Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

brow lift adalah

Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Mata adalah salah satu bagian wajah yang paling menonjol dan menjadi pusat perhatian. Namun, apa yang terjadi ketika alis mata Anda turun atau keriput pada dahi mulai terlihat? Hal ini dapat membuat Anda terlihat lebih tua atau bahkan terlihat tidak bersemangat. Namun, jangan khawatir, ada solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan melakukan prosedur brow lift. Simak selengkapnya!

Apa Itu Brow Lift?

Brow lift adalah prosedur operasi kosmetik yang bertujuan mengangkat jaringan alis dan merapikan kulit pada dahi. Proses brow lift atau sulam alis dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti endoskopi, metode tradisional, maupun teknik kombinasi, tergantung pada kondisi pasien dan preferensi dokter. Tujuan dan manfaat dari prosedur ini adalah untuk mendapatkan wajah yang lebih awet muda, segar, dan ceria.

Brow lift juga bisa dilakukan secara bersamaan dengan prosedur kecantikan lain seperti face lift, neck lift, skin resurfacing, dan operasi kelopak mata.

Baca Juga: Mengenal 3 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles pada Wajah

Apa Saja Manfaat Melakukan Brow Lift?

Selain tujuan dan manfaat yang sudah dijelaskan diatas, berikut ini adalah beberapa tujuan melakukan prosedur brow lift, seperti:

1. Mengangkat Alis

Salah satu manfaat utama dari melakukan prosedur brow lift adalah untuk mengangkat dan merapikan tampilan alis Anda ke posisi yang lebih tinggi. Hal ini dapat membuat wajah Anda terlihat lebih ceria dan terhindar dari kesan wajah yang letih atau murung.

2. Merapikan Kulit Dahi

Prosedur brow lift juga dapat membantu mengoreksi arah helaian alis dan merapikan kulit dahi Anda. Pada umumnya, kulit dahi menjadi kendur seiring bertambahnya usia. Brow lift akan membantu mengencangkan kulit pada dahi sehingga terlihat lebih halus dan kencang.

3. Membantu Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan pada Dahi

Garukan dan kerutan pada dahi seringkali menunjukkan tanda-tanda penuaan. Dengan melakukan prosedur brow lift, garis halus dan kerutan pada dahi dapat dihilangkan sehingga wajah Anda terlihat lebih muda dan fresh.

4. Meningkatkan Percaya Diri

Setelah menjalani prosedur brow lift, Anda mungkin akan merasa lebih percaya diri dengan penampilan wajah yang baru. Penampilan yang lebih segar dan ceria dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam berinteraksi dengan orang lain.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Terakhir, manfaat dari melakukan prosedur brow lift adalah dapat meningkatkan kualitas hidup. Dengan memiliki penampilan yang lebih baik, Anda mungkin akan merasa lebih senang dan bahagia dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Siapa Saja yang Membutuhkan Prosedur Brow Lift?

Operasi brow lift pengangkatan alis adalah salah satu prosedur kosmetik yang bersifat pilihan dan tidak diharuskan. Anda dapat mempertimbangkan tindakan ini jika ingin memperbaiki penampilan akibat kulit di sekitar alis yang mengendur atau ingin menyempurnakan alis yang tidak simetris.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Apa Saja Persiapan Sebelum Melakukan Brow Lift?

Langkah pertama dalam prosedur brow lift adalah dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan Anda diberikan waktu untuk konsultasi mengenai hasil yang diinginkan terkait bentuk alis atau dahi, serta potensi risiko yang mungkin terjadi.

Selain itu, dokter biasanya akan memberikan beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum menjalani prosedur brow lift, diantaranya seperti:

  1. Berhenti merokok selama masa pemulihan, karena merokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan menghambat proses penyembuhan.
  2. Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin, obat antiinflamasi, atau suplemen herbal karena mampu meningkatkan risiko perdarahan.
  3. Meminta pendampingan dari orang lain selama masa pemulihan dan meninggalkan rumah sakit. Hal ini karena Anda akan diberi obat bius, sehingga berbahaya apabila Anda pulang sendirian.

