Cara Mengatasi Mata Sayu dan Cara Kembalikan Kesegarannya

cara mengatasi mata sayu

Cara Mengatasi Mata Sayu dan Cara Kembalikan Kesegarannya

Di Tinjau oleh Dokter

Tampilan mata yang sayu terkadang dapat membuat wajah Anda terlihat lelah dan kurang berenergi, meskipun sebenarnya Anda merasa segar dan penuh semangat. Seringkali, kondisi mata sayu ini dianggap sebagai salah satu tanda kelelahan atau kurang tidur, padahal sebenarnya bisa saja merupakan karakteristik alami dari bentuk mata atau akibat faktor penuaan. Jika kondisi mata sayu yang Anda miliki mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, maka Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi mata sayu yang dapat Anda temukan dalam artikel Plasthetic Clinic berikut ini.

Apa Itu Mata Sayu?

Mata sayu mengacu pada kondisi di mana mata terlihat lelah, lesu, dan kurang bersemangat. Hal ini dapat menyebabkan wajah terlihat kurang segar dan kurang bertenaga. Mata yang terlihat sayu sendiri seringkali ditandai dengan kelopak mata yang terkulai, lingkaran hitam di bawah mata, dan pembengkakan di sekitar mata.

Secara medis, mata yang terlihat sayu sering disebut sebagai ptosis atau blepharoptosis, yaitu kondisi di mana kelopak mata atas terkulai dan menutupi sebagian pupil mata. Ptosis yang disebabkan oleh kondisi medis sendiri dapat menyebabkan mata terlihat sayu dan seringkali disertai dengan gangguan penglihatan seperti pandangan kabur, kelelahan mata, dan bahkan sakit kepala.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi mata yang terlihat sayu, termasuk kurang tidur, stres, penuaan, faktor genetik, pola makan yang buruk, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, alergi, serta paparan sinar matahari.

Baca Juga: Pahami 5 Pantangan Setelah Filler Kantung Mata

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Sayu?

Jika Anda memiliki kondisi mata sayu, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata sayu sendiri di rumah dengan aman dan mudah. Berikut adalah beberapa cara mengatasi mata sayu yang dapat Anda lakukan:

1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat merupakan langkah pertama dan paling penting dalam mengatasi mata sayu. Anda dapat melakukannya dengan menjaga pola makan yang seimbang, mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, serta biji-bijian. 

Nutrisi yang mencukupi tidak hanya penting untuk kesehatan mata, tetapi juga untuk kulit di sekitar mata. Selain itu, Anda juga perlu rutin berolahraga guna meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kantung di bawah mata. Tidur yang cukup juga sangat penting, karena kurang tidur dapat menyebabkan mata terlihat sayu dan bengkak.

2. Kompres Air Dingin

Mengompres mata menggunakan air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan pada mata yang terlihat sayu. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kain bersih yang direndam dalam air dingin atau menggunakan kantong teh dingin yang ditempatkan di atas mata selama beberapa menit. Metode ini akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan, sehingga memberikan efek penyegaran dan membuat mata terlihat lebih terjaga.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Cara Menghilangkan Kelopak Mata Terlipat

3. Relaksasi Mata

Mata yang lelah dan stres dapat menyebabkan penampilan yang sayu. Luangkanlah waktu Anda sejenak untuk beristirahat dan melakukan relaksasi mata, terutama jika Anda sering menghabiskan waktu di depan layar komputer atau ponsel. Lakukan beberapa latihan sederhana untuk mata, seperti mengedipkan mata secara teratur, melihat ke arah jauh, atau melakukan rotasi mata untuk mengurangi ketegangan. Setiap 20 menit, luangkan waktu untuk istirahat mata dengan melihat objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memperburuk kondisi mata yang tampak lelah. Rokok dapat merusak kulit, sementara alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan pembengkakan di sekitar mata. Mengurangi atau menghindari kedua kebiasaan ini dapat membantu meningkatkan penampilan mata dan juga kesehatan secara keseluruhan.

