Mengenal 10 Cara Mengecilkan Payudara Wanita Secara Alami

Mengenal 10 Cara Mengecilkan Payudara Wanita Secara Alami

Di Tinjau oleh Dokter

Beberapa wanita mungkin merasa tidak nyaman dengan ukuran pada payudara yang besar. Nah, jika mungkin Anda adalah salah satunya, ada beberapa cara untuk dapat mengecilkan payudara dengan cara alami ataupun tanpa operasi. Cara ini juga bisa menjadi solusi mengurangi ukuran payudara yang besar menjadi yang Anda inginkan.

Payudara besar bisa terlihat menarik serta membuat sebagian wanita merasa seksi. Akan tetapi, sebagian wanita lainnya mungkin beranggapan bahwa payudara besar bisa membuat Anda merasa kurang percaya diri. Selain itu, payudara besar juga bisa memicu berbagai masalah, seperti nyeri bahu, leher, serta punggung. Payudara besar biasanya merupakan hasil dari obesitas serta penumpukan lemak di area dada.

Oleh sebab itu, berbagai pilihan penurunan berat badan bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran payudara. Simak artikel berikut ini untuk dapat mengetahui cara mengecilkan payudara wanita dengan tepat.

Memahami Perkembangan Jaringan Payudara

Payudara terbentuk oleh kombinasi jaringan adiposa lemak dan kelenjar dengan reseptor hormon, sebagaimana dinilai oleh International Journal of Molecular Science. Jaringan lemak, atau adiposa, diidentifikasi sebagai elemen pengisi dalam struktur payudara. Di sisi lain, kelenjar atau komponen jaringan payudara memiliki peran khusus dalam produksi susu.

Perubahan hormon dalam tubuh memiliki potensi untuk memicu pertumbuhan jaringan ini, yang juga berdampak pada peningkatan ukuran payudara seiring berjalannya waktu. Namun, ada juga faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi perbesaran ukuran payudara, termasuk kehamilan, kelebihan berat badan, dan faktor genetik.

Penting untuk dicatat bahwa pertumbuhan ukuran payudara terjadi sebagai bagian alami dari kehidupan perempuan. Proses ini dimulai sebelum kelahiran dan terus berlanjut selama masa pubertas hingga tahun-tahun berikutnya.

Bagaimana Cara Mengecilkan Payudara Wanita Secara Alami?

Selain operasi pengecilan payudara, wanita bisa mencoba berbagai cara yang alami untuk dapat mengecilkan payudara, terutama bila payudara yang berukuran besar dapat mengganggu ataupun menimbulkan masalah pada kesehatan. Berikut ini ialah beberapa cara mengecilkan payudara secara alami yang bisa Anda lakukan:

1. Berolahraga Secara Teratur

Secara umum, olahraga tentunya diketahui dapat menurunkan berat badan dan membakar lemak didalam tubuh manusia, termasuk pada lemak area dada. Itulah mengapa disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit sehari atau 150 menit setiap minggu.

Ada berbagai jenis olahraga, olahraga yang dapat membantu mengecilkan ukuran payudara, diantaranya jalan kaki ataupun bersepeda. Meski tidak dapat memberikan efek langsung, olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme serta dapat membakar lemak pada tubuh secara umum.

Selain itu ada juga gerakan mengecilkan dada seperti plank, bench press dan push up. Jika hal itu dilakukan dengan tindakan yang benar, latihan ini dapat berguna untuk dapat mengencangkan otot serta membakar lemak di area sekitar payudara.

2. Menyesuaikan Pola Makan Sehat

Seiring dengan olahraga teratur serta diet sehat, dikenal untuk dapat mengoptimalkan penurunan berat badan. Dengan cara ini, ukuran payudara juga bisa mengecil. Diet sehat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Membatasi konsumsi makanan berkalori tinggi, mengurangi konsumsi makanan kaya gula atau garam, memperbanyak konsumsi sayur, buah serta kacang-kacangan, mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti ikan, telur serta daging tanpa lemak.

3. Melakukan Program Diet

Makanan yang dikonsumsi memiliki peran penting dalam menentukan jumlah lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Jumlah lemak secara keseluruhan di tubuh dapat memengaruhi ukuran payudara, karena sebagian besar payudara terdiri dari jaringan lemak tubuh. Mengadopsi program diet sehat dapat menjadi kebiasaan yang berpotensi mengurangi ukuran payudara, selain untuk membakar lemak dan kalori.

Memastikan keseimbangan antara aktivitas fisik dan pola makan yang sehat merupakan salah satu cara terbaik untuk merampingkan payudara.