Apa Saja Prosedur Melakukan Brow Lift?

prosedur melakukan brow lift

Source: freepik.com

Prosedur brow lift ini dapat dilakukan dengan beberapa teknik, termasuk endoskopi dan teknik tradisional, tergantung pada kondisi pasien dan preferensi dokter. Dalam teknik endoskopi, dokter akan membuat beberapa sayatan kecil pada kulit kepala dan memasukkan instrumen kecil yang disebut endoskop untuk memperbaiki posisi alis dan kulit yang kendur. Sedangkan pada teknik tradisional, dokter akan membuat sayatan di atas garis rambut untuk menghilangkan kulit yang kendur dan mengangkat alis ke posisi yang lebih tinggi. Dan pada teknik kombinasi, gabungan dari teknik endoskopi dan tradisional akan digunakan, tergantung pada kasus pasien.

Setelah prosedur selesai, dokter akan membantu menghapus jahitan dan memeriksa hasil operasi untuk memastikan penampilan alis dan kulit dahi terlihat seimbang dan alami. Pasien biasanya akan merasa sedikit tidak nyaman setelah prosedur, tetapi rasa sakit dapat dikurangi dengan obat penghilang rasa sakit. Pasien juga harus menghindari aktivitas fisik berat selama beberapa minggu setelah operasi untuk memastikan pemulihan yang baik dan menjaga hasil naturan yang dihasilkan pada alis.

Banner Plastic Surgeon

Bagaimana Perawatan Setelah Melakukan Brow Lift?

Proses pemulihan pasca operasi brow lift dapat bervariasi bagi setiap individu, namun umumnya membutuhkan waktu 2 hingga 4 minggu untuk dapat kembali beraktivitas normal.

Menurut informasi dari situs American Board of Cosmetic Surgery, berikut adalah langkah-langkah pemulihan setelah menjalani operasi brow lift:

  1. 1-2 hari setelah operasi: Anda diperbolehkan mandi, namun hindari menggosok area sayatan secara keras.
  2. 1 minggu setelah operasi: Anda dapat melakukan banyak aktivitas, tetapi disarankan untuk membatasi gerakan tubuh, terutama wajah.
  3. 1-2 minggu setelah operasi: Anda diizinkan untuk mengemudi dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.
  4. 2-4 minggu setelah operasi: Anda sudah dapat kembali melakukan aktivitas normal dan berolahraga.

Hasil dari prosedur brow lift biasanya mulai terlihat dalam waktu kurang lebih enam bulan, ketika tubuh telah pulih sepenuhnya.

Apa Saja Efek Samping Melakukan Brow Lift?

Seperti pada setiap prosedur bedah kosmetik lainya, meski perawatan ini telah menggunakan bahan alami berstandar Internasional sehingga aman diaplikasikan untuk semua kalangan, brow lift juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Beberapa efek samping yang umum terjadi adalah adalah sebagai berikut:

  1. Bengkak
  2. Memar
  3. Rasa sakit
  4. Kesulitan menggerakkan wajah selama beberapa waktu setelah operasi
  5. Posisi alis yang tidak simetris
  6. Bekas luka
  7. Rambut rontok

Namun, efek samping ini seharusnya tidak berlangsung lama dan akan semakin membaik seiring waktu.

Baca Juga: Ketahui Efek Tanam Benang yang Bermanfaat untuk Kulit Wajah

Alhasil, brow lift adalah metode yang efektif untuk meningkatkan penampilan wajah dan membantu seseorang tampil lebih muda dan segar. Namun, sebelum menjalani prosedur ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mempertimbangkan risiko dan manfaat sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat bagi kesehatan dan penampilan Anda. Untuk itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di Plasthetic Clinic untuk melakukan prosedur ini.

Plasthetic Clinic sudah terbukti berpengalaman dalam melakukan berbagai perawatan mulai dari dental, aesthetic, dan surgery. Hingga saat ini Plasthetic Clinic sudah berhasil membuka 3 Cabang yaitu di Bendungan Hilir, Alam Sutera dan Banda Aceh serta akan kembali membuka cabang ke 4 di Kota Semarang.

Jangan lewatkan momen spesial ini! Bergabunglah bersama kami dalam merayakan Grand Opening Plasthetic Clinic Cabang Semarang yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Nikmati penawaran menarik dan diskon khusus untuk pembukaan Plasthetic Clinic Cabang Semarang. Jadilah salah satu dari orang-orang pertama yang mencoba fasilitas dan layanan kami yang baru. See You There!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life.

Di Review Oleh:

dr. Vania Aramita Sari Sp.BP-RE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Ketahui 5 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Read More

Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Read More

Mengenal Penanganan Operasi Bibir Sumbing Pada Bayi

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!