Search

Ragam Macam Operasi Lemak Perut yang Perlu Kamu Tahu!


Operasi lemak perut memiliki prosedur yang berbeda-beda. Operasi ini seringkali dicari dan diminati oleh banyak orang. Sedot lemak kerap menjadi pilihan ketika diet dan olahraga tidak efektif lagi untuk mendapatkan tubuh impian yang kamu idam-idamkan. Perut yang buncit, lemak menumpuk pada lengan, atau paha, membuat rasa percaya diri seakan tertinggal. Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi lemak perut, ada baiknya untuk kamu mengetahui apa saja jenis operasi, syarat, dan resiko dari sedot lemak atau operasi lemak perut.


Lemak ada hampir di seluruh tubuh. Operasi ini umumnya bertujuan untuk memperbaiki bentuk tubuh di area perut, bokong, pinggul, paha, atau wajah. Bahkan, prosedur ini juga bisa dilakukan pada bagian payudara, lengan, betis, kaki, ataupun punggung.


Apa saja prosedur Operasi Lemak Perut?


Lemak pada perut dapat diatasi dengan beberapa prosedur, salah satunya adalah prosedur operasi. Untuk mengangkat lemak yang ada pada tubuh, ada beberapa jenis operasi lemak perut yang bisa kamu lakukan. Operasi ini perlu dilakukan dengan dokter bedah plastik yang terpercaya. Kita simak yuk apa saja prosedur operasi lemak perut yang bisa dijalani?


Liposuction


Liposuction merupakan salah satu prosedur operasi lemak perut dengan cara sedot lemak. Operasi ini bertujuan untuk mengeluarkan lemak pada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih ramping. Liposuction bisa dilakukan pada area-area seperti perut, bokong, betis, lengan, dan beberapa area lainnya.


Ada beberapa teknik sedot lemak pada prosedur liposuction ini, setiap klinik kecantikan atau rumah sakit memiliki teknik sedot lemak yang mungkin berbeda-beda, kita cari tahu yuk teknik apa saja yang bisa digunakan untuk sedot lemak?


1. Tumescent Liposuction


Jenis teknik sedot lemak yang pertama adalah teknik Tumescent Liposuction. Teknik ini dilakukan dengan menyuntikkan larutan tumescent ke lemak tubuh yang akan disedot dalam jumlah yang banyak. Larutan tumescent merupakan campuran dari larutan saline atau air garam, epinephrine, dan lidocaine. Larutan ini berfungsi memudahkan penyedotan lemak, serta mengurangi nyeri dan perdarahan.


2. Super-Wet Technique


Selanjutnya, adalah teknik Super-Wet Technique. Teknik ini mirip dengan tumescent liposuction, hanya saja larutan tumescent yang disuntikkan akan disesuaikan dengan jumlah lemak yang akan disedot. Teknik ini lebih cepat, tetapi memerlukan pemberian obat bius atau anestesi umum.


3. Ultrasound-Assisted Liposuction (UAL)


Jenis teknik sedot lemak yang selanjutnya adalah Ultrasound-Assisted Liposuction. Teknik ini menggunakan energi gelombang suara untuk memecah dinding-dinding lemak. Setelah lemak mencair, lemak akan disedot keluar.


4. Laser-Assisted Liposuction (LAL)


Teknik selanjutnya adalah Laser-Assisted Liposuction. Teknik ini menggunakan sinar laser untuk mencairkan lemak, agar lemak lebih mudah disedot.


5. Power-Assisted Liposuction


Jenis teknik yang terakhir adalah Power-Assisted Liposuction. Teknik ini menggunakan kanula khusus yang berfungsi menghancurkan lemak dengan getaran cepat. Keuntungan teknik ini adalah sayatan yang dibuat cukup kecil dan tidak merusak jaringan di sekitarnya.


Tummy Tuck



Tummy Tuck atau abdominoplasty merupakan salah satu prosedur operasi lemak perut dengan cara menghilangkan kulit dan lemak berlebih pada perut. Prosedur ini dilakukan untuk mengencangkan otot perut, agar perut terlihat lebih ramping.


Prosedur ini jelas berbeda dengan prosedur sedot lemak atau liposuction. Selain dapat menghilangkan lemak, tummy tuck juga bertujuan untuk membuang kulit berlebih.

Prosedur ini dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang pernah mengalami obesitas, namun masih memiliki lemak berlebih dan kulit kendur di perut dan area sekitarnya. Operasi ini bisa menjadi alternatif bagi wanita dengan kulit dan otot perut yang kendur setelah beberapa kali melahirkan.


Perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa menjalani prosedur tummy tuck, terutama orang dengan kondisi berencana untuk hamil lagi, berencara untuk menurunkan berat badan secara drastis, pernah menjalani operasi perut yang menyebabkan timbulnya banyak jaringan parut, menderita penyakit kronis seperti jantung dan diabetes, serta memiliki indeks masa tubuh lebih dari 30.


Sebelum melakukan tindakan ini, pastikan kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bedah plastik. Saat melakukan konsultasi, tanyakan sedetail mungkin pada dokter ahli agar kamu lebih mengerti seperti apa prosedur tummy tuck yang akan kamu jalani.


Adakah cara menghilangkan lemak tanpa Operasi?


Setelah mengetahui beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk operasi lemak perut, muncul pertanyaan apakah ada cara menghilangkan lemak tanpa operasi? Jawabannya ada. Menghilangkan lemak tanpa operasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan perawatan body firm.


Body firm adalah salah satu perawatan yang bertujuan untuk menghancurkan lemak pada tubuh menggunakan radio frequency. Meskipun hasilnya tidak instan, kamu bisa melihat perbedaan yang signifikan melalui beberapa kali perawatan. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan permasalahan kamu kepada dokter yaa sebelum memulai perawatan.


Selain body firm, cara lain yang bisa kamu gunakan adalah melakukan fat lysis body, yakni menggunakan teknik injeksi yang bertujuan untuk meluruhkan lemak pada bagian-bagian tertentu sehingga tubuh menjadi lebih ramping. Prosedur ini dilakukan dengan dokter estetika atau dokter ahli untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Ada beberapa cara lainnya yang bisa kamu lakukan. Seperti perawatan slimming chamber, electro belly, slimming drip, serta perawatan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu.


Lakukan Operasi Lemak Perut di Plasthetic Clinic