5. Menghindari Paparan Matahari Secara Berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dan membuat mata terlihat lelah dan sayu. Gunakan kacamata hitam yang melindungi dari sinar UVA dan UVB ketika berada di luar ruangan untuk melindungi mata dan kulit di sekitarnya. Selain itu, gunakan juga tabir surya di sekitar area mata untuk mencegah kerusakan kulit dan menjaga elastisitas kulit.

Banner Plasthetic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Mengatasi Mata Sayu dari Plasthetic

Selain mencoba cara mengatasi mata sayu yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjalani beberapa perawatan dan prosedur bedah yang bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut, terutama jika kondisi mata sayu telah mengganggu kenyamanan dan penglihatan Anda. Berikut adalah beberapa rekomendasi perawatan untuk mengatasi mata sayu yang bisa Anda lakukan di Plasthetic Clinic.

1. Eye Firm

Eye Firm adalah sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengencangkan dan mengurangi kerutan di sekitar mata menggunakan teknologi frekuensi radio. Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk merangsang pertumbuhan dan perbaikan kolagen di kulit di sekitar mata. Perawatan ini merupakan pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin mengurangi tampilan mata sayu tanpa harus menjalani prosedur yang invasif.

2. Upper Blepharoplasty

Upper Blepharoplasty adalah sebuah prosedur bedah yang bertujuan untuk menghilangkan kelebihan kulit, lemak, atau otot dari kelopak mata atas. Proses ini berupaya membantu memulihkan bidang pandang yang mungkin terhalang karena kelopak mata yang turun, sehingga memberikan tampilan mata yang lebih terbuka dan segar. Upper Blepharoplasty sesuai untuk individu yang memiliki kelebihan kulit yang signifikan di kelopak mata atas, yang menyebabkan mata terlihat sayu. Selain itu, prosedur ini juga cocok bagi individu yang mengalami kondisi ptosis melalui upaya mengencangkan otot mata yang memiliki fungsi membuka mata.

3. Browlift

Browlift, atau pengangkatan alis, adalah prosedur yang bertujuan untuk mengangkat alis dan bagian atas wajah, sehingga memberikan tampilan yang lebih muda. Proses ini juga dapat membantu mengangkat alis yang turun, yang sering kali dapat membuat mata terlihat sayu. Apabila posisi alis sudah sesuai tindakan subbrowlift dengan sayatan tepat di bawah alis dapat dilakukan untuk mengurangi kelebihan kulit di sekitar mata.

Baca Juga: Apakah Operasi Lipatan Mata Permanen? Ketahui Faktanya Di Sini!

4. Forehead Lift

Mirip dengan Browlift, Forehead Lift merupakan sebuah prosedur yang bertujuan untuk mengangkat kulit dahi dan mengurangi kerutan pada dahi, sehingga memberikan efek pengangkatan pada alis. Hal ini berupaya membantu mengurangi kesan mata yang terlihat sayu dan memberikan tampilan wajah yang lebih segar dan lebih muda.

5. Temporal Lift

Temporal Lift adalah prosedur yang berfokus pada bagian samping wajah dan area sekitar mata. Tujuannya adalah untuk mengangkat jaringan di area temporal (sisi samping area mata). Hal ini menciptakan efek pengangkatan alami dan dapat membantu mengurangi penampilan mata yang tampak sayu, terutama di bagian luar mata bagian samping.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani salah satu dari perawatan atau prosedur yang disebutkan di atas, pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. Hal ini penting karena setiap tindakan memiliki risiko dan efek samping yang berbeda, sehingga konsultasi akan membantu Anda memahami lebih baik tentang opsi perawatan yang tersedia dan apakah sesuai dengan kondisi Anda. 

Untuk melakukan proses konsultasi secara mudah, Anda bisa langsung menghubungi tim kami di sini atau langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda. Semoga informasi mengenai cara mengatasi mata sayu di atas dapat bermanfaat bagi Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Vania Aramita Sari, SpBP-RE, SubSp.EL (K)

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

arm-lift-brachioplasty

Arm Lift Brachioplasty: Pengertian, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More
brow lift adalah

Brow Lift: Pengertian, Prosedur dan Efek Sampingnya

Read More
cara-mencerahkan-selangkangan-yang-hitam

7 Cara Mencerahkan Selangkangan yang Hitam dengan Aman

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!