan dokter ahli. Seperti dokter spesialis kulit (dermatology), dokter bedah kecantikan, atau terapis kecantikan yang sudah mengantongi sertifikat resmi. Filler tidak memakan waktu yang lama dan cenderung singkat, biasanya filler memerlukan pengulangan untuk memberikan hasil yang maksimal.


Meskipun filler wajah tirus merupakan perawatan yang cenderung aman, namun tidak menutupi bahwa memungkinkan terjadinya efek samping. Karena itu, kamu bisa meminimalisir resiko dengan beberapa cara, seperti:


  • Pastikan untuk mengambil perawatan filler dengan melakukan pengecekan harga terlebih dahulu. Umumnya, filler memiliki harga yang cenderung tinggi, dengan kualitas baik dan ketahanan yang cukup lama. Jangan mudah tergiur dengan salon-salon kecantikan yang membanting murah harga filler, karena itu bisa membahayakan dirimu.

  • Sebelum memutuskan untuk melakukan filler, cari tahu latar belakang praktisi yang akan menangani mu. Apakah ia memiliki legalitas atau sertifikasi yang resmi? Apakah ia sudah berpengalaman melakukan filler wajah? Hal ini bisa kamu ketahui dengan cara melihat review dan testimonial sebelumnya dari orang-orang.

  • Pastikan untuk bertanya sejelas-jelasnya dan sedetail-detailnya kepada dokter untuk menanyakan informasi yang jelas mengenai jenis zat yang akan disuntikkan, efek sampingnya, keamanannya, dan hal-hal ian yang mendetail.

  • Meskipun kini banyak sekali filler yang dijual bebas pada e-commerce akan tetapi alangkah baiknya bila dihindari. Jangan lakukan penyuntikkan filler di luar tempat praktik dokter, hal ini bisa membahayakan dirimu sendiri.

  • Perhatikan pemilihan tempat. Hindari perawatan yang dilakukan di rumah, hotel, salon, atau tempat-tempat lain selain klinik kecantikan atau rumah sakit yang layak, bersih, dan aman.

Melakukan Filler Wajah Tirus di Klinik Kecantikan


Pastikan untuk selalu melakukan perawatan filler di tempat-tempat resmi seperti rumah sakit atau klinik kecantikan. Plasthetic Clinic merupakan salah satu klinik kecantikan yang aman dan terpercaya, selain itu kami juga memiliki sederet dokter yang kompeten dan profesional, sebagai salah satu bentuk pelayanan terbaik, kami memberikan tempat yang nyaman untuk kamu melakukan perawatan, kamu juga dapat melakukan konsultasi secara gratis dengan dokter aesthetic di Plasthetic Clinic.


Filler dapat mengisi serta menambah volume pada beberapa bagian pada wajah, selain dengan melakukan filler, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meniruskan wajah atau menambah volume pada bagian wajah. Yuk kita simak treatment apa aja sih yang bisa kamu lakukan?


Seperti yang sudah kita ketahui sejak awal, filler merupakan proses injeksi cairan murni yang digunakan untuk menambah volume pada bagian-bagian tertentu wajah. Premium Filler merupakan proses injeksi hyaluronic acid murni, sebagai zat alami guna mengisi kekosongan pada beberapa area, sekaligus mengencangkan area wajah. Kamu bisa melakukan pengulangan setiap 9-12 bulan sekali.

Botox merupakan injeksi Botulinum Toxin yang bertujuan untuk melumpuhkan otot guna mengurangi kerutan pada kulit dan mengatasi permasalahan lainnya pada kulit wajah. Sehingga kulit tampak lebih segar dan muda.

Skin Firm membantu untuk mengencangkan kulit wajah serta mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan pada wajah. Kulit wajah menjadi lebih kencang, tirus, dan meningkatkan penampilanmu menjadi lebih maksimal.

Skin Tightening berfungsi untuk membantu mengencangkan seluruh otot wajah sehingga membuat wajah lebih tirus, kencang, dan kenyal. Perawatan ini membuat kamu jadi tampil lebih percaya diri!

Bagian bawah dagu seringkali bikin wajah terlihat lebih berisi. Perawatan Fatlysis aja! Treatment ini berupa injeksi pada bagian bawah dagu untuk menghancurkan lemak-lemak pada bagian tersebut, sehingga wajah menjadi lebih tirus sempurna.


Eits jangan khawatir, masih banyak perawatan kecantikan yang bisa kamu lakukan di Plasthetic Clinic. Maksimalkan penampilanmu dan tingkatkan rasa percaya diri Bersama Plasthetic Clinic. Tunggu apalagi? Kunjungi kami di Jl. Danau Tondano No. 12, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat atau kamu bisa melakukan janji temu dengan menghubungi nomor 021-2532099 atau Whatsapp ke 08118191888. Enhance your Quality of life with Us! Percayakan kami untuk mengatasi permasalahan kulitmu, termasuk perawatan filler wajah tirus.


Ditinjau oleh: dr. Aema Yunita Amir


8 views