Labiaplasty Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

labiaplasty-adalah

Labiaplasty Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Labiaplasty adalah prosedur operasi bedah plastik yang dapat merekonstruksi atau memperbaiki bentuk labia atau bibir vagina. Prosedur bedah plastik labiaplasty memiliki tujuan untuk memperbaiki vagina ke bentuk normal atau mempercantik tampilan vagina dan sangat aman untuk dilakukan.

Sesuai namanya, prosedur operasi vagina atau labiaplasty ini dilakukan pada bagian dalam labia atau yang disebut sebagai labia miora dan bagian luar labia, yaitu pada lipatan kulit di area vulva atau bibir vagina. Lantas mengapa area vagina ini perlu diberikan perhatian eksta untuk merawatnya?

3 Alasan Kamu Harus Merawat Bibir Vagina dan Area Lainnya dengan Baik

Vagina yang terawat bisa memengaruhi rasa percaya diri dan juga menjadi indikasi tingkat kesehatan seo rang wanita. Perawatn intim merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Berikut ini adalah beberapa asalan kamu harus merawat kesehatan bibir vagina dan area vagina lainnya.

1. Kesehatan Vagina itu Penting

Vagina merupakan salah satu organ atau bagian tubuh yang hanya dimiliki perempuan. Organ intim ini harus dijaga kesehatannya karena rentan terhadap risiko berbagai macam penyakit dan jamur karena vagina merupakan bagian tubuh yang lembab.

2. Alat Reproduksi

Vagina bukan hanya sekadar alat kelamin wanita, melainkan juga merupakan alat reproduksi wanita. Maka dari itu, menjaga kebersihan dan kesehatan vagina menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih saat melakukan hubungan seksual.

3. Meminimalisir Terjadinya Infeksi Vagina

Pada dasarnya, vagina merupakan organ yang memilki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Salah satu cara adalah dengan mengeluarkan cairan tidak berwarna dan tidak berbau. Namun kamu juga harus berhati-hati untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina karena organ ini rentan untuk mengalami infeksi.

Perlu untuk kita ketahui, perawatan organ intim atau vagina bisa dilakukan dengan cara berkonsultasi langsung dengan  dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui bagaimana perawatan yang tepat untuk area kewanitaan. Salah satunya, Labiaplasty!

Baca Juga: Kenali 3 Cara Merapatkan Selaput Dara di Klinik Kecantikan

Banner Plastic Surgeon

Operasi Vagina atau Labia Plasty Termasuk Rekomendasi Dokter di Klinik Kecantikan

Seperti yang Anda ketahui, Labiaplasty adalah salah satu prosedur perawatan medis area intim kewanitaan yang direkomendasikan di Plasthetic Clinic. Nah, apa manfaat dan tujuan dari perawatan yang satu ini?

Labiaplasty ini bertujuan untuk membuang jaringan yang berlebih dan mengencangkan ukuran labia minora (bibir vagina) dengan cara dijahit. Hasil yang didapatkan tentu akan maksimal dalam beberapa waktu.

Baca Juga: Miss V Rejuvenation: Pengertian, Prosedur, dan Manfaatnya

Alasan yang Tepat untuk Melakukan Prosedur Ini

Area kewanitaan atau miss v perlu diberikan perhatian lebih dan harus dirawat telaten. Hal ini karena miss v memegang peran penting seperti hal nya kesuburan, kepuasan seksual bersama pasangan, dan kemampuan wanita dalam mencapai orgasme.

Nah, apabila perawatan yang dilakukan kurang maksimal, maka seseorang bisa saja mengalami masalah. Misalkan rasa percaya diri yang menurun karena masalah pada area organ intim. Mungkin banyak diantara kamu yang lebih memilih macam-macam pengobatan  tradisional seperti jamu yang “katanya” berkhasiat membuat miss v terasa seperti perawan lagi.

Namun, apakah dengan mengonsumsi jamu dan obat-obatan tradisional hasilnya akan lebih instant? dan bagaimana jika pengaruh reaksi obat yang berlebihan di dalam tubuh kita suatu saat akan merusak sistem kerja tubuh? Apakah tidak menimbulkan buruk untuk kesehatan kita?

