Epicanthoplasty: Pengertian, Manfaat, Prosedur, dan Efek Sampingnya

epicanthoplasty-adalah

Epicanthoplasty: Pengertian, Manfaat, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Epicanthoplasty adalah tindakan bedah yang bukan hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan mata, tetapi juga dapat membantu pasien dalam mengatasi masalah penglihatan yang dapat timbul karena adanya epicanthal fold, yaitu lipatan kulit di kelopak mata atas yang menutupi ujung dalam mata. Dalam situasi seperti ini, epicanthoplasty dapat menjadi solusi yang efektif. 

Sebelum menjalani prosedur ini, penting bagi Anda untuk memahami pengertian, manfaat, prosedur, dan potensi efek samping yang dapat muncul setelah prosedur ini dilakukan. Informasi selengkapnya dapat Anda temukan dalam artikel Plasthetic Clinic berikut ini.

Apa Itu Epicanthal fold?

Epicanthal fold atau lipatan epicanthal adalah lipatan kulit di bagian atas kelopak mata yang menutupi sudut dalam mata. Biasanya bentuk kelopak mata ini sering terlihat pada individu keturunan Asia, tetapi juga bisa ditemui pada individu dari etnis lain, termasuk keturunan Afrika dan Amerika.

Penyebab dari lipatan epicanthal sendiri belum sepenuhnya dipahami, namun diyakini bahwa kondisi ini memiliki kaitan dengan faktor genetik. Dalam beberapa kasus, lipatan ini mungkin merupakan variasi normal dalam anatomi kelopak mata.

Apa Itu Epicanthoplasty?

Epicanthoplasty adalah tindakan bedah yang bertujuan untuk mengoreksi lipatan mongolia atau lipatan epicanthal pada mata. Lipatan mongolia sendiri adalah kulit kelopak mata bagian atas yang menutupi sudut dalam mata. 

Prosedur epicanthoplasty sering kali dilakukan atas keinginan pasien untuk tujuan estetika atau penampilan. Namun, dalam beberapa kasus, lipatan epicanthal pada mata juga bisa terkait dengan beberapa kondisi medis seperti sindrom blefarofimosis, sindrom williams, fenilketonuria, sindrom turner, sindrom fetal alkohol, dan down syndrome.

Meskipun demikian, tidak semua individu yang memiliki kondisi medis tersebut memerlukan epicanthoplasty. Seiring bertambahnya usia, beberapa individu yang terlahir dengan lipatan epicanthal akibat kondisi-kondisi di atas mungkin akan mengalami perbaikan bentuk kelopak mata secara alami.

Epicanthoplasty, dengan mengurangi atau memperbaiki lipatan epicanthal, dapat menghasilkan mata yang tampak lebih besar, lebih segar, dan lebih muda. Tindakan ini juga dapat membantu memperbaiki penglihatan dan mengatasi masalah penglihatan atau mata yang mungkin timbul akibat lipatan epicanthal yang lebar.

Apa Saja Manfaat Epicanthoplasty?

Melakukan tindakan epicanthoplasty dapat menghadirkan beberapa manfaat, berikut di antaranya.

1. Membuat Mata Terlihat Lebih Besar

Salah satu manfaat paling terlihat dari epicanthoplasty adalah kemampuannya dalam membuat mata terlihat lebih besar. Dengan mengurangi atau memperbaiki lipatan kulit di sudut dalam mata, tindakan ini dapat menciptakan kesan mata yang lebih besar dan lebih terbuka.

2. Memperbaiki Asimetri Mata

Perbedaan lipatan epicanthal di kedua mata bisa menciptakan ketidaksimetrisan yang mengganggu. Epicanthoplasty dapat membantu pasien dalam mengurangi perbedaan penampilan kedua mata, sehingga wajah terlihat lebih seimbang dan simetris.

Baca Juga: Apa Saja Jenis-Jenis Operasi Plastik yang Ada di Plasthetic?

3. Menciptakan Penampilan yang Lebih Muda

Beberapa individu mungkin merasa bahwa lipatan kulit di sudut mata membuat mereka terlihat lebih tua. Melalui epicanthoplasty, pasien dapat mencapai penampilan yang lebih muda dan segar.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis

Perubahan positif dalam penampilan mata seringkali memiliki dampak positif pada kesejahteraan psikologis. Melalui prosedur epicanthoplasty, banyak pasien yang merasa lebih percaya diri dan senang dengan penampilan mereka. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat keyakinan diri mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

Bagaimana Prosedur Epicanthoplasty?

Prosedur epicanthoplasty melibatkan serangkaian langkah yang perlu Anda lalui. Berikut ini adalah beberapa tahapan umum dalam prosedur ini.

1. Sebelum Prosedur

Sebelum menjalani prosedur epicanthoplasty, Anda harus terlebih dahulu menjalani konsultasi dengan dokter yang terkait. Pada tahap ini, Anda dapat berdiskusi dengan dokter tentang tujuan Anda, masalah yang ingin Anda atasi, serta harapan Anda terkait hasil prosedur ini. 

Selain itu, dokter juga akan melakukan evaluasi medis menyeluruh untuk memastikan bahwa Anda adalah kandidat yang sesuai untuk menjalani prosedur epicanthoplasty. Hal ini mencakup mengevaluasi riwayat kesehatan Anda, alergi, obat-obatan yang sedang Anda konsumsi, dan kondisi medis lainnya yang mungkin memengaruhi prosedur tersebut.

