Operasi Double Eyelid: Pengertian, Prosedur, dan Risikonya

double eyelid adalah

Operasi Double Eyelid: Pengertian, Prosedur, dan Risikonya

Di Tinjau oleh Dokter

Double eyelid adalah salah satu standar kecantikan yang umumnya diidamkan oleh masyarakat Asia, terutama di Korea Selatan. Sebab, jenis bentuk mata ini memiliki keunikan dan kecantikannya tersendiri. Prosedur double eyelid sendiri umumnya lebih sering dikenal karena manfaatnya dalam meningkatkan kecantikan dan penampilan seseorang. Namun, di luar aspek estetika, prosedur ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. 

Sebelum Anda mempertimbangkan untuk menjalani prosedur ini, penting untuk memahami berbagai informasi penting yang terkait, termasuk definisi, prosedur, dan risiko yang terlibat. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel berikut ini sampai selesai!

Apa itu Double Eyelid?

Double eyelid adalah tindakan bedah yang ditujukan untuk mengurangi kelebihan kulit pada kelopak mata bagian atas, sekaligus membentuk lipatan mata. Tindakan ini sendiri merupakan bagian dari prosedur medis blepharoplasty yang juga dikenal juga sebagai upper blepharoplasty.

Seiring bertambahnya usia, kelopak mata dapat mengalami perubahan karena otot-otot yang melemah dan penimbunan lemak. Hal ini mengakibatkan kulit dan lemak berkumpul di bawah lipatan mata, serta dapat mengubah bentuk area mata seperti alis yang turun, kelopak mata yang tidak simetris, dan kehilangan lipatan mata. Salah satu solusi yang umumnya dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan prosedur blepharoplasty atau upper blepharoplasty.

Berbeda dengan bentuk mata monolid atau bentuk kelopak mata tunggal, double eyelid ini akan memberikan kesan kelopak mata yang seakan terbagi menjadi dua, karena adanya lipatan di antara bulu mata dan alis. 

Selain bertujuan untuk alasan estetika, prosedur ini juga dapat dilakukan jika seseorang memiliki bentuk kelopak mata monolid yang mengganggu penglihatan, seperti kelopak mata yang terlalu turun dan menghalangi bidang pandang.

Baca Juga: Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

Apa Saja Manfaat Double Eyelid?

Prosedur double eyelid tidak hanya dilakukan karena tujuan estetika, tetapi juga membawa manfaat lain yang beragam, berikut beberapa di antaranya.

  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Memperbaiki struktur kelopak mata yang kurang seimbang
  • Memperbaiki  posisi kelopak mata yang mengalami penurunan berlebihan
  • Mengurangi lemak berlebih yang mengakibatkan kelopak mata menjadi puffy
  • Memperbaiki kelopak mata yang menghalangi pandangan karena menutupi lapang pandang mata
  • Mengurangi iritasi akibat bulu mata yang tumbuh ke dalam dan bergesekan dengan kornea

Bagaimana Prosedur Double Eyelid?

Sebelum menjalani prosedur double eyelid, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. Pada tahap ini, dokter akan menilai kondisi kelopak mata Anda, membahas tujuan yang ingin dicapai, dan menjelaskan berbagai opsi prosedur yang tersedia beserta risiko dan manfaatnya. 

Secara umum, prosedur double eyelid dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu metode insisi dan metode non-insisi, berikut adalah penjelasannya.

1. Metode Insisi

Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam menjalani prosedur double eyelid menggunakan metode insisi.

  • Garis kelopak mata ganda yang diinginkan akan diukur dengan teliti dan ditandai menggunakan pena
  • Anestesi intravena (IV) atau anestesi umum akan diberikan bersamaan dengan anestesi lokal
  • Beberapa sayatan kecil akan dibuat sepanjang garis kelopak mata ganda yang ditandai sebelumnya
  • Kulit yang telah ditandai akan diangkat
  • Jika perlu, otot orbikularis oculi dan jaringan lemak di antara sayatan akan dibuang
  • Dibentuk double eyelid dengan mencancang otot dan kulit kelopak mata ke tarsus
  • Sayatan akan ditutup menggunakan jahitan yang harus dilepas setelah lima sampai tujuh hari pasca operasi

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Cekungan di Bawah Mata dengan Efektif

2. Metode Non-insinsi

Prosedur non-insisi atau yang dikenal juga sebagai teknik jahitan terkubur, merupakan metode yang dilakukan tanpa sayatan pada kelopak mata. Seperti pada prosedur insisi, metode ini juga melibatkan penggunaan anestesi umum atau sedasi IV bersamaan dengan anestesi lokal.