Maka dari itu, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah berkonsultasi ke dokter diklinik kecantikan mengenai ini. Dokter dapat menganalisa dan dapat memberikan pilihan treatment yang tepat untuk masalah kamu.

Baca Juga: Inilah 11 Cara Merawat Miss V Setelah Melahirkan Normal

Apa yang Perlu untuk Melakukan Labiaplasty?

Kandidat pasien yang perlu untuk menjalani tindakan Labiaplasty ini  adalah mereka yang kondisinya mencakup adanya abnormalitas di area labia miss v. Berikut ini kondisinya 

  • Atresia vagina, atau kondisi di mana wanita tidak memiliki saluran vagina
  • Agenesis Mullerian, adalah kondisi yang menyebabkan malformasi tuba falopi dan uterus.

Seperti Apa Prosedur Tindakannya?

Prosedur ini dapat dengan mudah ditemukan di klinik-klinik kecantikan, Salah satunya di Plasthetic Clinic Jakarta. Labiaplasty di Plasthetic Clinic dilakukan dengan cara pembedahan pada organ genital pada wanita untuk membuang kelebihan bibir vagina (labia minora) sehingga mengubah penampilan dari ukuran atau bentuknya agar terlihat lebih indah dan kencang. Setelah tindakan dan selama masa pemulihan, selalu kontrol dan konsultasikan langsung dengan Dokter Ahli Bedah di Plasthetic Clinic. Hasil maksimal akan langsung terasa setelah 2-3 minggu, atau setelah bengkak mereda. Tidak perlu khawatir, karena Labiaplasty adalah solusi  yang mampu meningkatkan kembali rasa percaya diri kamu.

Bagaimana Tips Perawatan Setelah Prosedur Labiaplasty?

Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada dokter bedah mengenai waktu yang tepat untuk kembali beraktivitas atau bekerja setelah menjalani operasi. Agar mendukung proses penyembuhan, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil oleh Anda, diantaranya:

  • Menjauhi aktivitas fisik berat atau olahraga serta menahan diri dari hubungan intim selama 4-6 minggu setelah menjalani operasi.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri dan antiinflamasi yang diresepkan oleh dokter atau yang tersedia tanpa resep jika diperlukan.
  • Menyertakan makanan tinggi serat dalam diet untuk mencegah sembelit, mengingat mengejan dapat membahayakan penyembuhan jahitan.
  • Memilih pakaian dalam dan luar yang longgar guna menghindari gesekan pada area bekas operasi.
  • Melakukan pembersihan jahitan secara teratur menggunakan air hangat tanpa sabun, terutama selama 1 minggu pertama pasca operasi.
  • Membersihkan luka operasi setelah buang air kecil atau buang air besar dengan hati-hati.
  • Menggunakan pembalut apabila ada sedikit keluarnya darah dari luka bekas sayatan.
  • Menerapkan kompres dingin jika terjadi pembengkakan pada luka sayatan.

Apa Risiko yang Dapat Dialami dalam Melakukan Labyaplasty?

Setiap melakukan jenis operasi apapun pasti akan ada risiko, termasuk labyaplasty terkait prosedurnya yang melibatkan organ seksual pada wanita. Risiko utama akibat operasi pembedahan ini memiliki efek seperti penurunan rasa sensitif pada vulva, mati rasa, kekeringan yang kronis, rasa nyeri atau munculnya jaringan parut.

Risiko lain yang dirasakan dalam operasi ini adalah adanya perdarahan, infeksi, hingga hematoma. Selain itu, apabila adanya perubahan secara derastis pada bagian vulva yang mana adanya pengurangan panjang labia maka akan menyebabkan kurangnya perlindungan di lubang vagina.

Sehingga orang yang ingin menjalani labyaplasty pastikan Anda mengetahui risikonya dan mengikuti arahan dokter untuk menangani risiko-risiko tersebut.

Untuk melakukan konsultasi, teman Plasthetic bisa langsung menghubungi nomor kami di sini atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai operasi labiaplasty di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

jenis-jenis-cleanser

9 Jenis-jenis Cleanser dan Fungsinya Untuk Kulit Wajah

Read More

Mengapa Perawatan Non-Invasive Menjadi Pilihan Banyak Orang? Penasaran? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Read More
persiapan pasien operasi

6 Persiapan Pasien Operasi yang Perlu Diperhatikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!