Baca Juga: Pahami 5 Pantangan Setelah Filler Kantung Mata

2. Selama Prosedur

Prosedur epicanthoplasty akan dimulai dengan pemberian anestesi lokal agar Anda tidak merasakan sakit dan nyeri selama prosedur ini berlangsung. Dalam beberapa situasi, terutama jika prosedur yang akan dilakukan lebih rumit, mungkin diperlukan penggunaan anestesi umum. Biasanya, dokter akan berdiskusi dengan Anda mengenai jenis anestesi yang akan digunakan sebelum prosedur dimulai.

Saat prosedur epicanthoplasty berlangsung, dokter akan membuat sayatan pada kelopak mata Anda untuk memperbaiki lipatan yang ada. Setelah lipatan mata berhasil diperbaiki, dokter akan dengan hati-hati menjahit kembali area tersebut menggunakan benang bedah yang halus.

3. Setelah Prosedur

Prosedur epicanthoplasty biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam. Karena prosedur ini relatif cepat dan sederhana, jadi Anda tidak perlu menginap di rumah sakit. 

Namun, setelah prosedur epicanthoplasty selesai, Anda harus beristirahat selama 1 hingga 2 jam di ruang pemulihan untuk memastikan tidak ada gejala atau komplikasi yang serius. Selain itu, Anda juga akan menerima panduan mengenai perawatan pasca tindakan, termasuk penggunaan obat-obatan yang mungkin diperlukan dan cara merawat luka operasi.

Jahitan dari prosedur ini biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar 1 minggu. Selama masa pemulihan, Anda harus menjalani beberapa kunjungan tindak lanjut dengan dokter yang merawat Anda untuk memantau perkembangan pemulihan Anda.

Informasi yang perlu diketahui mengenai Prosedur Epicanthoplasty  

Apa Saja Jenis Prosedur Epicanthoplasty ?

1. Medial Epicanthoplasty 

Prosedur ini digunakan untuk membuat lipatan kelopak mata Mongolia agar terlihat lebih besar dan tegas dengan membuka 1-2 mm bagian mata yang tersembunyi bisa membuat penampilan mata Anda terlihat lebih tegas dan besar.

Kandidat yang Ideal untuk Medial Epicanthoplasty:

  • Orang yang memiliki lipatan kelopak mata Mongolia
  • Jarak horizontal mata yang pendek
  • Jarak yang lebar antara kedua mata
  • Orang yang memiliki paras wajah yang lesu
  • Orang yang memiliki paras wajah yang terlalu tegas karena sudut depan matanya

Baca Juga: Apakah Operasi Lipatan Mata Permanen? Ketahui Faktanya Di Sini!

2. Lateral Epicanthoplasty 

Prosedur ini digunakan untuk memperlebar sudut ekor mata dengan memotong area kulit luar yang tertutup berlebihan untuk menambah panjang mata secara horizontal dan membuat mata yang terlihat mengantuk menjadi lebih besar, fresh dan terlihat awet muda.

Kondisi Ideal Untuk Lateral Epicanthoplasty:

  • Ingin memperpanjang lebar mata, agar mata terlihat lebih besar
  • Sudut mata luar lebih sempit daripada bagian dalam
  • Ujung sudut kelopak mata terlihat naik dan tajam

Apa Saja Efek Samping dari Epicanthoplasty?

Seperti tindakan bedah lainnya, epicanthoplasty juga memiliki potensi efek samping yang harus Anda pertimbangkan. Beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah prosedur ini termasuk berikut ini.

  • Pendarahan
  • Pembengkakan
  • Risiko infeksi pada bekas luka operasi
  • Timbulnya memar di area sekitar mata
  • Kemungkinan munculnya jaringan parut
  • Penumpukan cairan di bawah kulit
  • Ketidakcocokan dengan obat bius operasi
  • Kemungkinan mati rasa atau kesemutan akibat kerusakan pada saraf

Itulah informasi mengenai epicanthoplasty yang dapat Anda ketahui. Dari penjelasan sebelumnya, tentu Anda sudah dapat mengetahui mengenai definisi, manfaat, prosedur, hingga efek samping dari tindakan satu ini.

Apabila Anda memiliki kondisi lipatan epicanthal yang mengganggu sudut dalam mata Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menjalani prosedur Upper Blepharoplasty di Plasthetic Clinic. Salah satu tujuan dari tindakan ini adalah memperbaiki lipatan pada kelopak mata, yang dapat memberikan penampilan mata yang lebih muda dan sehat, serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani tindakan ini, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang prosedur, manfaat, serta risiko dan efek sampingnya. Sebab, setiap prosedur bedah memiliki risiko dan efek samping yang berbeda, oleh karena itu, konsultasi dengan dokter bedah yang ahli sangat diperlukan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai epicanthoplasty di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Teuku Nanda P, Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

ciri-ciri-penuaan-dini

Kenali Ciri-Ciri Penuaan Dini Agar Dapat Dicegah

Read More
cara menghilangkan skin tag

3 Cara Menghilangkan Skin Tag dengan Aman dan Mudah

Read More
cara-menghilangkan-lemak-di-bokong

13 Cara Menghilangkan Lemak di Bokong Secara Alami dan Operasi

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!