Operasi Buccal Fat Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

Operasi Buccal Fat Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Sebagai seorang perempuan dengan pipi tembam karena lemak pipi yang terlihat besar, seringkali rasa kepercayaan diri menjadi menurun. Dengan bentuk pipi tembam, beberapa wanita ataupun pria biasanya menganggap kondisi fisik dengan pipi tembam merupakan masalah serius, karena memperlihatkan bahwa dirinya memiliki berat badan yang berlebih.

Padahal, bisa jadi hanya pipi kamu saja yang terlihat lebih besar. Namun bagi sebagian perempuan yang merasa memiliki pipi tembam adalah masalah yang serius, tentu saja hal ini harus segera diatasi dengan serius juga.

Saat ini ada beberapa solusi untuk membuat pipi tembam terlihat lebih tirus dan ramping. Mulai dari melakukan diet, sampai melakukan prosedur operasi. Berbicara mengenai prosedur operasi, ada salah satu metode operasi yang dapat mengatasi masalah pipi tembam. Prosedur ini biasa disebut sebagai operasi buccal fat removal.

Namun, sebelum lebih lanjut membahas mengenai Buccal Fat, Plasthetic akan lebih dulu membahas mengenai penyebab pipi tembam. Lantas, apa saja penyebab pipi tembam? Yuk simak artikel terkait buccal fat!

Apa Penyebab Pipi Tembam?

Perlu diketahui, ada banyak penyebab pipi yang tembam, salah satunya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa penyebab pipi tembam lainnya yang perlu Anda tahu:

1. Kelebihan Lemak

Salah satu penyebab pipi tembam adalah adanya lapisan lemak berlebih pada beberapa bagian tubuh. Kelebihan lemak ini dapat terjadi karena makanan yang dikonsumsi mengandung terlalu banyak karbohidrat sederhana dan tidak seimbang. Karena sangat disarankan untuk menjaga pola makan bagi Anda yang cenderung memiliki potensi dalam terjadinya penumpukan lemak di pipi, maka dari itu sangat penting pula menjaga pola makan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pipi Tirus Permanen di Klinik Kecantikan Kecantikan?

2. Dehidrasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab pipi Anda tembam. Untuk meminimalisir terjadinya dehidrasi dan pipi tembam, maka dari itu minumlah air mineral sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. karena dehidrasi menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak adanya cairan di beberapa tempat termasuk pipi. 

Baca Juga: Mengenal Tren Kecantikan Wajah V-Shape Ala Idol K-Pop Yang Menjadi Incaran Banyak Orang

3. Jadwal tidur berantakan 

Ubahlah kebiasaan tidur yang berantakan. Usahakan untuk tidur lebih dari 6 jam setiap harinya. Serta perbaiki pola tidur yang dimiliki. Jika Anda ingin memiliki pipi tirus dan kecil. 

Permasalahan seperti diatas adalah faktor-faktor yang membuat pipi menjadi lebih besar atau chubby. Salah satu yang sering dihadapi pemilik pipi tembam adalah berat badan berlebih. Dimana tumpukan lemak juga ikut berkumpul di pipi. Jika Anda ingin memiliki pipi kecil dalam waktu cepat makan operasi plastik adalah pilihannya. 

Apa Itu Operasi Buccal Fat Removal?

Operasi plastik untuk mengecilkan pipi adalah dengan cara operasi pengangkatan bantalan lemak bukal atau lemak pipi dan biasa disebut Buccal Fat Removal. Operasi Buccal Fat Removal adalah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk menghilangkan lemak di antara tulang pipi dan tulang rahang yang dilakukan oleh dokter ahli bedah plastik. Sehingga hasilnya adalah membuat tampilan pipi menjadi lebih tirus atau kecil. 

Lemak pipi di pipi memiliki fungsi yaitu membantu proses mengunyah makanan. Karena itu, tidak masalah untuk memiliki pipi yang lebih besar. Walaupun dalam keseharian, memiliki pipi besar adalah suatu ketidaksempurnaan untuk tampil menarik dan percaya diri. Maka yang dapat dilakukan sekarang adalah berkonsultasi dengan dokter bedah plastik tentang buccal fat yang dimiliki. 

Mengecilkan pipi dan mengurangi lemak di sekitar mulut dengan Buccal Fat Removal di Plasthetic Clinic bukanlah satu-satunya prosedur operasi yang aman dan dapat dilakukan untuk mengecilkan pipi. Perawatan estetik juga wellness bisa menjadi pilihan lainnya. Jika tetap ingin melakukan operasi untuk mengangkat jaringan lemak maka yang dapat direkomendasikan selain operasi buccal fat removal adalah Lipo pipi. Selain itu, untuk wellness maka kami akan menyarankan adalah berkonsultasi dengan dr. Gizi. Dimana ada beberapa hal yang dapat dilakukan sesuai dengan saran beliau. 

Pasien yang melakukan perawatan buccal fat adalah orang-orang yang sudah berumur 20 sampai 40 tahun. Hal itu dikarenakan, sebagian diantara mereka merasa tidak nyaman dengan kondisi pipi yang terlalu tembem dan bulat sehingga akan mempengaruhi penampilan wajah yang tidak setara dengan ukuran tubuh.

