Apa Saja Jenis-Jenis Operasi Plastik yang Ada di Plasthetic?

jenis-jenis-operasi-plastik

Apa Saja Jenis-Jenis Operasi Plastik yang Ada di Plasthetic?

Di Tinjau oleh Dokter

Perawatan klinik kecantikan kini menjadi kebutuhan semua orang bahkan membicarakan klinik kecantikan sudah bukan hal yang tabu lagi. Kebutuhan untuk menjaga kecantikan dan kecantikan pribadi saat ini dibantu dengan maraknya klinik kecantikan. Tidak berhenti sampai di situ. Kini tidak sulit lagi mengeluarkan uang lebih untuk perawatan klinik kecantikan dengan harapan mendapatkan hasil yang terbaik.

Berbagai macam perawatan tersedia di klinik kecantikan, mulai dari perawatan kosmetik seperti facial, perawatan laser, filler, dan perawatan lainnya. Ada juga perawatan kecantikan dan kesehatan seperti pijat, akupresur, dan infus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kami juga dapat melakukan operasi plastik seperti operasi hidung dan pembesaran payudara.

Saat ini, banyak ahli bedah plastik, terutama di Indonesia, yang mulai melebarkan sayap untuk menyelesaikan masalah kecantikan sosial. Operasi plastik sendiri bertujuan untuk memperbaiki anggota tubuh yang tidak terlihat sempurna, dan untuk meningkatkan fungsi dan estetika tubuh, Anda juga dapat menambahkan bagian tubuh untuk tampilan yang lebih menarik. Yuk cari tahu selengkapnya tentang operasi bedah plastik ini!

Apa Itu Operasi Plastik?

Operasi plastik merupakan prosedur medis yang berfokus pada rekonstruksi atau perbaikan tubuh pasien dan cacat fungsional yang disebabkan oleh penyakit, cedera, kelainan bawaan, dan pembedahan. 

Tujuan utama dari prosedur ini adalah untuk mengembalikan fungsi kulit, tengkorak wajah dan struktur rahang (maksilofasial), otot tulang belakang (muskuloskeletal), payudara, kaki dan tangan, serta organ reproduksi melalui perbaikan bedah. 

Bedah plastik juga mencakup rekonstruksi estetika dan prosedur bedah yang ditujukan untuk memperbaiki fitur fisik yang tidak diinginkan terhadap struktur tubuh.

Apa Manfaat dari Operasi Plastik?

Seiring berjalannya waktu, dampak kemajuan,  teknologi medis kini semakin terasa. Salah satunya adalah operasi plastik. Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda melakukan operasi bedah plastik, yaitu:

1. Peningkatan Penampilan

Beberapa orang terlahir dengan kelainan bawaan tertentu, sementara yang lain mengalami kondisi tersebut setelah kecelakaan, trauma, atau masalah medis lainnya. 

2. Dapat Menunjang Karir

Operasi plastik bisa menunjang karir bagi orang-orang yang peduli dengan penampilan. Salah satu manfaat dari operasi plastik adalah apa yang dilihat selebriti saat mereka mengejar karir mereka.

3. Mengatasi Masalah Kesehatan

Operasi plastik juga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi penampilan mereka. Misalnya, orang dengan payudara dengan volume yang terlalu besar sering menderita sakit punggung yang menyiksa, sehingga operasi pengecilan payudara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan dan penampilan.

Baca Juga: Berapa Kisaran Biaya Operasi Bedah Plastik Wajah?

4. Tingkatkan Kepercayaan Diri Anda

Operasi plastik, terutama untuk tujuan estetika, dapat menanamkan citra diri yang kuat dan positif. Bahkan perubahan kecil di luar dapat membuat perbedaan besar di dalam, meningkatkan kepercayaan diri.

5. Ketika Perawatan Non-Invasif Tidak Menyelesaikan Masalah

Sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi plastik, ada banyak perawatan kosmetik non-invasif yang bisa Anda pilih. Jika, perawatan non-invasif ini tidak membuahkan hasil, sudah saatnya berarti Anda melakukan operasi bedah plastik ya, teman Plasthetic.

