7 Cara Menghilangkan Hitam di Bawah Mata!

7 Cara Menghilangkan Hitam di Bawah Mata!

Di Tinjau oleh Dokter

Cara menghilangkan hitam di bawah mata ada beragam. Untuk kamu yang sering mengalami kelelahan atau kurang tidur, cara ini efektif kamu lakukan. Hitam di bawah mata atau yang biasa orang sebut dengan mata panda tidaklah berbahaya, akan tetapi lingkarang hitam di sekitar mata membuat penampilan jadi tidak segar.

Mata panda dapat muncul seiring dengan bertambahnya usia, hal ini terjadi karena penuaan dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat lebih kendur. Eits, tapi lingkaran hitam di bawah mata dipicu oleh beberapa hal. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana lingkaran hitam di bawah mata dapat muncul hingga cara mengatasinya. Check this out!

Penyebab Muncul Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Ada beberapa faktor penyebab munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Selain karena penuaan, munculnya kantung mata bisa karena beberapa hal berikut:

1. Kelelahan dan kurang tidur

2. Peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata, misalnya akibat paparan sinar matahari berlebihan

3. Peradangan atau hiperpigmentasi

4. Penumpukan cairan di sekitar mata, misalnya karena perubahan hormone atau terlalu banyak konsumsi garam

5. Stress

Cara Menghilangkan Hitam di Bawah Mata secara Alami

Pada dasarnya, lingkaran hitam di bawah mata bisa dihilangkan dengan beberapa langkah perawatan sederhana berikut ini:

1. Perbaiki Pola Tidur

Kantung mata dan mata panda dapat muncul apabila kamu kelelahan atau kurang tidur. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7-9 jam setiap hari. Posisi tidur tertentu dianggap bisa mengatasi masalah kantung mata. Coba untuk tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Kamu bisa menggunakan bantal ekstra untuk menopang kepala guna mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur.

2. Gunakan Kompres Dingin

Mengompres mata diketahui ampuh untuk mengurangi mata bengkak serta menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Kamu bisa mengompres mata dengan lap bersih yang telah direndam air dingin atau dibungkus dengan es batu. Kompres mata selama 10-15 menit.

Selain dengan air dingin atau es, kamu bisa juga mengompres mata dengan kantong teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

3. Hindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Minuman beralkohol dan berkafein dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantung mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein agar kantung mata bisa lebih cepat hilang.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh dapat mencegah terbentuknya kantung mata. Selain itu, agar kamu terhindar dari retensi cairan, kamu bisa mengurangi asupan olahan yang mengandung banyak garam. Minum air putih 1-2liter setiap harinya secara rutin untuk mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh.

5. Penuhi Asupan Kalium Tubuh

Memenuhi asupan kalium juga bisa mengurangi resiko terbentuknya kantung mata. Ada beberapa sumber makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kacang, yogurt, dan sayuran hijau. Jangan lupa untuk makan-makanan yang bergizi dan sehat untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

6. Gunakan Krim Khusus Mata

Krim mata bisa menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Cari krim mata yang mengandung chamomile, mentimun, arnica, atau vitamin C, K, dan E. Jangan gunakan krim mata yang masih belum bisa dipertanggung jawabkan legalitasnya, seperti yang kita tahu saat ini ada banyak krim palsu yang diperjual-belikan, bawah mata menjadi salah satu area yang sensitivitasnya tinggi, sehingga akan mudah iritasi.

7. Menggunakan Sunscreen

Kamu juga bisa menghindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama. Hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30. Upaya ini dapat mencegah lingkaran hitam di bawah mata.

Cara Menghilangkan Hitam di Bawah Mata dengan Perawatan!

Menghilangkan hitam di bawah mata juga bisa kamu lakukan dengan pergi ke klinik kecantikan dan mendapatkan perawatan untuk menghilangkan hitam di bawah mata dengan mudah dan cepat. Sekarang ini, ada banyak sekali klinik kecantikan di Jakarta yang menyediakan perawatan untuk menghilangkan hitam di bawah mata. Kita cek yuk!

Umumnya kebanyakan klinik kecantikan menawarkan perawatan laser sebagai salah satu cara untuk menghilangkan hitam di bawah mata. Laser dianggap menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Salah satu perawatan di klinik kecantikan terbaik adalah Laser Pigmen Dark Circle. Perawatan ini bertujuan untuk memudarkan pigmen pada bawah mata sehingga warnanya lebih merata dengan kulit, tindakan ini menggunakan laser. Lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan tersebut, termasuk berapa kali pemakaian laser ini diperlukan untuk menghilangkan hitam di bawah mata.

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan hitam di bawah mata adalah dengan dermal filler. Kantung mata akibat penuaan dan jaringan kulit yang kendur bisa diatasi dengan dermal filler. Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikan cairan filler ke bawah mata untuk memudarkan warna hitam pada bawah mata. Namun, cara menghilangkan kantung mata ini hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau dokter ahli estetika

Perawatan Kecantikan di Plasthetic Clinic

Untuk melakukan perawatan yang sudah disebutkan tadi, kamu bisa temui di beberapa klinik kecantikan. Apalagi, saat ini klinik kecantikan di Indonesia memiliki banyak sekali perawatan mulai dari wajah, tubuh, hingga daerah intim. Perawatan-perawatan di atas bisa kamu lakukan di klinik kecantikan terbaik, dengan dokter-dokter yang profesional dan kompeten di bidangnya, serta ditunjang dengan alat-alat yang sesuai dengan standar medis. Klinik kecantikan yang sudah berdiri sejak tahun 2019 ini tentu sudah dipercaya oleh masyarakat umum.

Plasthetic Clinic merupakan klinik kecantikan yang berada di Jakarta Pusat. Klinik ini memiliki ratusan treatment aesthetic, wellness, dan bedah plastik yang aman dan terpercaya. Kami memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pasien yang datang kesini. Kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan langsung ditangani oleh dokter-dokter yang kompeten di bidangnya. Selain itu, peralatan yang dimiliki oleh Plasthetic Clinic juga merupakan peralatan terkini yang sesuai dengan standar medis. kami juga memberikan kenyamanan pada tempat perawatan yang bersih dan juga nyaman untuk kamu melakukan perawatan. Jangan khawatir, kami memberikan harga yang terjangkau dengan hasil yang memukau!

Tunggu apalagi? Kunjungi kami di Jalan Danau Tondano No. 12, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat atau hubungi kami di 021-2532099 atau Whatsapp kami di 08111698199 untuk melakukan temu janji. Enhance your Quality of Life with Us dan percayakan kami sebagai solusi masalah kulitmu, dari mulai pelayanan hingga perawatan yang dilakukan. Kunjungi Sosial media kami lalu Percayakan pada kami untuk memberikan solusi cara menghilangkan hitam di bawah mata. Klik disini untuk info lebih lanjut.

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Hidung Jambu

Read More

Rhytidectomy: Pengertian, Manfaat, Prosedur, dan Risikonya

Read More

6 Persiapan Pasien Operasi yang Perlu Diperhatikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!