Search

Kenali Bahaya Suntik Payudara pada Tubuh! [Updated]


Suntik Payudara

Suntik payudara atau yang sering disebut dengan filler payudara menjadi salah satu perawatan yang menarik bagi kaum wanita. Volume payudara menjadi hal yang sangat penting bagi penampilan estetika wanita, tidak heran jika perawatan payudara menjadi salah satu perawatan yang laris dan paling sering dicari. Sebelum melakukan perawatan pada tubuh, yuk kita kenali terlebih dahulu!


Apa itu Filler?

Filler adalah proses tindakan yang dilakukan dengan injeksi atau penyuntikan. Cairan tersebut berupa hyaluronic acid atau bahan lainnya yang disuntikkan ke bawah kulit. Tujuannya adalah untuk menambah volume dengan mengisi ruang kosong pada beberapa area dan menjaga kelembaban tubuh. Filler ini sendiri tidak dapat bertahan lama, dalam waktu kurang lebih 6 bulan cairan tersebut akan kembali terserap pada tubuh dan perlu dilakukan pengulangan suntik filler untuk memberikan hasil yang maksimal.


Bagian mana saja yang boleh dilakukan Filler?


Menurut informasi yang diberikan oleh Food & Drug Administration (FDA) Amerika, filler diperbolehkan dalam dunia kesehatan dan estetika yakni pada bagian wajah, seperti menambah volume pada bibir, pipi, dagu, dahi, atau menghilangkan kerutan pada bagian tubuh seperti punggung tangan, area mata, dahi, atau sekitar bibir, mengoreksi area wajah tertentu seperti pada hidung atau lipatan nasolabial, serta dapat bermanfaat untuk mengoreksi bekas luka atau bekas jerawat.


Selain hal-hal yang diperbolehkan menggunakan filler, FDA Amerika juga menuliskan beberapa hal yang dilarang dalam penggunaan filler. Salah satunya FDA Amerika menginformasikan bahwa filler tidak diperbolehkan untuk memperbesar beberapa bagian seperti suntik payudara dan bokong.



Mengapa Suntik Payudara tidak diperbolehkan dan apa efek samping yang terjadi?


Filler sendiri memiliki beberapa efek samping mulai dari ringan hingga berat. Efek ringan yang terjadi seperti kemerahan, bengkak, nyeri, kebiruan, gatal atau ruang. Sedangkan efek berat yang terjadi dapat berupa infeksi, terjadi benjolan, berpindahnya senyawa filler ke area lain, granuloma, hingga kematian jaringan.


Maka dari itu, perawatan filler perlu dilakukan dengan hati-hati, selain pada area-area tertentu, filler harus dilakukan dengan alat dan tempat yang steril, hal ini agar tidak terkontaminasi bakteri atau virus. Nah, payudara memiliki konstruksi pembuluh darah yang kompleks, sedang filler berupa cairan yang persebarannya tidak bisa dihentikan dengan mudah. Hal ini memperlihatkan bahwa melakukan suntik payudara sangatlah beresiko tinggi bagi kesehatan.


Beberapa orang bertanya-tanya dan percaya dengan hasil foto yang diberikan bahwa suntik payudara memberikan hasil yang sangat bagus dan menarik, tak jarang dibanderol dengan harga yang murah dan sangat terjangkau. Tapi, tunggu dulu, efek samping pada filler payudara ini berbeda-beda jangka waktunya, mungkin tidak langsung terlihat secara signifikan. Akan tetapi, jangka panjangnya filler payudara dapat menimbulkan pembengkakan pada payudara, rasa nyeri, payudara mengeluarkan nanah, bahkan kemungkinan terburuknya adalah terjadi infeksi atau komplikasi pada tubuh dan pengangkatan atau amputasi payudara.


Apa yang harus dilakukan apabila sudah terjadi efek samping?


Melakukan suntik payudara cepat atau lambat akan menimbulkan berbagai macam resiko dan komplikasi lainnya. Apabila hal ini terjadi, langsung datangi dokter spesialis bedah plastik untuk diberikan pengarahan dan dilakukan tindakan guna meminimalisir resiko. Pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai dokter bedah plastik yang akan kamu kunjungi, hal ini untuk meminimalisir terjadi hal-hal lainnya yang tidak diinginkan dan lakukan perawatan yang disarankan untuk memberikan hasil terbaik dan meminimalisir resiko dari suntik payudara.