Apa Jenis-Jenis Operasi Plastik di Plasthetic?

jenis jenis operasi plastik

Setiap klinik kecantikan menawarkan berbagai macam perawatan. Pada Plasthetic Clinic sendiri operasi plastik yang berfokus pada wajah meliputi, Pembedahan untuk memancungkan hidung, menaikkan alis, dan mengencangkan kulit wajah. Di sisi lain, operasi plastik seperti sedot lemak, pengencangan perut, pembesaran payudara, dan pengecilan payudara juga dilakukan. Selain itu, juga memiliki beberapa prosedur operasi plastik seperti hymenoplasty dan vaginoplasty, serta biasanya memiliki perawatan untuk rambut seperti hair transplant.

Nah, bedah plastik ini sendiri bisa dibagi menjadi 2, bedah plastik rekonstruktif dan estetika. Operasi plastik rekonstruktif itu sendiri biasanya dilakukan untuk membuat bentuk dan fungsi suatu bagian tubuh menjadi lebih baik atau mendekati normal. Operasi plastik rekonstruktif, di sisi lain, biasanya dilakukan karena kecelakaan atau cedera. Yuk simak dahulu jenis operasi plastik pada area wajah dibawah ini.

Jenis-Jenis Operasi Plastik Pada Wajah

Berikut adalah jenis-jenis operasi plastik pada wajah yang mana melibatkan bagian-bagian wajah seperti operasi kelopak mata, operasi hidung, pengecilan bibir, bahkan sampai tekstur wajah.

1. Rhinoplasty

Rhinoplasty atau operasi hidung adalah prosedur operasi plastik yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk hidung bahkan sampai lubang hidung, yang dapat dikoreksi dengan tulang rawan hidung atau implan. Tujuan dari operasi hidung ini berkisar dari alasan estetika hingga alasan kesehatan. Rhinoplasty ini hanya boleh dilakukan oleh ahli bedah plastik.

Secara otomatis membentuk ulang wajah Anda agar terlihat lebih menarik dengan mengubah bentuk hidung dan ukuran hidung. Disisi lain, untuk alasan kesehatan, prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki masalah pernapasan yang disebabkan oleh kelainan hidung.

2. Lip Reduction

Pengecilan bibir atau lip reduction adalah prosedur operasi plastik yang dilakukan untuk mengecilkan ukuran bibir seseorang untuk memperbaiki penampilannya. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan wajah dan menyeimbangkan bentuk bibir atas dan bawah. Selain faktor kecantikan, ada juga faktor kesehatan yang bisa dilakukan oleh orang yang memiliki bibir terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Face Lift

Facelift adalah prosedur operasi plastik untuk menghilangkan kerutan di wajah. Prosedur ini juga disebut facelift atau neck lift. Tujuannya agar wajah terlihat awet muda dan bebas kerutan. Elastisitas kulit wajah dapat menurun seiring bertambahnya usia. Artinya, lemak di wajah berkurang atau bertambah di sisi lain. Oleh karena itu, diperlukan tindakan untuk memperbaiki perubahan terkait usia pada kulit wajah.

4. Otoplasty

Otoplasty atau penanganan telinga menonjol atau cacat dilakukan dengan memperdekat telinga ke kepala melalui jahitan atau pembentukan kembali tulang rawan. Biasanya dilakukan pada anak-anak usia 5 atau 6 tahun karena pada usia itu, telinga sudah mencapai ukuran dewasa.

5. Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah operasi yang bertujuan untuk merestrukturisasi kelopak mata. Seiring penuaan, kulit menjadi kendur, kelopak mata mungkin menggantung atau tertutup, dan terdapat kantung di bawah kelopak mata. Umumnya, tindakan ini melibatkan pengangkatan atau reposisi kulit dan lemak berlebih, serta penguatan otot serta tendon di sekitarnya. Operasi ini dapat mengubah wajah atau menegangkan kulit.

