Operasi Bibir Sumbing: Definisi, Prosedur, dan Efek Sampingnya

operasi bibir sumbing adalah

Operasi Bibir Sumbing: Definisi, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Di Tinjau oleh Dokter

Bibir sumbing merupakan kelainan struktural yang sering terjadi pada bayi dan anak-anak yang dapat mempengaruhi fungsi bicara, mengunyah, serta tampilan fisik. Salah satu solusi medis untuk mengatasi bibir sumbing adalah melalui operasi bedah plastik yang dikenal sebagai operasi bibir sumbing. Baca selengkapnya!

Apa Itu Operasi Bibir Sumbing?

Operasi bibir sumbing sendiri merupakan prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk memperbaiki kelainan struktural pada bibir dan langit-langit mulut. Kelainan tersebut terjadi akibat ketidaknormalan perkembangan dalam rahim yang mengakibatkan celah atau sumbing pada bibir dan/atau langit-langit mulut.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Double Chin Tanpa Operasi Secara Alami dan Face Tite

Bagaimana Prosedur Operasi Bibir Sumbing?

Prosedur operasi bibir sumbing tergantung pada tingkat keparahan kelainan yang dialami pasien. Namun secara umum, berikut adalah tahapan prosedur operasi bibir sumbing:

  1. Sebelum operasi dimulai, pasien akan diberikan anestesi umum untuk membuatnya tidak merasakan sakit selama operasi.
  2. Dokter bedah akan melakukan sayatan di sekitar bibir atau langit-langit mulut yang terkena sumbing untuk menghilangkan jaringan yang tidak normal dan menyeimbangkan bentuk bibir atau langit-langit mulut.
  3. Setelah sayatan dilakukan, dokter bedah akan menarik dan menjahit kulit di sekitar bibir atau langit-langit mulut untuk membentuk bibir dan langit-langit mulut yang normal. Pada beberapa kasus, dokter bedah juga dapat melakukan operasi pada hidung untuk mengoreksi kelainan bentuk hidung yang seringkali terjadi bersamaan dengan bibir sumbing.
  4. Setelah operasi selesai, luka bekas sayatan akan ditutup dengan perban khusus atau jahitan yang akan dilepas setelah beberapa hari.
  5. Pasien akan dirawat di rumah sakit/ klinik selama beberapa hari setelah operasi dan akan diberikan obat penghilang rasa sakit serta antibiotik untuk mencegah infeksi. Selain itu, pasien harus mengikuti instruksi dokter mengenai bagaimana cara merawat luka pascaoperasi, termasuk menjaga kebersihan luka dan membatasi aktivitas fisik.

Baca Juga: Bagaimana Proses Operasi Bibir Tebal di Indonesia

Apa Saja Efek Samping Operasi Bibir Sumbing?

Prosedur operasi bibir sumbing merupakan tindakan bedah yang rumit, sehingga penting bagi pasien untuk mengikuti semua instruksi dokter dan melakukan perawatan pascaoperasi dengan baik untuk memastikan kesembuhan yang optimal.

Meskipun operasi bibir sumbing telah banyak dilakukan dan menjadi salah satu prosedur bedah yang paling umum, namun ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah operasi. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi meliputi nyeri, bengkak, perdarahan, infeksi, dan masalah pernapasan.

Selain itu, terdapat juga risiko komplikasi pada jangka panjang seperti kelainan bentuk bibir atau langit-langit mulut yang tidak normal, gangguan bicara, dan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan dan minum.

Namun, efek samping dan risiko komplikasi dari operasi bibir sumbing dapat dihindari dengan memilih dokter bedah yang berpengalaman dan mematuhi semua instruksi pascaoperasi yang diberikan oleh dokter. 

Baca Juga: 7 Cara Memanjangkan Dagu Dengan Operasi dan Non-Operasi

Banner Plastic Surgeon

Apa Saja Hal-hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Operasi Bibir Sumbing?

Sebelum menjalani operasi bibir sumbing, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan kesuksesan prosedur bedah dan meminimalkan risiko komplikasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum operasi bibir sumbing:

1. Konsultasikan Dengan Dokter

Sebelum menjalani operasi, pasien harus berkonsultasi dengan dokter bedah untuk menentukan apakah operasi tersebut benar-benar diperlukan dan untuk membahas rincian prosedur bedah.

2. Menjaga Kesehatan Fisik

Pasien perlu menjaga keadaan kesehatan fisiknya untuk meminimalkan risiko komplikasi selama operasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari makanan atau minuman yang dapat mempengaruhi kesehatan, seperti alkohol atau merokok.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Operasi bibir sumbing dapat menyebabkan stres dan kecemasan pada pasien, sehingga penting untuk menjaga keadaan mental agar tetap tenang dan relaks sebelum menjalani operasi.

4. Mematuhi Instruksi Dokter

Setelah berkonsultasi dengan dokter, pasien harus mematuhi semua instruksi dan rekomendasi dokter terkait persiapan sebelum operasi, termasuk penghentian konsumsi obat-obatan tertentu dan penyesuaian pola makan.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik sebelum operasi bibir sumbing, pasien dapat meningkatkan kesuksesan prosedur bedah serta memperkecil risiko komplikasi selama dan setelah operasi.

Tahukah Anda teman Plasthetic? Bahwa, saat ini dalam rangka Anniversary ke-4 Tahun Plasthetic Clinic mengadakan operasi bibir sumbing secara gratis bekerjasama dengan Gentur Cleft Foundation dan Lestari Peduli. Hal ini dilakukan agar para penderita bibir sumbing dapat mendapatkan hidup yang lebih nyaman kedepannya.

Plasthetic Clinic sendiri merupakan klinik kecantikan yang sudah berpengalaman dalam melakukan berbagai perawatan mulai dari dental, aesthetic, dan surgery. Hingga saat ini Plasthetic Clinic sudah berhasil membuka 3 Cabang yaitu di Bendungan Hilir, Alam Sutera dan Banda Aceh serta akan kembali membuka cabang ke 4 di Kota Semarang.

Jangan lewatkan momen spesial ini! Bergabunglah bersama kami dalam merayakan Grand Opening Plasthetic Clinic Cabang Semarang yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Nikmati penawaran menarik dan diskon khusus untuk pembukaan Plasthetic Clinic Cabang Semarang. Jadilah salah satu dari orang-orang pertama yang mencoba fasilitas dan layanan kami yang baru. See You There!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life.

Di Review Oleh:

dr. Vania Aramita Sari Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-menghilangkan-lemak-di-ketiak

Mengenal 8 Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak dengan Tepat

Read More
brow lift adalah

Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

Read More

Perawatan Setelah Cabut Gigi Bungsu: Hal yang Perlu Diperhatikan

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!