Lakukan edukasi kepada orang-orang awam yang belum paham mengenai bahaya dari suntik payudara ini, karena realitasnya kini masih banyak orang yang tidak paham dengan resiko yang timbul dari melakukan filler payudara dan masih banyak tempat-tempat yang mengatasnamakan ‘klinik kecantikan’ memperjual-belikan suntik payudara dengan harga yang sangat murah, hal ini harus sama-sama kita cegah.



Terus, apa ada cara lain untuk memperbesar volume payudara?


Eits, jangan khawatir! Masih ada cara lain untuk mengencangkan serta memperbesar volume payudara yang jauh lebih aman dan tindakannya dapat dipertanggungjawabkan secara medis, yakni dengan melakukan Breast Augmentation.


Breast Augmentation merupakan operasi yang dilakukan untuk memperbesar volume payudara. Breast Augmentation dapat dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan lemak dari tubuh (fat transfer) dan menggunakan implan payudara. Perawatan ini akan memperlihatkan hasil yang signifikan, payudara akan terlihat lebih bervolume dan kencang, tampak indah dan yang terpenting adalah jauh lebih aman dan terjamin keselamatannya.

Perawatan ini harus dilakukan oleh dokter bedah plastik dan tidak diboleh dilakukan oleh sembarang orang. Pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan operasi, dokter akan menjelaskan dengan detail keuntungan dan resiko yang mungkin akan kamu alami.


Apabila tindakan operasi dirasa terlalu berat, kamu bisa melakukan perawatan lainnya untuk payudara. Perawatan lainnya seperti kamu bisa melakukan pengencangan payudara dan merangsang pertumbuhan kolagen menggunakan treatment Breast Firming. Perawatan ini merupakan non-surgical treatment, sehingga jauh lebih aman dan minim resiko. Kamu dapat melakukan pengulangan dan pastikan untuk melakukan konsultasi kepada dokter aesthetic untuk waktu pengulangannya agar hasil yang didapatkan maksimal.


Lakukan Breast Treatment di Klinik Kecantikan Terbaik


Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan untuk perawatan adalah melakukan pencarian. Carilah treatment yang memang sudah sesuai dan mendapatkan izin secara medis serta memiliki resiko yang bisa kamu tolerir. Pikirkan kembali apabila kamu diimingi dengan harga yang sangat murah.


Pastikan bahwa klinik kecantikan atau tempat yang akan kamu datangi adalah tempat yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Selain itu, pastikan juga dokter atau perawat yang menangani adalah orang yang ahli. Hal ini mengurangi resiko terjadinya kesalahan atau hal-hal yang tidak kamu inginkan.


Plasthetic Clinic, merupakan klinik kecantikan yang berfokus pada estetika serta kesehatan. Kami menawarkan treatment yang beragam, mulai dari aesthetic, wellness, maupun bedah plastik. Mengedepankan hasil dan kepuasan pelanggan, kami memberikan pelayanan terbaik dengan dokter-dokter aesthetic dan spesialis serta staff yang profesional dan kompeten. Tidak hanya itu, Plasthetic Clinic juga dilengkapi dengan alat-alat yang canggih dan memadai untuk tiap treatment yang kamu lakukan disini. Tidak perlu khawatir, kami memberikan kenyamanan penuh dengan lokasi klinik yang strategis, tempat yang nyaman, serta harga yang terjangkau dengan hasil dan kualitas yang sebanding.



Lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk setiap tindakan yang ingin kamu lakukan. Pastikan tindakan tersebut dilakukan dengan dokter atau perawat yang ahli. Plasthetic Clinic menyediakan ragam macam breast treatment yang bisa kamu coba, dilakukan sesuai dengan standar medis yang berlaku kami memiliki solusi untuk kamu yang ingin memperbesar volume payudara dengan cara yang lebih aman daripada melakukan suntik payudara.


Artikel ditinjau oleh Dr. Vania Aramita Sari Sp.BP-RE

72 views

Hubungi Kami

Follow kami

Punya pertanyaan?

  • Instagram - White Circle

Chat dengan kami di bawah!

Untitled-5.jpg
Untitled-5.png

© 2019 Plasthetic Clinic. All rights reserved.