Baca Juga : Facelift Adalah: Pengertian, Jenis, Serta Durasi Prosedurnya

Jenis-Jenis Operasi Plastik Pada Tubuh

Meski tidak jauh berbeda dengan operasi plastik wajah, operasi plastik tubuh juga dilakukan untuk menambah nilai estetika pada wajah. Dalam operasi plastik pada bentuk tubuh, beberapa tindakan dapat dilakukan, seperti:

1. Breast Augmentation

Breast Augmentation adalah prosedur pembedahan yang bertujuan untuk meningkatkan volume payudara dan mengencangkan payudara. Tindakan ini dapat dilakukan dengan dua cara. Itu berarti meningkatkan volume payudara melalui implan atau menggunakan lemak yang ditransfer dari area lemak tubuh. Prosedur bedah yang melibatkan lemak autologous atau pencangkokan lemak memberikan hasil yang lebih alami. Namun, sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu ya.

2. Liposuction

Liposuction ataupun biasanya dikenal dengan sedot lemak, adalah prosedur pembedahan yang bertujuan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan serta upaya untuk menurunkan berat badan. Prosedur ini dilakukan untuk mempertahankan sosok ideal atau untuk mengatasi penyakit tertentu. Liposuction atau sedot lemak, dapat menghilangkan lemak dari area seperti pipi, leher, di bawah dagu, lengan atas, perut, bokong, paha, atau betis.

Baca Juga: Apa Itu Bedah Plastik? Pengertian dan Fakta Menarik Mengenai Bedah Plastik

3. Butt Augmentation

Butt atau Buttock Augmentation adalah prosedur operasi plastik yang dilakukan untuk memperbaiki area tubuh bagian bokong dengan cara memperbesar volume menggunakan implan atau cangkok lemak. Operasi plastik ini bertujuan untuk menambah bentuk agar tubuh dapat terlihat lebih sexy.

Selain terdapat bedah plastik pada wajah dan tubuh , terdapat juga bedah plastik yang bertujuan untuk rekonstruksi. Untuk rekonstruksinya sendiri Plasthetic Clinic mempunyai program operasi sumbing gratis bekerja sama dengan Gentur Cleft Foundation. Operasi ini bisa dilakukan untuk pasien-pasien yang semisal dia pernah ada scar/bekas luka/hidung miring akibat kecelakaan dan lainnya.

Banner Plastic Surgeon

Apa Saja Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Operasi Plastik?

Sebelum mempertimbangkan untuk menjalani operasi plastik, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

  1. Mintalah informasi lengkap mengenai hasil dan risiko operasi plastik yang akan Anda jalani. Periksalah juga gambar sebelum dan setelah operasi untuk memahami hasil yang mungkin Anda dapatkan.

  2. Telusuri latar belakang serta reputasi dokter spesialis bedah plastik dan dokter spesialis anestesi yang akan bertanggung jawab atas operasi Anda. Kemampuan dokter anestesi memiliki peran penting dalam kelancaran operasi.

  3. Penting untuk diingat bahwa operasi plastik biasanya memberikan hasil yang tidak permanen. Efek dari bedah plastik cenderung berlangsung hanya untuk jangka waktu tertentu dan akan menghilang seiring dengan proses penuaan.

  4. Saat memilih rumah sakit atau klinik kecantikan, pilihlah dengan hati-hati. Pastikan bahwa operasi plastik akan dilakukan oleh seorang dokter bedah plastik berpengalaman yang memiliki rekam jejak yang baik.

Apa Faktor Risiko dari Operasi Plastik?

Faktanya, tidak ada yang mau mengambil risiko dari menjalani operasi plastik. Namun, beberapa menghadapi risiko efek samping dan komplikasi dari operasi plastik. Di sini kami membahas berbagai efek samping yang mungkin Anda alami dengan bedah kosmetik.

1. Bekas Luka

Bekas luka berupa jaringan parut sering terbentuk saat proses penyembuhan pasca operasi, termasuk operasi plastik. Namun, munculnya bekas luka tidak selalu dapat diprediksi. Untuk mencegahnya, hindari merokok sebelum dan sesudah operasi, makan dengan baik setelah operasi, dan ikuti aturan pemulihan yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

Baca Juga : Abdominoplasty Adalah: Fungsi, Prosedur, dan Risikonya

2. Memar

Memar dapat menjadi efek samping dari operasi plastik yang dapat terjadi selama operasi. Kondisi ini sering ditandai dengan munculnya mati rasa, rasa terbakar, dan gatal-gatal pada kulit.

