Mengenal Cuping Hidung Agar Bentuknya Mancung Ideal

cuping-hidung

Mengenal Cuping Hidung Agar Bentuknya Mancung Ideal

Di Tinjau oleh Dokter

Bentuk dan ukuran hidung yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Karena bentuk dan ukuran hidung berperan penting dalam keserasian bentuk wajah.

Bentuk dan ukuran hidung yang ideal dapat membuat wajah seseorang terlihat lebih cantik dan proporsional. Maka jangan heran jika saat ini banyak orang yang melakukan operasi kosmetik pada hidungnya.

Nah, selain menajamkan hidung ini, ternyata ada juga operasi plastik hidung yang bertujuan mengecilkan ukuran cuping hidung, lho. Beberapa dari Anda mungkin tidak terbiasa dengan operasi ini. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cuping Hidung?

Dalam dunia medis, cuping hidung disebut dengan “ala” atau “alar”. Bagian tubuh ini terdiri dari kulit yang melekat pada tulang rawan (tulang rawan). Bagian dalam cuping ini ditutupi dengan mukosa (mukosa), ditumbuhi rambut hidung. Fungsinya untuk melembabkan udara yang masuk dan mencegah kotoran dan polutan masuk ke saluran udara yang lebih dalam.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Hidung Jambu

Apa Tujuan Cuping Hidung?

Pada dasarnya, sebagian orang mempunyai kemampuan untuk mengembangkan atau melebarkan lubang hidungnya secara alami. Akan tetapi, sebagian orang mungkin memiliki lubang hidungyang lebih menonjol saat sedang memperlihatkan ekspresi tertentu. Misalnya seperti tersenyum, tertawa, menghirup, atau bahkan ketika diam.

Bagi mereka yang merasa kurang percaya diri jika lubang hidungnya melebar terlalu besar, terdapat dua jenis perawatan kecantikan yang bisa dilakukan, yakni prosedur bedah dan prosedur non-bedah. Kedua metode tersebut akan membuat lubang hidung terlihat lebih mengecil. Untuk tindakan bedah yang memiliki hasil cepat namun bersifat sementara, mengecilkan cuping hidung bisa menjadi pilihannya. 

Dengan melakukan beberapa penyuntikkan ke bagian tertentu di sekitar hidung, nantinya otot-otot di area hidung akan melunak. Hal itulah yang akan mengecilkan ukuran cuping seseorang. 

Apa Saja Manfaat Cuping Hidung?

Sebagai upaya menyempurnakan penampilan Anda, bentuk hidung yang bagus mampu membentuk keseimbangan pada wajah sehingga lebih harmonis. Dalam perawatan bedah yang cepat dan sederhana, alarplasty atau cuping hidung akan membentuk struktur wajah secara substansial sehingga bisa meningkatkan penampilan. Anda juga tidak perlu khawatir akan rasa sakit selama perawatan sebab prosedur ini dilakukan di bawah obat bius lokal.

Dalam pengerjaannya, tulang rawan yang ada di setiap cuping hidung akan dikeluarkan, pada tahap tersebut akan menghasilkan struktur fondasi hidung yang lebih tipis. Setelah jaringan lunak tersebut dipotong dan dikeluarkan, sayatan akan ditutup dengan jahitan dan selanjutnya diperban untuk melindungi hidung serta mempercepat pemulihan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat lain dari prosedur alarplasty seperti;

  • Proses pemulihan relatif lebih singkat dan minim efek samping.
  • Bentuk wajah yang seimbang dan lebih sempurna.
  • Lubang hidung telihat lebih simetris dengan kesesuaian yang lebih baik.
  • Penyesuaian ukuran serta lebar cuping hidung.

Bagaimana Kandidat yang Sesuai untuk Melakukan Cuping Hidung?

Seperti disebutkan sebelumnya, operasi ini direkomendasikan bagi mereka yang ingin memperbaiki penampilan hidungnya. Apalagi bagi orang yang berhidung lebar atau berpenampilan kurang simetris.

