Kenali 3 Cara Merapatkan Selaput Dara di Klinik Kecantikan

cara-merapatkan-selaput-dara

Kenali 3 Cara Merapatkan Selaput Dara di Klinik Kecantikan

Di Tinjau oleh Dokter

Salah satu permasalahan yang umumnya dialami oleh wanita adalah kondisi selaput dara yang melebar atau robek. Selaput dara, yang dikenal juga dengan sebutan hymen, merupakan jaringan kulit sangat tipis yang menutupi sebagian kecil lubang vagina pada wanita. Kondisi selaput dara yang robek sebenarnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada kondisi kesehatan Anda. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi selaput dara yang robek, maka Anda bisa melakukan beberapa cara merapatkan selaput dara seperti di bawah ini.

Apa Saja Penyebab Selaput Dara Melebar?

Sebelum mengetahui cara merapatkan selaput dara, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan selaput dara melebar, berikut di antaranya.

1. Hubungan Seksual 

Jika Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual, maka akan besar kemungkinan selaput dara Anda mengalami pelebaran hingga robek, terlebih jika Anda melakukan hubungan seksual yang terlalu sering atau kasar. 

2. Olahraga

Kondisi selaput dara yang melebar juga dapat terjadi pada wanita yang sering melakukan aktivitas olahraga tertentu, di antaranya seperti olahraga bersepeda, berkuda, menari, senam gymnastic, dan jenis olahraga lainnya dengan gerakan kaki yang banyak. 

Hal ini dapat disebabkan karena banyaknya tekanan dan gesekan yang terjadi di area antara vagina dan perineum (anus). Selain menyebabkan selaput dara yang melebar dan robek, olahraga-olahraga tersebut juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada organ intim wanita. 

3. Trauma atau Cedera

Cedera pada organ intim wanita yang diakibatkan oleh pukulan, benturan, atau kecelakaan nyatanya juga bisa menyebabkan selaput dara mengalami pelebaran dan robek. Kondisi satu ini umumnya ditandai dengan keluarnya bercak darah bersamaan dengan rasa sakit saat buang air kecil. 

4. Penggunaan Tampon dan Menstrual Cup

Saat ini, penggunaan tampon dan menstrual cup sebagai alternatif pembalut bukanlah hal yang asing di kalangan wanita. Tampon dan menstrual cup sendiri merupakan alat yang dapat digunakan oleh wanita saat jadwal menstruasi tiba. 

Namun, penggunaan tampon dan menstrual cup nyatanya dapat menjadi salah satu penyebab selaput dara Anda mengalami kondisi yang melebar dan robek. Ini mungkin terjadi ketika ketika Anda memasukkan tampon dan menstrual cup terlalu dalam, yang dapat menyebabkan selaput dara mengalami pelebaran dan robek. 

5. Tindakan Medis

Terkadang, akan ada situasi di mana Anda perlu menjalani pemeriksaan tubuh secara menyeluruh, termasuk organ intim, guna mendeteksi kemungkinan masalah kesehatan khusus pada wanita.

Pemeriksaan organ reproduksi wanita dengan menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam vagina dapat menjadi salah satu penyebab selaput dara Anda mengalami pelebaran dan robek. 

Selain alat medis, beberapa benda yang sengaja dimasukkan ke dalam organ intim juga dapat menyebabkan robeknya selaput dara. 

Baca Juga: Miss V Rejuvenation: Pengertian, Prosedur, dan Manfaatnya

Bagaimana Cara Merapatkan Selaput Dara?

Kondisi selaput dara yang melebar atau robek sebenarnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada kesehatan Anda. Namun, jika kondisi satu ini dapat mengganggu Anda, maka Anda bisa melakukan cara merapatkan selaput dara melalui prosedur berikut ini.

1. Hymenoplasty

Hymenoplasty merupakan prosedur operasi yang memiliki tujuan untuk merapatkan kembali selaput dara yang terdapat di bibir vagina menggunakan jahitan. Jahitan yang diterapkan pada prosedur Hymenoplasty adalah jenis jahitan yang dapat larut, sehingga secara kasatmata tidak akan terlihat dan tidak perlu dilepas saat pasca operasi. 

