Search

Nggak cuma Wanita, Ini dia Skin Care untuk Pria! (Skin Care)


Skin Care untuk Pria – Nggak cuma wanita, pria juga memiliki permasalahan-permasalahan kulit yang serupa. Perbedaannya adalah pria cenderung lebih cuek dan tidak peduli dengan permasalahan atau kondisi kulitnya, sehingga kulit menjadi semakin sensitif dan semakin parah. Yuk kita simak, apa saja masalah kulit pada pria dan seperti apa sih penanganannya!


Masalah Kulit pada Pria


Permasalahan kulit akan muncul apabila seseorang tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan kulitnya. Padahal, kulit menjadi tameng terdepan yang dapat melindungi kamu dari berbagai hal berbahaya pada tubuh. Berikut adalah beberapa permasalahan kulit yang seringkali dialami oleh pria:


1. Permasalahan Jerawat


Sebagian besar pria mungkin menganggap bahwa masalah jerawat akan lenyap dan menghilang dengan sendirinya. Padahal, masalah kulit yang satu ini dapat datang dan menyerang siapapun, kapanpun tergantung pada kondisi kulit saat itu. Jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormone yang memproduksi minyak, sehingga pori-pori di wajah menjadi tersumbat. Hal ini memicu pertumbuhan bakteri dan menimbulkan jerawat pada wajah pria.


Permasalahan ini bisa diatasi dengan tetap menjaga kebersihan pada wajah. Kamu bisa rutin membersihkan wajah secara rutin sebanyak dua kali sehari, memilih sabun cuci muka pria yang cocok dengan kondisi atau tipe kulit wajahmu, mengusap dengan lap yang lembut, serta menggunakan obat jerawat yang mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau retinol.


2. Masalah Bekas Jerawat


Masalah kedua setelah timbulnya jerawat adalah memperbaiki bekas jerawat. Umumnya, bekas jerawat akan muncul jika jerawat dipecahkan atau dipencet dengan cara yang kurang tepat. Masalah bekas jerawat ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan alami seperti mengoleskan madu, lidah buaya, atau lemon pada bekas-bekas jerawat. Bahan-bahan alami bisa kamu aplikasikan pada wajah dan rutin dilakukan setiap hari.


3. Kulit Kering


Masalah selanjutnya yang seringkali muncul pada pria adalah masalah kulit kering. Masalah ini terjadi akibat iritasi, faktor bertambahnya usia, penggunaan sabun atau bahan lainnya yang tidak tepat, atau perubahan cuaca. Kondisi ini sangat mungkin terjadi pada siapapun. Skin Care untuk pria dalam mengatasi masalah ini bisa kamu lakukan dengan cara menggunakan pelembab untuk wajah atau tabir surya saat beraktivitas di luar rumah.