Search

Penyebab Bruntusan pada Wajah yang Harus Kamu Ketahui!


Penyebab bruntusan pada wajah menjadi salah satu pertanyaan yang seringnya ditanyakan. Selain jerawat, masalah kulit sejuta umat lain yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah bruntusan. Meski tidak berbahaya, kondisi ini mengganggu penampilan dan seringkali mengganggu kenyamanan, karena ada beberapa jenis bruntusan yang menyebabkan rasa gatal pada area wajah.


Sebelum mengetahui apa saja penyebab bruntusan pada wajah yang perlu kamu ketahui, mari kita telaah satu persatu. Dimulai dari apa itu bruntusan, penyebabnya, dan hal-hal lain terkait dengan masalah bruntusan pada wajah.


Apa itu Bruntusan pada Wajah?


Bruntusan adalah sebuah kondisi yang menggambarkan keadaan kulit yang permukaannya kasar dan tidak merata. Ketika di raba, bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol pada kulit. Masalah kulit bruntusan sebetulnya bukan istilah dari medis.


Bruntusan bisa muncul pada beberapa bagian tubuh manapun yang dilindungi oleh kulit. Kondisi ini bisa saja muncul hanya pada 1 atau 2 titik saja. Namun, kondisi ini juga bisa muncul bergerombol atau berkelompok pada beberapa area tubuh tertentu.


Beberapa daerah yang rentan dan seringkali mengalami bruntusan di wajah adalah di bagian T-Zone. Seperti dahu, hidung, dan juga dagu. Selain itu, bruntusan juga bisa muncul pada area-area tubuh seperti punggung, leher, lengan, bahu, hingga bagian dada.


Apa Penyebab Bruntusan di Wajah?


Penyebab bruntusan bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti, komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, folikulitis atau peradangan pada folikel rambut, atau keratosis seboroik. Namun, komedo termasuk cikal bakal kemunculan bruntusan yang kerap kali kamu alami.

Sama seperti jerawat, komedo terbentuk dari penumpukkan sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat ini bisa dipicu oleh beberapa hal di berikut. Terjadi perubahan hormonal, sehingga menyebabkan produksi sebum meningkat dan wajah menjadi lebih berminyak.


Selanjutnya, mengalami stress berat, sehingga dapat mempengaruhi hormon seseorang, berikutnya produksi keringat yang berlebih, aktivitas di luar rumah dan lain sebagainya. Menggunakan obat-obatan tertentu, menggunakan kosmetik atau produk skincare yang tidak cocok serta kebersihan kulit yang kurang terjaga dengan baik, seperti sering menyentuh kulit dengan tangan kotor, dan lain sebagainya.


Perbedaan Bruntusan dan Masalah Kulit Lain


Seperti yang sudah disebutkan, bahwa ada banyak hal yang bisa memicu bruntusan di wajah dan kondisinya terlihat mirip antara satu dengan lainnya. Maka dari itu, agar diketahui penyebab bruntusan yang kamu alami, ada baiknya untuk melakukan konsultasi pada dokter estetika atau dokter spesialis kulit.


Dokter nantinya akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mencari tahu dengan pasti apa penyebab bruntusan yang kami alami. Dengan begitu, apabila melakukan konsultasi jawablah pertanyaan yang diberikan oleh dokter dengan sejujur-jujurnya.


Cara Menghilangkan Bruntusan pada Wajah



Ada beberapa cara yang ampuh untuk kamu menghilangkan bruntusan pada wajah. Salah satunya adalah dengan menerapkan perawatan dasar untuk kulit yang benar. Melakukannya bisa dimulai dengan cara-cara di bawah ini,


1. Rutin Membersihkan Wajah


Agar kondisi bruntusan pada wajah cepat menghilang. Kamu perlu membersihkan wajah secara rutin. Setidaknya 2 kali sehari, ketika bangun dan sebelum tidur. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit kamu yaa.


Apabila dirasa kondisi kulit wajah masih kotor, lakukanlah double cleansing atau mencuci wajah dua kali guna memastikan kulit wajah kamu benar-benar bersih dari kotoran. Bagi kamu yang setiap hari menggunakan makeup, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan makeup remover yang berbasis air, seperti micellar water atau yang berbasis minyak untuk membersihkan makeup waterproof.


2. Menggunakan Pelembab


Setelah wajah dibersihkan, cara untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan rutin pakai produk pelembap. Setiap orang, terlepas apapun tipe kulitnya, wajib menggunakan pelembap. Jika diperlukan, kamu juga bisa menggunakan produk seperti toner dan produk serum sebelum menggunakan pelembap. Apapun produk perawatan yang ia pakai, pastikan kamu memilih sesuai dengan jenis masalah yang ingin diatasi.


3. Mengoleskan Sunscreen


Jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya atau sunscreen merupakan perawatan wajah yang sama sekali tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika kamu berkegiatan di luar ruang.


Cara efektif mencegah bruntusan semakin parah adalah dengan selalu mengaplikasikan sunscreen dan sunblock untuk melindungi kulitmu dari paparan matahari yang dapat memicu penyakit kulit seperti kanker kulit dan lainnya.


Perawatan untuk Menghilangkan Bruntusan pada Wajah



Dalam merawat wajah agar tidak bruntusan, bisa kamu lakukan dengan rutin perawatan. Perawatan-perawatan pada wajah sangatlah beragam dan dapat kamu temukan di banyak klinik kecantikan. Berikut adalah rekomendasi perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah.


1. Microbubble Exfoliation