2. Vaginoplasty

Selain prosedur Hymenoplasty, terdapat juga prosedur operasi Vaginoplasty yang memiliki tujuan dalam menyatukan kembali otot-otot vagina yang terlepas. 

Banner Plastic Surgeon

3. Vaginal Tight

Selain prosedur operasi, terdapat juga prosedur perawatan yang dapat membantu Anda dalam merapatkan selaput dara yang melebar atau robek, yaitu perawatan Vaginal Tight yang memiliki tujuan dalam mengencangkan otot-otot vagina. 

Baca Juga: Labiaplasty Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

Rekomendasi Prosedur Operasi Merapatkan Selaput Dara dari Plasthetic Clinic

Rekomendasi Prosedur Operasi Merapatkan Selaput Dara
Source: freepik.com

Jika Anda memiliki pertimbangan untuk melakukan prosedur operasi merapatkan selaput dara, maka Anda bisa melakukannya di Plasthetic Clinic. Karena kami menawarkan berbagai prosedur yang dapat membantu Anda dalam merapatkan selaput dara dengan aman dan efektif, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Hymenoplasty

Hymenoplasty merupakan prosedur operasi yang bertujuan menyatukan kembali kondisi selaput dara yang robek. Prosedur satu ini akan dilakukan dengan mengambil sisa selaput dara yang terdapat di dinding vagina, lalu akan disatukan kembali dengan jahitan khusus yang tidak kasatmata. 

2. Vaginoplasty

Vaginoplasty merupakan prosedur bedah yang memiliki tujuan untuk menyatukan kembali otot-otot vagina yang terlepas. Meskipun Vaginoplasty bukan prosedur khusus untuk merapatkan selaput dara, namun, prosedur satu ini dapat membantu Anda dalam mengembalikan kekencangan pada daerah genital.

Baca Juga: Kenali 6 Cara Mengencangkan Miss V yang Mulai Kendur

3. Vaginal Tight

Jika Anda tidak ingin melakukan prosedur bedah, maka Anda bisa melakukan prosedur Vaginal Tight. Vaginal Tight sendiri merupakan prosedur estetika yang bertujuan untuk mengencangkan otot vagina. Seperti prosedur Vaginoplasty, prosedur ini juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kekencangan pada daerah vagina secara keseluruhan. 

Vaginal Tight adalah salah satu metode perawatan yang memanfaatkan teknologi HIFU. Langkah awal dari proses ini adalah dengan mengukur tekanan di dalam area Miss V terlebih dahulu. Apabila tekanan pada vagina kurang dari 100, maka perlu dilakukan terapi melalui perawatan Vaginal Tight

Itulah informasi mengenai cara merapatkan selaput dara yang dapat Anda ketahui. Jika Anda berencana melakukan prosedur merapatkan selaput dara, maka pastikan bagi Anda untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu agar Anda dapat mengetahui prosedur apa yang sesuai dengan kondisi yang Anda miliki. Selain itu, proses konsultasi juga dapat membantu Anda dalam mengetahui risiko dan efek samping yang mungkin muncul setelah prosedur berlangsung.

Untuk melakukan konsultasi, teman Plasthetic bisa langsung menghubungi tim kami di sini. Teman Plasthetic tidak perlu khawatir untuk melakukan konsultasi terkait prosedur merapatkan selaput dara, karena Plasthetic Clinic dilengkapi dengan dokter wanita yang kompeten dan ahli dibidangnya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengunjungi Plasthetic Clinic Cabang Semarang guna menjaga kesehatan Anda dan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam berpenampilan. Jangan lewatkan juga promo-promo menarik yang sudah kami siapkan untuk Anda di Plasthetic Clinic Cabang Semarang!

Semoga informasi mengenai cara merapatkan selaput dara di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadinya perbedaan dari segi proses, risiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu. Maka dari itu, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. 

Sources:

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Rekomendasi Perawatan Mengatasi Jerawat yang Gatal

Kenali Macam-Macam Jerawat dan Cari Tahu Cara Menaganinya

Read More
apa-itu-pdt

Apa Itu PDT? Kenali Prosedur, Manfaat, beserta Efek Sampingnya

Read More
ciri-ciri-penuaan-dini

Kenali Ciri-Ciri Penuaan Dini Agar Dapat Dicegah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!