Ketahui 5 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Ketahui 5 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Di Tinjau oleh Dokter

Seseorang yang bahkan relatif masih terbilang muda sebenarnya bisa mengalami penuaan dini sebelum waktunya, lho! Orang tersebut mungkin terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Tapi mengapa ini terjadi? Faktor apa yang mempercepat penuaan dini pada manusia? Simak berikut ini!

Apa Penyebab Penuaan Dini? 

Indoor photo of scared woman in panic nervous frightened, dressed in white dress, keeps hand near cheeck opened mouth as feals fear, isolated

Ada banyak kemungkinan penyebab penuaan dini pada kulit. Tetapi faktor lingkungan di sekitar Anda  lah yang paling mempengaruhi. Segala sesuatu di sekitar kita dapat berdampak negatif, termasuk dapat mempercepat penuaan dini. Oleh karena itu, kita harus mewaspadai beberapa faktor lingkungan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

1. Paparan Sinar Matahari

Penyebab pertama penuaan dini pada kulit adalah paparan sinar matahari. Ternyata sinar matahari mengandung zat yang bisa berdampak buruk bagi kulit. Namun, beberapa orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan merasa sulit untuk menghindarinya. Karena itu, pastikan untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung di luar ruangan dengan tabir surya.

2. Radikal Bebas

Penyebab penuaan dini lainnya adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Beberapa hal dapat berkontribusi terhadap produksi radikal bebas, seperti pencemaran lingkungan, air yang tercemar, dan faktor cuaca. Untuk menghindari penuaan dini akibat hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang sehat.  Disarankan juga untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan untuk meminimalisir masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Baca Juga: Penyebab Bruntusan pada Wajah yang Harus Kamu Ketahui!

3. Asap Rokok

Kita semua tahu bahwa merokok adalah kebiasaan buruk dan dapat menyebabkan kematian. Selain itu, asap rokok dapat menyebabkan penuaan dini pada tubuh. Kandungan nikotin dalam rokok dapat mempengaruhi tubuh, terutama sel kulit. Lama kelamaan, sel-sel kulit menjadi lebih sulit untuk beregenerasi, membuat wajah dan kulit Anda terlihat kusam.

Apa yang Harus Diperhatikan untuk Mencegah Penuaan Dini? 

Woman's face with the wrinkles on her forehead - isolated on white

Penuaan dini dapat dihindari dengan menjauhkan faktor-faktor eksternal yang menyebabkan adanya, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini. 

1. Hindari Paparan sinar matahari Secara Langsung

Bahkan paparan sinar matahari beberapa menit setiap hari selama bertahun-tahun dapat menyebabkan perubahan kulit. Noda, bintik hitam, kerutan dan keratosis dapat terjadi akibat paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) di bawah sinar matahari merusak serat elastis, menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya dan membentuk kerutan.

2. Tidur Cukup

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat dan bugar adalah mendapatkan tidur yang cukup  serta berkualitas.

3. Rajin Membersihkan Wajah

Jangan lupa untuk membersihkan wajah setiap hari ya teman Plasthetic! Mereka yang sering menggunakan kosmetik saat keluar rumah harus mengaplikasikan saran ini. Dikarenakan, bahan kimia dalam kosmetik dapat mempercepat munculnya kerutan. Meninggalkan riasan sepanjang hari dapat menyebabkan lebih banyak penuaan kulit.

Baca Juga: Nggak cuma Wanita, Ini dia Skin Care untuk Pria!

4. Sering Menggunakan Tabir Surya 

Paparan sinar matahari yang sering dapat menyebabkan penuaan kulit. Efek paling umum dari paparan sinar matahari adalah bintik hitam dan kerutan. Menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan sangatlah penting untuk dapat menghindari terjadinya penuaan kulit.

5. Hindari konsumsi rokok dan alkohol

Ini adalah dua kebiasaan buruk yang harus dihindari jika Anda tidak ingin terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Pada umumnya penuaan wajah perokok terjadi karena jaringan tubuh yang rusak oleh zat-zat beracun dalam rokok. Kebutuhan sehari-hari yang dikonsumsi oleh mayoritas penduduk Indonesia menghambat aliran darah ke wajah dan menimbulkan kerutan di segala sisi. Minum alkohol buruk bagi kulit Anda karena menyebabkan dehidrasi.

Jenis Perawatan Apa yang Cocok untuk Mencegah Penuaan Dini?

Tanda-tanda penuaan bisa muncul sejak usia 20-an. Tanda-tanda penuaan dini ini termasuk garis-garis halus di sekitar mulut dan hidung, bintik hitam, lingkaran hitam di bawah mata, dan kelopak mata yang terkulai. Oleh karena itu, penting untuk merawat kulit sejak dini agar kulit tetap sehat dan memperlambat penuaan wajah. Ini dia prosedur perawatan di Plasthetic Clinic yang direkomendasikan untuk Anda.

1. Mid Cheek Lift

Merupakan tindakan operasi yang bertujuan untuk menarik kulit pada sebagian wajah, yakni area tengah pipi hingga tepat di bawah kelopak mata bagian bawah, sehingga wajah terlihat lebih kencang dan segar.

2. Face Lift

Merupakan tindakan operasi yang bertujuan untuk menarik kulit wajah sehingga wajah terlihat lebih kencang.

Baca Juga: Jangan Keliru Ketahui Penanganan Yang Tepat Setelah Melakukan PRP Treatment

3. Brow Lift

Merupakan tindakan operasi untuk mengangkat alis agar wajah terlihat lebih segar dan proporsional.

Nah itu dia pembahasan kali ini mengenai penuaan dini. Maka dari itu, mulailah gaya hidup sehat dengan meningkatkan asupan makanan tinggi serat dan vitamin. Tentu juga, biasakan memakai masker di luar ruangan untuk mencegah polusi udara masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan cara ini, tubuh diharapkan menjadi lebih sehat.

Selain itu, penuaan dini dapat mempengaruhi kepercayaan diri pada beberapa orang. Karena itu, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penuaan dini ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Untuk itu, dokter dari Plasthetic Clinic siap menjawabnya. Kamu cukup datang dan berkonsultasi dengan dr. Nandya Titania Putri, Sp.BP-RE, untuk menangani setiap permasalahan mengenai penuaan dini yang kamu hadapi dan dapatkan kulit wajah yang tampak awet muda dan berseri setiap harinya. 

Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Alam Sutera Sekarang, ya!

Di Review oleh:

dr. Nandya Titania Putri, Sp.BP-RE

 

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

9 Jenis-jenis Cleanser dan Fungsinya Untuk Kulit Wajah

Read More

4 Cara Menghilangkan Gigi Hitam Secara Alami

Read More

Apa Saja Jenis-Jenis Operasi Plastik yang Ada di Plasthetic?

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!