Setelah pemberian anestesi, proses dilanjutkan dengan pengukuran dan penandaan pada kelopak mata secara hati-hati. Kemudian, serangkaian tusukan kecil dibuat pada kulit sepanjang garis yang telah ditandai.

Selanjutnya, jahitan ditempatkan melalui tusukan dan ditarik kencang untuk membentuk lipatan yang diinginkan. Jahitan ini sendiri akan tetap berada di bawah kulit dan tidak terlihat, sehingga tidak perlu dilepas. Metode ini cocok untuk pasien usia muda yang tidak perlu membuang kelebihan kulit.

Banner Plasthetic Surgeon

Apa Saja Risiko Double Eyelid?

Double eyelid termasuk ke dalam salah satu kategori tindakan bedah yang relatif ringan. Meskipun demikian, ada beberapa risiko dan efek samping yang perlu Anda pertimbangkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Infeksi 
  • Risiko anestesi
  • Kekeringan pada mata
  • Keluhan mengganjal di mata (sementara)
  • Kesulitan menutup mata
  • Pembengkakan dan memar
  • Pendarahan dari garis sayatan
  • Rasa nyeri, yang dapat menetap
  • Jaringan parut yang tidak diinginkan
  • Kemungkinan memerlukan operasi revisi
  • Perubahan sensasi kulit atau mati rasa pada bulu mata
  • Sensitivitas terhadap sinar matahari atau cahaya terang lainnya
  • Ektropion, yaitu kelopak mata bagian bawah yang tertarik ke bawah karena jaringan parut
  • Perubahan penglihatan sementara atau bahkan permanen, dan kemungkinan kebutaan yang sangat jarang terjadi
  • Kelopak mata tertinggal atau lid lag, yaitu kelopak mata bagian bawah yang tertarik ke bawah, dapat terjadi dan sering kali bersifat sementara

Seluruh potensi risiko ini, bersama dengan risiko-risiko lainnya, akan didiskusikan secara menyeluruh dengan dokter yang bersangkutan sebelum Anda menjalani prosedur. Meskipun prosedur ini memiliki manfaat estetika dan fungsional, penting untuk diingat bahwa ada juga risiko dan efek samping yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, diskusikanlah dengan dokter tentang prosedur ini serta semua kemungkinan risiko dan efek samping yang mungkin timbul sebelum Anda memutuskan untuk menjalani prosedur tersebut.

Baca Juga: Operasi Kelopak Mata: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Rekomendasinya

Jika Anda mengalami kondisi khusus yang memerlukan tindakan double eyelid atau sedang mempertimbangkan untuk menjalani prosedur ini, Plasthetic Clinic merupakan pilihan yang tepat. Kami menyediakan prosedur Upper Blepharoplasty yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk dan struktur kelopak mata. Klinik kami sendiri dilengkapi dengan dokter yang berpengalaman dan peralatan terkini, sehingga Anda dapat menjalani prosedur dengan aman sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Upper Blepharoplasty sendiri merupakan tindakan yang aman dan relatif ringan. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bius lokal, sehingga pasien tetap sadar selama prosedur dilakukan.

Meskipun terbilang aman, Anda juga harus tetap melakukan konsultasi dengan dokter yang bersangkutan untuk memahami prosedur serta risiko dan efek samping yang mungkin terjadi. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan konsultasi, Anda dapat menghubungi tim kami di sini atau mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai double eyelid adalah di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Tasya Anggrahita, Sp.B.P.R.E., Subsp.E.L.,(K)

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

proses-veneer-gigi

Lebih Dekat dengan Proses Veneer Gigi Agar Gigi Tampak Berkilau, Baca Selengkapnya!

Read More
fungsi-niacinamide-untuk-wajah

9 Fungsi Niacinamide Untuk Wajah

Read More
implan-hidung-tulang-rawan

Mengenal Implan Tulang Rawan Beserta Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!