Apa Itu Bedah Plastik? Pengertian dan Fakta Menarik Mengenai Bedah Plastik

Apa Itu Bedah Plastik? Pengertian dan Fakta Menarik Mengenai Bedah Plastik

Di Tinjau oleh Dokter

Saat ini perkembangan teknologi di dunia kedokteran dan kecantikan semakin maju dengan pesat. Semakin banyak juga opsi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki dan mempercantik diri. Salah satu contoh untuk mempercantik diri adalah dengan melakukan bedah plastik estetika di banyak Klinik Kecantikan berkualitas di Indonesia. Bedah plastik dilakukan untuk memperbaiki jaringan kulit atau tubuh yang rusak atau cacat, akibat kondisi tertentu. Seperti, luka bakar, kecelakaan, pengangkatan tumor, dan penyakit bawaan.

Lantas, apakah kamu salah satu yang juga tertarik melakukan tindakan bedah plastik di Klinik Kecantikan? Sebelum itu, yuk kita bahas mengenai apa itu bedah plastik estetik dan pelajari fakta-fakta menarik prosedur bedah plastik dan kosmetik pada artikel berikut. Check this out!

Apa itu Bedah Plastik?

Bedah plastikmerupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran. Dalam dunia estetika wajah, bedah plastik juga menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin melakukan perbaikan pada wajah. Lantas, apa aja sih fakta menarik mengenai bedah plastik itu?

Apa Saja Fakta Menarik Mengenai Bedah Plastik. Apa Sajakah Itu?

Seiring berjalannya waktu, bedah plastik estetika menjadi salah satu alternatif di dunia kecantikan bagi mereka yang ingin memperbaiki struktur wajah mereka. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai bedah plastik estetik.

1. Prosedur Bedah sudah pasti meninggalkan bekas jahitan

Seluruh tindakan dan proseduryang melibatkan proses pembedahan, termasuk tindakan bedah plastik estetik yang dilakukan oleh Dokter spesialis bedah plastik, sudah pasti akan meninggalkan yang namanya bekas jahitan pasca operasi. Meskipun faktanya seperti itu, di luar sana juga masih banyak tenaga dokter bedah plastik berkompeten yang paham betul mengenai teknik dalam menyembunyikan bekas jahitan pasca operasi.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Perawatan Medis

2. Liposuction, atau Sedot Lemak Tidak Akan Bisa Memudarkan Selulit Tubuh

Tindakan bedah plastik, seperti operasi liposuction atau sedot lemak memang memiliki manfaat yang bisa membasmi lemak-lemak di tubuh yang mana dapat menyumbat pembuluh darah dan membuat tubuh menjadi nampak lebih ramping. Akan tetapi, sudah tahu kah kamu kalau prosedur ini tidak diperuntukkan untuk mengatasi yang namanya selulit? Alasannya bisa dipengaruhi karena jumlah lemak yang disedot keluar juga berdampak pada tekstur atau permukaan kulit kita.

3. Prosedur Bedah Plastik bukan Hanya dilakukan untuk bagian wajah Saja! Prosedur khusus area intim juga ada, lho!

Mungkin yang sering kamu ketahui bahwa prosedur bedah plastik adalah hanya untuk keperluan kecantikan ruang lingkup wajah seperti rhinoplasty (operasi hidung), lip reduction (pengecilan bibir), belaphoraplasty (operasi kelopak mata), breast augmentation, dan jowl lift (pengangkatan daerah dagu). Namun ternyata prosedur ini memiliki cakupan yang sangat luas. Misalkan, prosedur operasi area intim. Meskipun terdengar kurang lazim, prosedur-prosedur tersebut memang ada di beberapa klinik-klinik kecantikan. Termasuk di Indonesia. Diantaranya ada operasi selaput dara vaginoplasty untuk mengencangkan kembali vagina, dan labiaplasty untuk mengoreksi bentuk labia minor atau labia mayor.

Baca Juga: Apa Itu Purging dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

4. Prosedur Rekonstruksi Bedah Kosmetik ternyata lebih diminati oleh kebanyakan kaum pria

Prosedur bedah plastik rekonstruksi yang dilakukan untuk mempercantik diri, ternyata tidak hanya dilakukan oleh kaum hawa saja. Berdasarkan data yang diperoleh dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery, diperkirakan pada tahun 1997 sampai dengan 2014 tercatat pria yang melakukan operasi bedah plastik rekonstruksi naik sebanyak 273 persen, lho. Bahkan dalam tujuh tahun terakhir, jumlah ini justru mengalami kenaikan sampai dengan 43 persen.

Banner Plastic Surgeon

Bagaimana Kondisi yang Memerlukan Penanganan Bedah Plastik?