Banner Plastic Surgeon

Apa Kriteria untuk Melakukan Operasi Buccal Fat?

Sebelum melakukan operasi buccal fat Anda harus mengetahui beberapa kriteria kesehatan yang harus terpenuhi sebelum menjalankan operasi buccal fat. Dokter akan melihat kriteria seperti usia, apakah Anda pernah memiliki riwayat penyakit kronis, tingkat gula darah dan kriteria kesehatan medis lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Wajah Secara Ampuh Agar Terlihat Tirus

Bagaimana Prosedur Operasi Buccal Fat Removal?

Sebelum mulai ke tahap operasi, Anda sebagai pasien harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai usia, kondisi tubuh, serta riwayat kesehatan. Jik hasil kondisi kesehatan Anda sudah memenuhi syarat, maka tahap pertama yang akan dilakukan oleh dokter adalah memberikan suntik anestesi total hingga Anda tertidur agar tidak merasakan sakit ketika tindakan operasi berlangsung.

Prosedur operasi ini cukup sederhana dan tidak memerlukan pengulangan, sehingga Anda hanya menghabiskan waktu selama kurang lebih 60 menit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang akan dokter lakukan untuk mengeluarkan lemak di pipi:

  • Pertama-tama, dokter akan memasang retractor mulut yang hampir serupa dengan alat dokter gigi ditambah dengan alat pemberi tekanan di bagian luar pipi
  • Kedua, melakukan proses penyayatan sepanjang 1 cm di bagian dalam mulut diantara gigi molar kedua.
  • Ketiga, sayatan perlahan-lahan dibuka untuk menghilangkan lemak bukal diantara otot mengunyah dan jaringan lunak pipi. Kemudian, dokter secara perlahan akan menarik bagian lemak tersebut.
  • Terakhir, setelah lemak bukal diambil dan dipotong, sayatan kecil tersebut lalu ditutup dengan jahitan yang bisa diserap oleh kulit.

Apa Saja Risiko Efek Samping Buccal Fat Removal?

Pengangkatan lemak bukal adalah suatu prosedur kecil yang dilakukan pada wajah. Meski begitu, operasi ini tetap membawa sejumlah risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjalani operasi ini. Beberapa risiko tersebut meliputi:

  • Kemungkinan terjadinya infeksi pada lokasi sayatan.
  • Risiko cedera pada saraf wajah atau saluran air liur.
  • Potensi mati rasa atau perubahan sensasi pada area tertentu.
  • Kemungkinan wajah tampak tidak simetris.
  • Risiko terjadinya pendarahan.

Bagaimana Tips Pemulihan Setelah Perawatan Buccal Fat Removal?

Setelah Anda melakukan operasi buccal fat removal, Anda akan mengalami pembengkakan di jaringan pipi yang nantinya akan hilang setelah 2 minggu pemulihan. Namun, dibawah ini terdapat beberapa tips agar bekas luka operasi tidak terinfeksi dan proses pemulihan pun dapat lebih cepat, diantaranya:

  • Hindari menyikat gigi di area operasi, sebab bisa menimbulkan tekanan pada jahitan.
  • Berkumur menggunakan air biasa sebanyak 4-5 kali sehari selama 7 hari pasca melakukan operasi.
  • Menggunakan dua bantal ketika tidur agar lebih tinggi setidaknya selama 2 hari setelah masa operasi
  • Menggunakan tali dagu pada malam hari selama dua minggu setelah operasi, untuk memberikan dukungan lebih pada kulit pipi.
  • Kompres menggunakan air dingin di bagian pipi selama tiga hari pertama sebanyak 2-3 kali.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu panas dan juga pedas selama 24 jam pasca operasi untuk mencegah risiko iritasi pada mulut.
  • Hindari konsumsi makanan keras seperti kerupuk atau keripik, karena bisa menarik jahitan yang ada di dalam mulut dan disarankan untuk mengonsumsi makanan lunak selama beberapa hari kedepan.
  • Perbanyak minum air putih dingin, konsumsi buah dan vitamin untuk membantu penyembuhan luka operasi semakin cepat.

Jadi buccal fat untuk mengangkat jaringan lemak bukanlah satu-satunya pilihan untuk memiliki pipi kecil. Akan tetapi, Buccal Fat adalah cara instan yang dapat dilakukan untuk memiliki pipi kecil. Tanpa Downtime, tanpa harus merasakan sakit berlebih.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan perawatan operasi buccal fat removal terbaik dan aman, Anda bisa melakukannya di Plasthetic Clinic yang ditangani langsung oleh dokter profesional dengan peralatannya yang lengkap. Yuk, segera konsultasikan masalah kulit wajah Anda sekarang hanya di Plasthetic!

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Mommy Makeover untuk Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

Read More

Ketahui 8 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur dengan Baik dan Benar

Read More

5 Penyebab Pori-pori Wajah Membesar serta Cara Mengatasinya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!