6 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Perawatan Medis

6 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Perawatan Medis

Di Tinjau oleh Dokter

Selulit sangat umum dan tidak berbahaya. Namun, munculnya selulit di permukaan kulit bisa menyebabkan seseorang merasa kesal, mengganggu penampilan, dan kehilangan rasa percaya diri. Oleh karena itu, ada banyak cara untuk menutupi dan menghilangkan selulit pada kulit. Lalu bagaimana cara menghilangkan selulit yang sebenarnya?

Selulit dapat muncul di banyak bagian tubuh seperti paha, perut, pinggul, dan bokong. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan lemak pada jaringan ikat. Lemak menumpuk di antara jaringan ikat yang menghubungkan kulit dan lapisan otot di bawahnya. Lemak yang terus menumpuk mendorong kulit ke atas sementara jaringan ikat terus menekan ke bawah. Ini menciptakan gelombang atau garis pada permukaan kulit.

Apa Itu Selulit?

Selulit atau cellulite merupakan guratan bentuknya menyerupai kulit jeruk dan umumnya muncul pada bagian paha, pinggul, lengan, bokong, serta perut. Pada kondisi yang lebih parah, selulit dapat membuat tampilan kulit terlihat bergelombang. Akan tetapi, selulit yang masih bersifat ringan hanya akan tampak bila kulit diatrik atau dicubit.

Apa Saja Penyebab Selulit di Paha?

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan Anda terkena selulit, yaitu:

1. Jenis Kelamin

Meski siapa pun bisa terkena, wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena selulit dibandingkan pria. Ini karena struktur jaringan ikat wanita yang lebih mudah diisi dengan lemak dan peregangan.

2. Hormon

Hormon ini merupakan salah satu penyebab selulit, lho. Hormon estrogen, insulin, tiroid, prolaktin, dan norepinefrin merupakan hormon yang berkontribusi terhadap perkembangan selulit. Pada wanita, hormon estrogen berperan dalam mengatur penyimpanan lemak tubuh yang dibutuhkan selama masa kehamilan serta persalinan. Hal ini menyebabkan lemak menumpuk secara alami di bokong, paha, payudara.

3. Genetik

Faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab selulit. Jika seseorang dalam keluarga Anda memiliki selulit, risiko Anda terkena selulit lebih tinggi. Ini karena genetika dan etnis menentukan metabolisme dan distribusi lemak.

4. Usia

Penuaan juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena selulit. Ini karena lapisan kulit menjadi lebih lemah, lebih tipis dan lebih mudah meregang seiring bertambahnya usia. Ini pada gilirannya dapat membuat selulit lebih mudah dan membuatnya lebih terlihat.

Selain penyebab selulit yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor lain yang bisa membuat selulit semakin parah. Namun, Anda mungkin dapat mengontrol faktor-faktor ini, seperti, perubahan berat badan yang drastis, pola makan yang buruk, kebiasaan merokok, kesehatan kulit yang terabaikan dan massa otot yang minim.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Betis dan Paha dengan Aman

Apa Saja Gejala Selulit di Paha? 

Sebelum seseorang mengalami selulit, kulit mungkin tampak tipis dan merah muda. Mungkin terasa sedikit gatal. Tanda pertama adalah lipatan kulit, garis yang bisa berwarna merah, ungu, merah muda, merah marun atau coklat tua, tergantung warna kulit Anda. Garis akan memudar dan halus, berubah menjadi keputihan seiring waktu. Area tubuh yang paling sering terkena selulit adalah: kulit perut, payudara, pinggul, pantat dan paha.

BS

Bagaimana Cara Menghilangkan Selulit di Paha?

Dalam kondisi ringan, selulit ini biasanya tidak akan terlalu terlihat. Sebaliknya, selulit yang sudah terlanjur terlihat jelas terlihat di permukaan kulit dan dapat merusak penampilan. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengurangi selulit dengan beberapa cara, antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan

Meski bukan disebabkan oleh berat badan, kenaikan berat badan sebenarnya menjadi salah satu penyebab selulit. Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal bisa menjadi salah satu cara menghilangkan selulit.

2. Gaya Hidup Sehat

Penurunan berat badan dapat dicapai dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, untuk itu dianjurkan untuk dapat memakan makanan yang sehat serta bergizi. Selain dapat menghilangkan selulit secara alami, hal ini juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Selain itu, ingatlah untuk banyak minum air putih agar jaringan ikat kulit menjadi lebih kuat dan lentur sehingga meminimalkan risiko selulit.

3. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan area selulit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selulit bisa terjadi akibat penumpukan lemak. Olahraga teratur dapat membantu membakar lemak dan menjaga tubuh Anda tetap bugar. Olahraga juga dapat membuat kulit lebih kencang sehingga mengurangi munculnya sel lemak di permukaan kulit.

4. Terapi Pijat

Anda juga bisa membantu mengurangi selulit dengan pijatan. Meski cara ini tidak memiliki efek jangka panjang, namun pijatan tersebut dikatakan berkontribusi pada peningkatan sirkulasi darah, yang mengurangi risiko selulit terutama pada bagian paha, dan mengencangkan kulit di area tersebut. Anda bisa memijat dengan menggunakan scrub yang mengandung kafein agar hasilnya lebih optimal.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Tidak heran jika para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk rutin minum air putih sekiranya 2 liter per hari. Hal itu dikarenakan, air putih tak hanya bermanfaat untuk menjamin tubuh tetap terhidrasi dengan baik, melainkan juga dapat membantu dalam mengurangi tampilan selulit di bagian tubuh.

Selain mampu mengeluarkan racun yang menjadi salah satu pemicu penumpukan lemak. Air putih juga bagus untuk memperlancar sirkulasi darah dan sistem limfatik di dalam tubuh Anda.

6. Perawatan di Klinik Kecantikan

Wah, sudah tidak bisa dipungkiri lagi memang melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk mengurangi selulit merupakan cara terbaik untuk Anda yang takut akan risiko dan ingin mendapatkan hasil yang instan, ya teman Plasthetic! Sepertinya, Plasthetic Clinic merupakan klinik yang cocok untuk Anda nih, dikarenakan di Plasthetic Clinic sudah menyediakan beberapa penawaran perawatan yang dapat Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan Anda, lho.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Mesotherapy

Rekomendasi Perawatan Menghilangkan Selulit di Paha Terbaik di Plasthetic

Berikut ini adalah rekomendasi Plasthetic Clinic untuk Anda dapat menghilangkan selulit ini, yaitu:

1. Liposuction Paha

Liposuction atau sedot lemak merupakan prosedur pembedahan untuk dapat menghilangkan jaringan lemak tubuh yang tidak diinginkan. Liposuction biasanya dilakukan untuk dapat mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, namun terkadang juga digunakan untuk mengobati kondisi medis tertentu. Sedot lemak atau Liposuction ini dapat menghilangkan lemak berlebih dari berbagai bagian tubuh. Umumnya pasien sedot lemak ingin menghilangkan lemak di leher, pipi, bawah dagu, paha,betis, perut serta lengan atas.

2. Body Tite

Body Tite merupakan prosedur non-bedah untuk dapat menyamarkan selulit pada tubuh yang tidak diinginkan. Body Tite ini dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, khususnya bagi pecinta bedah plastik yang masih takut dengan operasi. Dengan Body Tite kamu bisa membuang lemak berlebih dan membentuk tubuhmu lebih ideal di banyak area lho. Biasanya pasien yang menerima Body Tite ingin menghilangkan lemak dari pipi, leher, bawah dagu, lengan atas, perut, bokong, paha atau betis.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Cara Menghilangkan Keriput di Tangan

Selulit ini memang tidak berbahaya, namun kondisi ini bisa membuatnya terlihat buruk dan meresahkan bagi yang memilikinya, lho. Anda mungkin merasa tidak nyaman mengenakan celana jika memiliki selulit di paha. Karena itu, cara-cara diatas dapat Anda lakukan untuk dapat mengurangi risiko selulit. Serta, lakukan lah konsultasi dengan dokter dahulu agar Anda tidak salah cara dalam menghilangkan selulit ini.

Konsultasi dengan dokter juga akan membuat Anda minim dari risiko yang mungkin akan didapatkan. Untuk itu, yuk kunjungi Plasthetic Clinic sekarang untuk melakukan konsultasi atau melakukan perawatan selulit ini!

Di Review Oleh:

dr. Vania Aramita Sari, SpBPRE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

4 Macam-macam Operasi Hidung yang Harus Diketahui

Read More

Coolsculpting: Pengertian, Prosedur, dan Bedanya dengan Sedot Lemak

Read More

9 Fungsi Niacinamide Untuk Wajah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!