Penambalan Gigi

Penambalan Gigi

Kerusakan pada gigi atau gigi yang berlubang dapat berdampak pada penampilan dan kesehatan Anda. Terutama jika kerusakan pada gigi menyebabkan rasa sakit akibat aktivitas bakteri yang merusak gigi Anda. Salah satu metode yang umum digunakan untuk mengatasi kerusakan pada gigi atau gigi yang berlubang adalah dengan melakukan penambalan gigi. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada gigi Anda.

Tambal gigi sendiri adalah salah satu prosedur yang digunakan untuk memperbaiki gigi yang rusak dengan menempatkan tambalan pada gigi yang mengalami masalah. Jenis tambalan gigi dan teknik yang digunakan ini nantinya akan disesuaikan dengan kondisi gigi masing-masing pasien.

Procedure Purpose

Menjalani prosedur Penambalan Gigi tentu akan membawa manfaat bagi kesehatan gigi Anda, berikut di antaranya:

  • Menghindari perkembangan lubang yang lebih besar
  • Mencegah pembentukan plak atau karang gigi
  • Mencegah kerusakan pada gigi
  • Menghindari biaya perawatan gigi yang mahal

Terdapat berbagai jenis tambal gigi yang tersedia, di antaranya adalah:

  • Resin Komposit

Tambalan resin komposit, atau yang juga disebut dengan lightweight chips, merupakan salah satu jenis tambalan yang memerlukan radiasi untuk mengeraskan chips. Bahan komposit ini terdiri dari campuran resin akrilik dan partikel kaca halus yang dapat digunakan untuk membuat tambalan gigi dengan warna yang serasi.

  • Porselen (Restorasi Tidak Langsung)

Tambalan gigi yang termasuk dalam kategori “tidak langsung” memerlukan minimal dua kunjungan karena proses pembuatannya dilakukan di laboratorium. Kemudian, tambalan tersebut ditempatkan dalam rongga gigi yang bersih dan telah dipersiapkan secara khusus. Restorasi tidak langsung dapat berupa inlay, onlay, dan crown. Bahan yang umum digunakan untuk restorasi tidak langsung meliputi komposit, porselen, dan logam.

  • Semen Ionomer

Tambalan semen ionomer (glass-ionomer cement) adalah bahan pewarna gigi yang terbuat dari campuran bubuk kaca/silika yang mengandung fluoride dan cairan asam organik. Tambalan ini dapat melepaskan fluoride yang membantu mencegah pembentukan kerusakan gigi baru serta melindungi gigi dari kerusakan.

Candidate

Perawatan Penambalan Gigi dapat dilakukan oleh pasien dengan ciri-ciri sebagai berikut ini.

  • Calon pasien dengan permasalahan gigi yang rusak
  • Calon pasien dengan kondisi gigi berlubang
  • Calon pasien dengan kondisi gigi patah
  • Calon pasien dengan kondisi gigi tidak normal

Duration

Perawatan ini memakan waktu lebih dari 30 hingga 45 menit.

Downtime

Re-Treatment : ± 3 – 6 bulan

Downtime : ± 1 – 2 hari (minimal downtime)

Plasthetic Clinic adalah pilihan yang tepat dalam hal ini. Klinik kecantikan ini tidak hanya menawarkan perawatan kecantikan estetika dan bedah, tetapi Plasthetic Clinic Cabang Aceh juga menyediakan layanan perawatan dental, termasuk penanganan tambal gigi oleh dokter gigi yang berpengalaman dalam bidang ini. So? What are u waiting for, Teman Plasthetic? Langsung kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Aceh ya!

Risk of Complications

Our Doctor

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!

[show_faq_sp_old]

Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.