6 Penyebab Alis Tidak Simetris serta Cara Memperbaikinya

penyebab alis tidak simetris

6 Penyebab Alis Tidak Simetris serta Cara Memperbaikinya

Di Tinjau oleh Dokter

Alis yang simetris sering kali dianggap sebagai salah satu standar kecantikan wajah yang ideal. Namun, kenyataannya, tidak semua orang memiliki alis yang simetris, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Meskipun tidak berdampak pada kesehatan mata, memiliki alis yang tidak simetris sering kali membuat individu merasa kurang percaya diri. Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memahami apa saja penyebab alis tidak simetris dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Saja Penyebab Alis Tidak Simetris?

Alis yang tidak simetris dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor alami, gaya hidup, hingga kondisi medis. Berikut adalah beberapa penyebab alis tidak simetris yang perlu Anda ketahui.

1. Faktor Genetik

Genetika merupakan salah satu penyebab utama dari bentuk, posisi, ketebalan, dan lengkungan alis setiap individu. Faktor genetik ini dipengaruhi oleh gen yang diwariskan dari orang tua kepada keturunannya. Jika orang tua atau anggota keluarga Anda memiliki bentuk alis yang tidak simetris, kemungkinan besar Anda juga akan memiliki ciri yang serupa. Hal ini juga disebutkan dalam jurnal Plos Genetic, bahwa karakteristik rambut dan ketebalan alis setiap individu sebagian besar akan dipengaruhi oleh faktor genetik.

2. Penuaan atau Aging

Seiring bertambahnya usia, perubahan pada kulit dan struktur tulang wajah dapat menyebabkan alis menjadi tidak simetris. Kulit yang mengendur akibat proses penuaan ini dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus dan kerutan yang memengaruhi penampilan alis. Hal ini dapat mengakibatkan alis terlihat berbeda antara satu sisi dengan sisi yang lainnya.

Baca Juga: Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

3. Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Penyebab alis tidak simetris juga bisa terjadi karena adanya kondisi medis khusus, salah satunya adalah frontal fibrosing alopecia (FFA). FFA sendiri merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut di bagian depan dan samping kulit kepala, yang juga bisa memengaruhi bentuk alis. Kondisi frontal fibrosing alopecia ini umumnya dipicu oleh faktor hormonal, genetik, atau penyakit autoimun. 

Menurut American Academy of Dermatology Association, sekitar 80% hingga 95% wanita yang didiagnosis menderita FFA mengalami kerontokan rambut pada salah satu bagian atau keseluruhan alis. Kondisi ini dapat dikenali melalui beberapa gejala, seperti munculnya hiperpigmentasi, rasa nyeri pada kulit kepala, dan gatal-gatal pada kulit.

4. Efek Samping Suntik Botox

Botox merupakan tindakan perawatan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan dan mengatasi masalah medis di berbagai bagian wajah, termasuk di area alis. Salah satu dampak yang mungkin terjadi setelah prosedur ini adalah ketidaksimetrisan alis dan kecenderungan alis untuk naik ke satu sisi.

Suntik botox yang tidak merata atau dilakukan oleh praktisi yang kurang berpengalaman dapat mengakibatkan ketidaksimetrisan alis. Ini terjadi ketika botox tidak tersebar dengan baik di area target, sehingga menghasilkan relaksasi otot yang tidak konsisten di wajah.

5. Sering Mencukur Alis

Kebiasaan mencukur atau mencabut alis dengan teknik yang tidak tepat dapat menyebabkan alis tumbuh kembali dengan bentuk yang tidak simetris. Kesalahan dalam mencabut atau mencukur alis juga dapat menyebabkan trauma pada folikel rambut, yang membuat pertumbuhan rambut alis menjadi sulit.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Cara Menghilangkan Kelopak Mata Terlipat

6. Tidur dengan Posisi Miring

Tidur dalam posisi miring juga bisa mengakibatkan alis menjadi tidak simetris, karena salah satu sisi wajah menerima tekanan yang berlebihan dan tidak merata. Tekanan yang berlangsung secara terus-menerus ini dapat mengakibatkan perubahan pada kulit dan otot wajah di satu sisi, yang mungkin berdampak pada ketidaksimetrisan alis.

Bagaimana Cara Mengatasi Alis Tidak Simetris?

Memiliki alis yang tidak simetris terkadang menjadi tantangan tersendiri, namun terdapat beberapa cara untuk menyamarkan tampilan alis tidak simetris yang bisa Anda terapkan, berikut di antaranya. 

1. Teknik Makeup

Makeup merupakan salah satu cara yang paling cepat dan praktis untuk menyamarkan ketidaksimetrisan alis. Anda dapat menggunakan pensil alis atau pomade alis untuk mengisi bagian-bagian alis yang lebih tipis atau kurang simetris. 

Mulailah dengan menarik garis di bawah alis untuk menentukan bentuknya, kemudian isi bagian atas dan tengah dengan lembut menggunakan produk yang sesuai dengan warna alis Anda. Untuk menciptakan tampilan alis yang lebih natural, Anda bisa menggunakan spoolie atau kuas alis untuk menyisir dan menyebarkan warna secara merata.

2. Perawatan Alis

Menggunakan serum alis sebagai bagian dari perawatan alis telah menjadi salah satu metode yang efektif dalam menciptakan tampilan alis yang lebih simetris dan tebal secara alami.

Serum alis sendiri dirancang khusus dengan formula yang mengandung bahan-bahan pelembap, nutrisi, dan terkadang bahan aktif yang merangsang pertumbuhan rambut. Penggunaan serum alis dapat membantu memperkuat folikel rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru, dan mencegah kerontokan, sehingga secara bertahap membuat alis terlihat lebih penuh dan simetris.

Baca Juga: Berapa Biaya Operasi Blepharoplasty? Ini Rincian Harganya!

3. Merapikan Alis di Salon Kecantikan

Mengunjungi salon kecantikan untuk merapikan alis juga merupakan solusi praktis untuk mendapatkan alis yang lebih simetris. Para profesional kecantikan dapat membantu membentuk alis Anda dengan menggunakan teknik waxing, threading, atau pinset sesuai dengan bentuk wajah dan preferensi Anda.

Banner Plasthetic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Memperbaiki Alis Tidak Simetris dari Plasthetic Clinic

Memiliki alis yang tidak simetris seringkali dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang. Untuk solusi jangka panjang, Plasthetic Clinic menawarkan prosedur Brow Lift. Prosedur ini bertujuan untuk mengangkat atau memperbaiki posisi alis yang terlihat turun, cocok bagi individu yang mengalami kekenduran, penurunan, atau ketidaksimetrisan pada alis. 

Terdapat beberapa metode brow lift yang akan disesuaikan dengan kondisi yang Anda miliki, sehingga Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Proses konsultasi ini juga berguna bagi Anda untuk mengetahui risiko dan efek samping apa saja yang mungkin terjadi setelah prosedur berlangsung. Sebab, setiap tindakan yang akan Anda jalani memiliki risiko dan efek samping yang berbeda. 

Untuk melakukan konsultasi, Anda dapat menghubungi tim kami di sini, atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga  informasi mengenai penyebab alis tidak simetris di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Putri Rezkini, Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

solusi gigi ompong di usia muda

3 Solusi Gigi Ompong di Usia Muda dengan Tepat

Read More
proses perawatan saluran akar gigi

Pahami Proses Perawatan Saluran Akar Gigi

Read More
perbedaan plak dan karang gigi

Ini Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!