Scaling

Scaling

Scaling gigi adalah prosedur untuk membersihkan gigi dari penumpukan tartar atau karang gigi yang terbentuk akibat plak yang menempel pada permukaan gigi. Ketika karang gigi menempel dan tidak dihilangkan, gigi akan tampak kusam dan berubah menjadi warna coklat. Karang gigi yang telah mengeras juga seringkali sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, penting untuk menjalani perawatan pengangkatan karang gigi.

Prosedur Scaling gigi bertujuan untuk membersihkan karang gigi yang telah mengeras. Selama proses Scaling, mungkin akan terjadi perdarahan pada gusi yang biasanya terasa nyeri dan bengkak. Namun, perlu diingat bahwa selama prosedur Scaling berlangsung, dokter akan menjaga agar gigi dan gusi Anda tetap dalam kondisi yang sesuai.

Procedure Purpose

Perawatan Scaling dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan gigi, termasuk:

  • Menjaga kesehatan gusi
  • Mengatasi masalah bau mulut
  • Membuat warna gigi tampak lebih cerah
  • Mengurangi risiko gigi menjadi goyang atau copot
  • Menghindari potensi risiko penyakit lain pada mulut

Risiko Melakukan Prosedur Scaling Gigi

Meskipun demikian, ada beberapa risiko yang terkait dengan prosedur Scaling gigi yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Masalah pada gigi
  • Potensi terjadinya gingivitis
  • Potensi terjadinya periodontitis

Prosedur Scaling Gigi Apa Saja?

Prosedur Scaling gigi melibatkan beberapa tahapan, seperti scaling subgingival yang bertujuan untuk menghilangkan kerak gigi di antara gusi dan dasar mahkota gigi. Dokter akan menggunakan alat seperti ultrasonic scaler dan scaler manual untuk membersihkan plak dan karang gigi yang sulit dijangkau. Selanjutnya, area gigi dan gusi akan dibersihkan untuk menghilangkan bakteri yang masih tersisa. Pasien juga akan diminta untuk berkumur beberapa kali. Biasanya, prosedur ini diakhiri dengan polishing gigi untuk menghilangkan noda yang disebabkan oleh karang gigi.

Candidate

Perawatan Scaling dapat dilakukan oleh pasien dengan ciri-ciri sebagai berikut ini.

  • Calon pasien dengan permasalahan pada gusi
  • Calon pasien dengan begitu banyak karies/karang pada gigi
  • Calon pasien dengan warna gigi yang kuning

Duration

Perawatan Scaling umumnya dilakukan dengan waktu kurang lebih 30 hingga 120 menit.

Downtime

Re-Treatment : ± 3 – 6 bulan

Downtime :  Tidak ada downtime

Plasthetic Clinic adalah pilihan yang tepat untuk keperluan ini. Klinik kecantikan ini tidak hanya menawarkan perawatan kecantikan estetika dan bedah, tetapi Plasthetic Clinic Cabang Aceh juga menyediakan perawatan dental, termasuk perawatan Scaling. So? What are u waiting for, Teman Plasthetic? Segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Aceh ya!

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!

[show_faq_sp_old]

FAQ

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.