3. Bengkak

Bengkak juga merupakan  kemungkinan efek samping yang terjadi setelah operasi ya, teman Plasthetic. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir dikarenakan hal ini tidak berlangsung lama dan akan sembuh dengan sendirinya.

Bagaimana Cara Proses Melakukan Operasi Plastik di Plasthetic?

proses melakukan operasi plastik

Operasi plastik dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik tergantung pada tujuan operasi:

  1. Cangkok kulit. Dalam prosedur ini, kulit yang sehat dikeluarkan dari area yang tidak terpengaruh dan digunakan untuk menutupi area kulit yang rusak atau membutuhkan perbaikan. Teknik ini terutama digunakan untuk menutupi luka besar, luka bakar, patah tulang, langit-langit mulut sumbing, dan area kulit yang membutuhkan reseksi (seperti kanker).

  2. Peregangan jaringan di mana jaringan di sekitarnya diregangkan. Seorang dokter memasukkan alat seperti balon di bawah lapisan kulit dan mengisinya dengan air garam untuk meregangkan kulit. Bila ini cukup, alat ditarik kembali dan jaringan baru ditempatkan di lokasi untuk menggantikan kulit yang rusak dan/atau hilang.

  3. Penutupan bedah. Hal ini terutama digunakan untuk operasi payudara dan bibir sumbing. Cara kerjanya mirip dengan teknik cangkok kulit dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi karena diberikan langsung dari jaringan baru yang dicangkokkan ke bagian tubuh yang terluka.

  4. Peralatan buatan (prostetik): Prosedur ini mengembalikan bentuk dan fungsi bagian tubuh yang hilang atau rusak dengan menempelkan peralatan ke wajah, kepala, kulit kepala, atau mulut. 

  5. Terakhir, dengan melakukan treatment di klinik kecantikan, Anda bisa melakukan treatment – treatment yang ditawarkan oleh Plasthetic Clinic seperti, laserfacial peelinginstant detox dan lain sebagainya ya teman Plasthetic.

Metode lain adalah suction oklusif, krim penutup atau metode lain yang digunakan tergantung pada kondisi dan kebutuhan pasien.

Bagaimana Tahapan Pemulihan Pasca Operasi Plastik?

Setelah menjalani operasi plastik, ada beberapa tindakan yang perlu diperhatikan untuk proses pemulihan:

  1. Patuhi petunjuk mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

  2. Pastikan Anda menjaga asupan cairan dan nutrisi tubuh dengan memadai.

  3. Tetap menjalani rutinitas olahraga.

  4. Jaga kebersihan luka operasi untuk mencegah infeksi.

  5. Bila perlu, Anda juga bisa melakukan terapi rehabilitasi medis.

Jika Anda memiliki cacat lahir tertentu, kondisi medis, atau menderita luka bakar, trauma, atau cedera yang membuat bagian tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk menemui dokter bedah plastik untuk dapat melakukan prosedur bedah plastik ya, Teman Plasthetic.Untuk keamanan dan hasil terbaik, sebaiknya konsultasikan dan jadwalkan janji temu dengan dokter spesialis terpercaya dengan pengalaman terbaik di bidang bedah plastik.

Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk Anda, lho. Selain tempat pelayanan yang nyaman dan dokter serta beautician yang sudah berpengalaman, Plasthetic clinic juga dilengkapi dengan alat yang modern dan canggih untuk dapat menunjang operasi bedah plastik Anda. So? tunggu apalagi. Dapatkan kecantikan dan tubuh impian Anda bersama kami hanya di Plasthetic Clinic.

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

pantangan setelah scaling gigi

Pahami 5 Pantangan Setelah Scaling Gigi

Read More
penyebab-penuaan-dini

Mengenal 6 Penyebab Penuaan Dini

Read More
apa fat transfer lebih aman dari filler payudara

Apa Fat Transfer Lebih Aman dari Filler Payudara? Ini Faktanya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!