Berapa Biaya Operasi Tummy Tuck?

berapa-biaya-operasi-tummy-tuck

Berapa Biaya Operasi Tummy Tuck?

Di Tinjau oleh Dokter

Tummy tuck merupakan salah satu prosedur populer yang dilakukan dalam rangkaian mommy makeover. Meskipun sering dianggap sebagai prosedur kosmetik, tummy tuck juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani tindakan ini, Anda mungkin memiliki pertanyaan, seperti berapa biaya operasi tummy tuck? Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang apa itu tummy tuck dan berapa biaya yang terkait dengan prosedur ini.

Apa Itu Operasi Tummy Tuck?

Tummy tuck atau abdominoplasty adalah sebuah tindakan bedah yang bertujuan untuk menghilangkan kelebihan lemak dan kulit dari perut. Selain itu, prosedur tummy tuck juga bertujuan dalam mengembalikan kekuatan otot, sehingga membuat profil perut menjadi lebih mulus dan rata.

Umumnya, tummy tuck menjadi salah satu prosedur yang dipertimbangkan ketika perut atau abdomen mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penuaan, genetik, fluktuasi berat badan yang signifikan, pasca melahirkan, atau setelah menjalani operasi sebelumnya.

Namun, perlu diperhatikan, bahwa tummy tuck bukanlah prosedur yang ditujukan untuk mengurangi berat badan atau menggantikan latihan untuk mendapatkan perut rata. Fokus utamanya adalah menghilangkan kelebihan lemak dan kulit.

Selain bermanfaat dalam estetika, tummy tuck juga memiliki dampak positif dalam konteks kesehatan. Ini termasuk penanganan masalah inkontinensia urine, yang merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan mengendalikan keinginan untuk buang air kecil, serta penanganan hernia ventralis, yaitu tonjolan organ dalam pada dinding perut akibat kelemahan otot perut. 

Baca Juga: Kenapa Bekas Operasi Terasa Nyeri? Cari Tahu Penyebabnya!

Berapa Biaya Operasi Tummy Tuck?

Biaya tindakan tummy tuck dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut mencakup lokasi klinik atau rumah sakit, tingkat pengalaman dan reputasi ahli bedah, tingkat kompleksitas prosedur, serta biaya tambahan seperti biaya anestesi, perawatan pasca-operasi, dan biaya rawat inap di rumah sakit jika dibutuhkan. 

Secara umum, biaya tindakan tummy tuck di Indonesia berkisar antara puluhan hingga ratusan juta rupiah. Untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, disarankan untuk melakukan konsultasi langsung dengan klinik atau ahli kecantikan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan konsultasi secara online di Plasthetic Clinic, dengan biaya sebesar Rp250.000.

Apa Saja Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Operasi Tummy Tuck?

Sebelum menjalani operasi tummy tuck, ada beberapa langkah persiapan penting yang harus dilakukan oleh pasien untuk memastikan kelancaran prosedur dan mengurangi risiko komplikasi. Berikut ini adalah panduan mengenai persiapan yang diperlukan:

1. Konsultasi Awal

Melakukan konsultasi dengan dokter yang berkompeten menjadi langkah awal dan sangat penting sebelum menjalani tindakan tummy tuck. Pada tahap ini, Anda dapat mendiskusikan mengenai tujuan dan harapan Anda dari tindakan ini. Dokter yang merawat Anda juga akan mengevaluasi kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, membahas riwayat medis Anda, dan memberikan informasi tentang apa yang dapat Anda harapkan selama dan setelah operasi. Kesempatan ini juga dapat Anda gunakan untuk mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan segala kekhawatiran yang Anda miliki.

Baca Juga: Acne Scar: Pengertian, Mitos, Fakta, dan Cara Menanganinya

2. Tes Kesehatan

Setelah berkonsultasi, Anda akan diminta untuk menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan sebelum operasi untuk memastikan bahwa Anda dalam kondisi yang baik untuk menjalani prosedur tersebut. Pemeriksaan kesehatan ini dapat mencakup tes darah, elektrokardiogram (EKG), atau tes lain yang direkomendasikan oleh dokter Anda. 

Melakukan pemeriksaan kesehatan ini menjadi langkah yang penting untuk mengidentifikasi potensi masalah kesehatan yang dapat memengaruhi hasil operasi atau proses pemulihan Anda.

Baca Juga: Tummy Tuck: Kriteria, Prosedur dan Efek Sampingnya

3. Persiapan Fisik

Merawat kondisi fisik sebelum menjalani tindakan tummy tuck juga merupakan persiapan yang harus Anda lakukan. Jika Anda merokok, sangat disarankan untuk berhenti merokok beberapa minggu sebelum dan setelah operasi. Hal ini dikarenakan, merokok dapat memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko komplikasi.

Tidak hanya itu, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang juga akan memberikan kontribusi positif dalam percepatan proses pemulihan Anda. Anda juga perlu menghindari penggunaan obat-obatan tertentu, seperti aspirin atau obat anti-inflamasi nonsteroid, serta suplemen herbal yang dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Selain tiga persiapan tersebut, ada beberapa langkah tambahan yang perlu Anda lakukan sebelum prosedur tummy tuck dimulai, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Hindari menjalani diet yang sangat ketat sebelum operasi
  • Mengurangi berat badan jika masih termasuk dalam kategori obesitas
  • Berusaha mempertahankan berat badan ideal selama minimal satu tahun sebelum menjalani tindakan tummy tuck

Menjalani prosedur tummy tuck tidak hanya bertujuan dalam menghilangkan lemak berlebih dan kulit yang bergelambir di perut, tetapi juga bertujuan untuk mengatasi masalah medis, seperti inkontinensia urine dan hernia ventralis.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk melakukan tindakan tummy tuck, maka Anda bisa melakukannya di Plasthetic Clinic melalui prosedur Tummy Tuck. Berbeda dengan liposuction atau sedot lemak yang mengambil lemak dari berbagai area tubuh, tummy tuck hanya fokus pada perut dengan menghilangkan lemak dan kulit berlebih.

Seperti tindakan bedah lainnya, tummy tuck juga memiliki risiko dan efek samping, seperti penumpukan cairan di bawah kulit, munculnya jaringan parut atau bekas luka yang bersifat permanen, kerusakan atau kematian jaringan di kulit perut, bentuk perut yang tidak simetris, proses penyembuhan yang memerlukan waktu yang cukup lama, dan perubahan sensitivitas kulit perut atau mati rasa (biasanya hanya bersifat sementara).

Untuk menghindari risiko dan efek samping tersebut, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter yang kompeten terlebih dahulu. Dalam konsultasi ini, dokter akan mengevaluasi kondisi Anda dan menilai apakah tummy tuck sesuai untuk Anda. Selain itu, konsultasi ini juga akan membantu Anda memahami risiko dan efek samping yang mungkin terjadi setelah tindakan.

Segera hubungi tim kami di sini untuk melakukan konsultasi awal atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai berapa biaya operasi tummy tuck di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Elrica Sapphira, Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

proses-veneer-gigi

Lebih Dekat dengan Proses Veneer Gigi Agar Gigi Tampak Berkilau, Baca Selengkapnya!

Read More
perawatan-kulit-sensitif

Kenali 7 Perawatan Kulit Sensitif yang Tepat

Read More
brightening adalah

Brightening Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Cara Melakukannya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!