Walaupun tindakan bedah plastik cenderung dihubungkan dengan perubahan bentuk tubuh supaya terlihat lebih menarik, namun tak semua tindakan bedah plastik dilakukan untuk sebatas hal tersebut saja. Orang yang memiliki beberapa kondisi medis tertentu yang memerlukan penanganan bedah plastik adalah sebagai berikut:

  • Orang yang memiliki risiko Kanker, seperti kanker kulit dan kanker payudara.
  • Luka bakar yang bersifat berat.
  • Adanya bekas luka yang mengganggu fungsi dan penampilan tubuh.
  • Kelainan turunan sejak lahir, seperti bibir sumbing.
  • Cedera pada bagian tubuh tertentu yang rusak atau cacat.
  • Perbaikan jaringan tubuh atau kulit yang rusak akibat penagruh pengangkatan sel kanker.

Umumnya, dokter bedah plastik akan melakukan prosedur bedah untuk memperbaiki bentuk dan fungsi dari bagian tubuh yang rusak tersebut. Selain itu, dokter bedah plastik juga mampu mengubah bagian tubuh yang cacat agar dapat terlihat normal seperti semula.

Bagaimana Prosedur yang Dapat Dilakukan oleh Dokter Bedah Plastik?

Terdapat beberapa prosedur bedah yang umumnya dilakukan oleh dokter bedah plastik, diantaranya sebagai berikut:

1. Prosedur Peregangan Jaringan Kulit (Tissue Expansion)

Prosedur pertama dari bedah plastik adalah dengan melakukan peregangan jaringan kulit, yang berguna merangsang tubuh untuk memproduksi jaringan kulit baru secara cepat. Jaringan kulit yang baru tumbuh tersebut kemudian dipakai untuk memperbaiki bagian tubuh yang rusak atau cacat.

2. Prosedur Cangkok Kulit

Prosedur kedua dari bedah plastik adalah cangkok kulit yang dilakukan dengan cara mengambil sebagian jaringan kulit yang sehat, lalu memindahkannya ke area tubuh yang rusak atau cacat.

3. Prosedur Flap Surgery

Prosedur ketiga dari bedah plastik adalah flap surgery yang mirip seperti prosedur cangkok kulit. Akan tetapi flap surgery mengambil jaringan kulit dari bagian tubuh lain dan juga pada pembuluh darah, lalu dipindahkan ke bagian kulit yang rusak.

4. Prosedur Microsurgery

Prosedur keempat dari bedah plastik adalah microsurgery atau bedah mikro yang merupakan tindakan operasi bedah saraf dan memakai bantuan mikroskop khusus guna memperbaiki saraf pada jaringan tubuh yang mengalami cacat.

Apa Saja Syarat yang diperlukan untuk Menjalani Prosedur Bedah Plastik di Klinik Kecantikan? 

Nah, ada beberapa hal yang patut diingat. Sebelum kamu memutuskan untuk menjalani prosedur ini, ada baiknya kamu memperhatikan hal berikut

1. Tanyakan secara terperinci segala resiko yang mungkin timbul. Lihat foto-foto before-after dan hasil tindakannya

2. Tanyakan juga mengenai kemampuan dokter anestesi (ahli bius) yang akan menangani operasi, karena pada proses anestesi ini yang juga akan menentukan kelancaran dari prosedur dan rasa nyaman pasien selama operasi.

3. Meskipun dapat memberikan hasil yang permanen, tindakan operasi plastik tidak bisa untuk menghentikan proses penuaan. Namun, hanya menundanya

4. Selektif memilih klinik kecantikan yang memiliki tenaga dokter bedah plastik yang handal dan berpengalaman. Contohnya di Plasthetic Clinic

5. Jangan pernah melakukan operasi plastik di klinik bodong, atau klinik abal-abal. Contohnya seperti di salon-salon kecantikan, spa, apalagi ditangani oleh oknum yang bukan dokter.

Baca Juga: Mengenal Cuping Hidung Agar Bentuknya Mancung Ideal

Prosedur Operasi Plastik yang Aman dan Paling Lengkap, Hanya Ada di Plasthetic Clinic!

Fyi, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai operasi plastik di Indonesia, Plasthetic Clinic kini akan segera hadir di berbagai kota, salah satunya di Aceh! Tunggu apalagi? Dapatkan perawatan kecantikan terlengkap, mulai dari tindakan bedah plastik hingga berbagai perawatan estetik wajah dan tubuh yang bisa kamu pilih! Temukan solusi terbaik hanya di Plasthetic Clinic!

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Apa Itu Bedah Plastik? Pengertian dan Fakta Menarik Mengenai Bedah Plastik

Read More

Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Read More

Kenali Gejala Karies Gigi, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!