Pengecilan hidung juga bisa dilakukan bagi mereka yang menginginkan ukuran lubang hidungnya terlihat lebih ideal. Dengan operasi ini, dokter juga bisa membuat tampilan hidung lebih serasi dengan bentuk wajah. Dari segi medis, ada beberapa kriteria atau kandidat khusus untuk operasi ini, yaitu:

  1. Kondisi tubuh sehat.
  2. Tidak ada luka atau infeksi pada tempat pembedahan.
  3. Tidak sedang  menggunakan pengencer darah.
  4. Konsultasikan riwayat medis atau operasi kosmetik sebelumnya, jika ada.
  5. Tidak merokok atau berhenti merokok setidaknya selama dua minggu terakhir.
  6. Memiliki harapan yang realistis atas kinerja tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Hidung yang Besar, lebar, dan Pesek

BS

Bagaimana Prosedur Operasi Cuping Hidung?

Operasi cuping hidung atau biasa yang disebut dengan alarplasty ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Konsultasi dengan dokter ahli bedah plastik. Pada tahap ini, dokter akan membahas riwayat kesehatan pasien dan harapan untuk operasi. Dokter juga akan membuat sketsa penampang untuk mendapatkan gambaran hasil operasi.
  2. Pemberian anestesi untuk meminimalkan nyeri dan membuat pasien nyaman. Anestesi biasanya semacam anestesi lokal.
  3. Dokter membuat sayatan di area pembedahan. Apalagi jika lubang hidungnya terlalu besar atau lebar.
  4. Dokter memperkuat bentuk hidung yang baru dengan jahitan. Teknik penjahitan dilakukan dengan benang medis khusus.
  5. Luka pasca operasi ditutup dengan perban. Hal ini untuk meminimalkan risiko infeksi.

Alarplasty di Plasthetic Clinic

perawatan alarplasty

Source: freepik.com

Alarplasty juga dikenal sebagai operasi pengurangan ukuran cuping hidung atau operasi pengurangan ukuran lubang hidung. Prosedur ini merupakan  prosedur pembedahan yang dilakukan untuk dapat mengubah bentuk serta lebar dari lubang hidung sendiri. Prosedur ini tentunya sangat diminati bagi mereka yang ingin mengubah penampilan lubang hidungnya serta membuatnya terlihat menjadi sempurna. Selain itu, operasi hidung dapat dilakukan sebagai prosedur mandiri atau bersamaan dengan operasi hidung.

Bagi Anda yang ingin melakukan operasi ini, Anda harus mencari dokter bedah terbaik dengan rekam jejak yang sudah terbukti. Alasannya, meski tergolong intrusi minor, namun membutuhkan keahlian dan pengalaman khusus untuk menghadapinya.

Pengalaman dokter sangat mempengaruhi keamanan dan hasil prosedur yang dilakukan. Itu sebabnya Anda harus melakukan riset sebelum memutuskan klinik operasi plastik. Pastikan dokter bedah plastik yang Anda pilih memiliki pengalaman dan kualifikasi yang sudah teruji.

Baca Juga: Implan Hidung: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Rekomendasinya

Salah satu rekomendasi terbaik yang bisa Anda kunjungi adalah Plasthetic Clinic. Di sini Anda akan ditangani langsung oleh dokter bedah plastik terbaik dan memiliki track record yang sudah terbukti. Langsung saja Anda dapat mendatangi langsung Plasthetic Clinic Cabang Bendungan Hilir di alamat Jalan Danau Tondano No.12, RT.11/RW.5, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, atau Anda dapat menghubungi kami di nomor 0811-1769-199. Dapatkan hidung impian Anda di Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Tasya Anggrahita, SpBPRE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

6 Pantangan Wajah Berjerawat yang Perlu Diperhatikan

Read More

Berapa Biaya Operasi Labiaplasty?

Read More

Operasi Bibir Sumbing Gratis dan Manfaatnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!