Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Wajah!

cara-mengecilkan-wajah

Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Wajah!

Di Tinjau oleh Dokter

Beberapa wanita merasa tidak percaya diri saat menyadari bahwa wajahnya terlihat lebih penuh. Sebenarnya ada cara mengecilkan wajah yang besar ini secara alami tanpa perawatan di klinik kecantikan. Meski wajah yang lebih lebar ini terlihat lebih muda dan cantik, sebagian orang menganggap wajah yang lebar ini membuat mereka terlihat lebih gemuk. Jadi cukup mengganggu perasaan diri sendiri, meski tidak semua pemilik wajah yang besar berbadan gemuk.

Banyak dari mereka yang memiliki tubuh ideal atau bahkan langsing, meski memiliki wajah yang terlihat besar yang membuat mereka terlihat gemuk. Bentuk wajah ini tentunya menyesuaikan dengan rahang, sehingga diperlukan perawatan atau operasi plastik untuk mengubah bentuk wajah secara umum. Berikut ini ada beberapa cara untuk dapat mengecilkan wajah yang terlihat besar. Yuk baca selengkapnya!

Apa Saja Ciri-Ciri Wajah yang Besar? 

Berikut ini adalah ciri ciri orang yang memiliki wajah yang besar yang sudah dirangkum oleh Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Memiliki Tulang Rahang Yang Besar Kuat

Yaps, rahang yang besar ini tentunya merupakan ciri ciri utama seseorang dapat memiliki wajah yang cenderung terlihat besar, ya teman Plasthetic. Rahang yang besar ini sangat mempengaruhi penampilan wajah kalian tanpa kalian menyadarinya.

2. Memiliki Pipi Chubby

Pipi chubby umumnya diakibatkan  karena adanya timbunan lemak yang menumpuk pada area wajah, sehingga tampak lebih bulat serta penuh. Kelebihan lemak pada pipi ini dapat terjadi dikarenakan penambahan berat badan, contohnya akibat pola makan yang berlebihan, kurangnya aktivitas  olahraga, ataupun faktor genetik. Nah, orang yang memiliki pipi yang chubby ini cenderung memiliki wajah yang terlihat lebih besar dibandingkan orang yang memiliki pipi tirus.

3. Otot Rahang yang besar

Ciri-ciri wajah terlihat besar berikutnya adalah ketika memiliki otot rahang yang besar. Hal ini diakibatkan apabila seseorang mempunyai kebiasaan mengunyah yang terlalu sering serta terus menerus, sehingga otot pada bagian rahang membengkak.

Apa Saja Penyebab Wajah Terlihat Besar? 

Bentuk wajah seseorang ditentukan oleh bentuk tulang penyusun area wajah, ketebalan otot, dan jaringan adiposa. Bergantung pada berat badan, persentase lemaknya bisa dikurangi, misalnya orang yang kelebihan berat badan biasanya memiliki lebih banyak lemak di wajahnya, yang membuat wajahnya terlihat gemuk. Pada saat yang sama, orang normal atau kurus memiliki wajah yang lebih kurus daripada orang yang kelebihan berat badan, namun distribusi lemak dalam tubuhnya juga berbeda. Wajah yang terlihat besar ini bisa terlihat besar karena beberapa hal yaitu, otot rahangnya yang besar, lemak di pipinya yang banyak dan juga memiliki tulang rahangnya yang besar.

Baca Juga: 6 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah yang Perlu Kamu Tahu!

Bagaimana Cara Mengecilkan Wajah?

Beberapa wanita menggunakan riasan untuk menyembunyikan wajah yang terlihat besar ini, berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengecilkan wajah Anda, yaitu:

1. Lakukan Senam Wajah

Cara mengecilkan wajah yang lebar ini pertama adalah dengan melakukan senam wajah. Senam wajah secara rutin dipercaya dapat mengencangkan otot wajah, mengurangi tanda-tanda penuaan, menguatkan otot wajah dan membuat pipi terlihat lebih tirus.

Cara melakukan senam wajah cukup sederhana. Mulailah dengan melakukan gerakan mulut seperti Anda mengucapkan huruf U atau O selama beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa menarik sudut mulut ke atas dan ke bawah. Ulangi gerakan ini selama 20-30 menit.

2. Mengunyah Permen Karet

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengecilkan rahang. Hal ini dikarenakan kebiasaan mengunyah dapat mengencangkan otot-otot wajah dan pipi sehingga membuat wajah terlihat lebih tirus.

