Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

Laser Fractional Adalah: Cara Kerja, Manfaat dan Efek Samping

Di Tinjau oleh Dokter

Perawatan laser kini menjadi salah satu dari perawatan wajah yang paling diminati karena banyak masalah kulit yang dapat ditangani dengan teknologi laser. Salah satu pilihan terbaru, laser fraksional CO2,  dengan mengaplikasikan teknologi perawatan laser pelapisan kulit tercanggih dan dikatakan memberikan hasil anti-penuaan pada kulit. Simak selengkapnya!

Apa Itu Laser Fractional?

Fractional Laser merupakan perawatan kulit yang menggunakan sinar laser untuk menargetkan area bermasalah pada wajah. Ada dua teknik laser fraksional, yaitu ablatif serta non-ablatif.

Perawatan laser ablatif menargetkan epidermis, yang merupakan permukaan kulit. Sedangkan tipe non-ablatif menargetkan lapisan tengah kulit yang juga disebut dengan kolagen dermal. Laser fraksional dapat digunakan pada semua jenis kulit. Akan tetapi, tekniknya dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kulit, lokasi, dan masalah yang dirasakan. Perawatan juga akan bisa dikombinasikan dengan operasi dan perawatan kulit yang lainnya.  

Baca Juga : Ketahui Bedanya Laser Resurfacing dengan Laser Acne Biasa

Apa Saja Manfaat Laser Fractional?

Laser fractsional dapat dilakukan pada bagian tubuh manapun. Akan tetapi, perawatan ini biasanya digunakan pada wajah, dada, tangan serta leher. Masalah kulit yang dapat ditangani dengan laser fraksional antara lain:

  1. Kerutan dan garis wajah 
  2. Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari
  3. Warna kulit yang tidak merata
  4. Bekas luka akibat operasi serta jerawat
  5. Bekas luka kehamilan
  6. Poikiloderma, kondisi kulit yang ditandai dengan terbentuknya pembuluh darah baru berbentuk cacing di kulit. 

Bagaimana Cara Kerja Laser Fractional?

Untuk dapat memahami cara kerja laser fraksional, Anda harus terlebih dahulu memahami struktur kulit. Kulit terdiri dari tiga lapisan yaitu epidermis (lapisan kulit  atas), dermis (lapisan kulit tengah), serta subkutan (lapisan lemak bawah).

Laser fraksional akan bekerja dengan menargetkan lapisan epidermis serta dermis. Anda dapat melakukan ini dengan menembakkan sinyal ke bagian yang bermasalah. Daerah ini ini disebut dengan zona perawatan microthermal (MTZ). Sel-sel epidermis berpigmen halus dikeluarkan dari setiap MTZ. Kolagen juga diperbarui di zona ini, yaitu kolagen yang lama diganti dengan yang baru.Ini memungkinkan jaringan sehat di area sekitarnya akan tetap utuh dan tidak berubah.  Berikut ini adalah prosedur fraksional laser, yaitu:

1. Pra-Perawatan

Pertama, dokter harus memeriksa kulit pasien terlebih dahulu untuk dapat menentukan area mana yang bermasalah. Mereka biasanya memotret wajah atau area kulit yang dirawat sebelum melakukan perawatan. Setelah itu, pasien harus melepas semua perhiasan serta riasan wajah. Cuci wajah Anda dengan menggunakan sabun wajah serta air untuk dapat memastikan kulit Anda bebas dari kotoran dan riasan. Setelah itu, dokter melanjutkan dengan mengaplikasikan krim anestesi. Krim anestesi biasanya mulai bekerja setelah sekitar 45-60 menit. Dokter kemudian mengeluarkan krim yang tersisa dan mengoleskan pelumas.

2. Saat Perawatan

Waktu pada perawatan ini akan tergantung pada area mana yang akan dirawat. Perawatan wajah biasanya berlangsung sekitar kurang lebih 30 menit. Nah, selama perawatan ini pasien mungkin merasa sakit. Namun, efeknya tergantung pada seberapa banyak energi yang digunakan. Untuk dapat mengurangi efek akibat ketidaknyamanan tersebut, dokter menggunakan alat pendingin selama prosedur berlangsung.

3. Pasca Perawatan

Setelah tindakan selesai, dokter akan menyeka pelumas hingga bersih. Pasien biasanya akan merasakan sedikit sensasi terbakar selama satu jam setelah melakukan prosedur. Kulit juga terlihat bengkak serta merah. Jangan khawatir, biasanya bengkak akan membaik setelah 2-3 hari serta bercak kemerahan akan hilang setelah 3-5 hari. Kulit epidermis baru mulai terbentuk dalam waktu 24 jam. Selama proses ini, kulit luruh untuk digantikan oleh sel-sel baru. Gunakan pelembab yang diresepkan oleh dokter Anda untuk dapat mencegah kulit kering dan juga gatal.

Baca Juga : Apa Saja Jenis-Jenis Operasi Plastik yang Ada di Plasthetic?

Banner-Plastic-Surgeon

Apa Saja Efek Samping Laser Fractional?

Pasien yang menjalani perawatan laser fraksional jarang sekali melaporkan efek samping yang serius. Satu-satunya efek samping adalah kulit mengelupas, terbakar, bengkak serta kemerahan. Namun, komplikasi berikut ini pun harus dihindari:

  1. Pengelupasan kulit yang berlebihan
  2. Pengerasan pada kulit
  3. Pembengkakan kulit yang berlangsung lebih dari seminggu. Masalah ini biasanya dapat dicegah dengan menggunakan kompres es selama 24 jam pertama setelah perawatan
  4. Kulit gelap ataupun tidak rata. Orang dengan melasma atau mereka yang berkulit gelap rentan terhadap efek samping ini
  5. Jerawat muncul
  6. Infeksi herpes simpleks ataupun bakteri. Kondisi ini akan dapat terjadi jika alat yang digunakan untuk prosedur laser tidak bersih
  7. Peradangan kulit akibat kontak dengan zat tertentu  

Baca Juga : Ketahui 14 Cara Meniruskan Wajah Secara Alami dan di Klinik Kecantikan

Rekomendasi Prosedur Laser Wajah Terbaik di Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan laser di Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Laser Rejuvenation

Laser rejuvenation merupakan prosedur medis yang menggunakan laser untuk meremajakan kulit. Selama peremajaan laser, dokter dengan hati-hati mengangkat lapisan kulit. Ini merangsang produksi sel kulit baru, dan dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kencang serta awet muda. 

2. Laser Scar

Scar Laser Treatment ini bertujuan untuk dapat menghilangkan lapisan pada luar kulit serta sel-sel kulit yang telah rusak di area permukaan. Sinar laser nantinya akan menembus jauh ke dalam jaringan kulit dan kemudian merangsang produksi dari kolagen serta pembaharuan sel.

Nah, itu dia penjelasan mengenai laser fractional dari mulai pengertian, manfaat serta resikonya. Jika masih ada pertanyaan yang masih Anda ingin tanyakan, Anda dapat langsung menghubungi Plasthetic Clinic untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir sekarang juga!

Di Review Oleh:
dr. Aema Y. Amir

https://plasthetic.com/team-member/dr-aema-y-amir/

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Pahami 8 Pantangan Filler Dagu yang Harus Diperhatikan

Read More

Bagaimana Proses Operasi Bibir Tebal di Indonesia

Read More

6 Cara Mengurangi Lemak di Paha Secara Alami dan Perawatan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!