BS

3. Membatasi Penggunaan Gula dan Garam

Pola makan yang tinggi gula dan garam dapat menyebabkan penambahan berat badan dan retensi air pada wajah sehingga membuat wajah terlihat berminyak. Oleh karena itu, penting untuk menahan diri dari mengonsumsi makanan manis, produk tepung olahan, minuman bersoda dan makanan cepat saji (junk food), agar wajah tidak terlihat gemuk. Sebaliknya, biasakan makan makanan sehat untuk menjaga berat badan tetap terkendali sehingga wajah dapat terlihat lebih kecil.

4. Waktu Tidur Yang Cukup

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara jumlah jam tidur dan berat badan. Seseorang yang tidur yang kurang dari 5 jam setiap malam ini tentunya dapat memiliki risiko pada kenaikan berat badan. Ini karena kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon perangsang nafsu makan. Jadi usahakan tidur yang cukup setiap hari agar berat badan terkontrol dengan baik, energi kembali pulih saat bangun pagi, dan wajah terlihat lebih segar.

5. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Setelah diet Anda, lengkapi gaya hidup Anda dengan olahraga teratur. Jalan kaki minimal 20 menit setiap hari untuk membakar kalori ekstra dalam tubuh. Olahraga teratur akan memberi Anda bentuk tubuh ideal yang akan melangsingkan wajah Anda, lho teman Plasthetic.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab Wajah Tidak Simetris dan Cara Membuatnya Simetris

Rekomendasi Perawatan untuk Mengecilkan Wajah 

Source: freepik.com

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perawatan oleh Plasthetic Clinic yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan wajah Anda, yaitu:

1. Botox

Treatment ini dilakukan dengan menyuntikkan Botulinum Toxin ke area untuk merelaksasi otot. Tindakannya memblokir sinyal saraf asetilkolin di otot wajah, membuatnya lebih rileks. Dengan melakukan prosedur botox berfungsi untuk dapat membuat kulit wajah Anda lebih lembut serta kencang, tentunya hal ini membuat wajah Anda lebih rileks ya teman Plasthetic, akibatnya, kerutan dapat menghilang dari wajah.

2. Buccal Fat Removal

Buccal fat removal merupakan prosedur bedah kosmetik yang ditujukan untuk mengurangi ukuran pipi. Biasanya operasi ini dilakukan pada orang yang memiliki pipi tebal atau tembam. Dengan bantuan penghilangan lemak di mulut, bentuk pipi dan wajah menjadi lebih ideal.

3. Jaw Surgery

Jaw surgery merupakan  operasi untuk dapat mengoreksi rahang yang memisahkan ataupun mematahkan dan mengoreksi tulang rahang atas dan bawah untuk dapat mengetahui kondisi rahang yang cenderung panjang atau menonjol, mulut menonjol, wajah asimetris, termasuk koreksi lain terkait ketidaksejajaran rahang dan peningkatan fungsi rahang. Prosedur operasi ini dapat membuat wajah Anda terlihat jauh lebih kecil dan tirus seperti wanita-wanita korea, lho teman Plasthetic. Wah, sangat menarik bukan?

Baca Juga: Ketahui Cara Menghindari Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Wajah yang terlihat besar ini sebenarnya bukanlah masalah jika Anda tetap merasa percaya diri. Akan tetapi, jika Anda merasa terganggu dengan kondisi wajah yang lebar ini, Anda diperbolehkan untuk dapat melakukan prosedur perawatan baik secara alami maupun yang ditangani oleh dokter yang tentunya dapat membuat wajah Anda terlihat lebih kecil.

Namun perlu diingat bahwa anda harus sabar dan konsisten untuk mengecilkan wajah Anda karena cara alami mengecilkan wajah ini baru akan memberikan hasil jika Anda menerapkannya secara rutin selama beberapa minggu.

Jika Anda ingin mengecilkan wajah secara medis, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Prosedur medis untuk dapat mengecilkan wajah ini harus ditangani langsung oleh dokter bedah plastik. Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk Anda melakukan hal ini dari mulai berkonsultasi dengan dokter hingga melakukan prosedur medis tersebut. Untuk itu tunggu apalagi? Yuk segera jadwalkan kedatangan Anda di Plasthetic Clinic sekarang, ya teman Plasthetic.

Plasthetic Clinic, Enchance Your Quality Of Life.

Di Review Oleh: 

dr. Aema Yunita Amir

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

glycolic-acid-adalah

Mengenal Glycolic Acid dan Manfaatnya Untuk Perawatan Kulit

Read More

Penyebab Wajah Terlihat Tua dan Cara Mencegahnya

Read More
cara membuat wajah cerah

10 Cara Membuat Wajah Cerah dengan Efektif secara Alami

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!