Baca Juga: Mengenal Cara Mengecilkan Puting Payudara dengan Operasi

4. Konsumsi Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau tanpa adanya tambahan gula, hingga 3-5 cangkir sehari, diduga bisa mengecilkan ukuran payudara. Karena teh hijau mengandung sejumlah antioksidan dan kafein yang diketahui dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dan membakar lemak. Minum teh hijau juga memungkinkan untuk mengurangi lemak di area dada, yang dapat membantu mengecilkan ukuran payudara.

Banner Plastic Surgeon

5. Minum Air Jahe

Bersamaan dengan teh hijau, jahe merupakan bahan alami yang dipercaya dapat mengurangi lemak payudara. Seperti halnya teh hijau, jahe ini tentunya dapat meningkatkan metabolisme serta dapat membakar lemak berlebih di seluruh tubuh, sehingga konsumsinya juga dapat mempengaruhi pembakaran lemak. Untuk bisa mendapatkan manfaat jahe, Anda bisa memasukkannya pada makanan yang Anda makan. Selain itu juga Anda juga bisa meminum air yang dimasak dengan jahe ataupun teh jahe.

6. Makan Makanan Yang Mengandung Omega-3

Ketidakseimbangan pada hormon juga tentunya  dapat menyebabkan pembesaran payudara. Untuk mengobati payudara besar yang diakibatkannya, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti flax, salmon, dan biji rami. Omega-3 ini diketahui dapat berfungsi untuk mengatur kadar hormon yang ada dalam tubuh sehingga memungkinkan untuk mengatasi ketidakseimbangan pada hormon. 

Baca Juga: Transfer Lemak Payudara, Manfaat, Prosedur, dan Perbedaannya dengan Implan Payudara

7. Gunakan Masker Putih Telur di Bagian Dada

Menyusui, penuaan, serta penurunan berat badan inilah juga dapat menyebabkan kulit payudara mengendur, membuatnya tampak lebih besar dari yang sebenarnya. Ketidaknyamanan akibat payudara besar bisa diatasi dengan merawat kulit payudara agar tetap terlihat kencang, ya teman Plasthetic.  

8. Menggunakan Bra yang Sesuai

Jika cara alami sebelumnya tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda mungkin dapat mengurangi penampilan payudara dengan memilih bra yang sesuai, misalnya bra minimizer.

Penting untuk membeli bra dengan ukuran yang pas, karena dapat memberikan dukungan dan penutup yang baik untuk payudara. Meskipun bra tidak mampu mengubah ukuran payudara secara permanen, namun bra minimizer bisa menciptakan kesan payudara yang lebih kecil. Bra ini mampu merubah bentuk payudara, menciptakan ilusi payudara yang lebih rata serta lebih terangkat di bagian dada.

9. Memijat Payudara

Metode lainnya untuk mengecilkan payudara adalah dengan melakukan pijat. Teknik pijat bisa membantu meningkatkan peredaran darah dan membakar lemak di sekitar payudara. Metode ini cukup aman dan tidak memiliki efek samping untuk perempuan segala usia, asalkan dilakukannya dengan tepat.

Untuk melakukannya, Anda bisa menyiapkan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, atau krim pengecil payudara sebelum memijat. Pijatlah payudara satu per satu dengan jari dalam gerakan melingkar dan ke atas, menggunakan minyak atau krim. Setelah itu, biarkan kulit menyerap minyak atau krim tersebut.

Disarankan untuk melakukan pijatan ini dua kali sehari selama minimal tiga bulan atau sampai mencapai hasil yang diharapkan.

10. Menunggu Masa Kehamilan dan Menyusui Usai

Bagi Anda yang sedang mengandung atau ibu menyusui, payudara cenderung mengalami pertumbuhan selama kehamilan dan tetap besar ketika menyusui, terutama dalam beberapa minggu pasca melahirkan. Pembengkakan ini disebabkan oleh penyesuaian suplai ASI yang belum stabil. Selain itu, pertumbuhan lemak tubuh juga terjadi seiring dengan produksi susu dan efek hormon selama kehamilan.

Oleh karena itu, menunggu hingga setelah masa kehamilan atau setelah melahirkan dapat menjadi cara alami untuk mengurangi ukuran payudara dengan dibarengi oleh program penurunan berat badan.

Rekomendasi Operasi Mengecilkan Payudara Terbaik di Plasthetic

Selain di augmentasi atau diperbesar, payudara yang terlalu besar juga bisa diatasi dengan breast reduction.  Breast reduction surgery ataupun yang dapat dikenal dengan mammoplasty adalah prosedur operasi plastik ini dapat berfungsi untuk dapat mengecilkan ukuran payudara. Breast reduction surgery juga dapat berfungsi untuk menghilangkan lemak payudara, jaringan kelenjar serta untuk mengurangi ukurannya dan mengubah bentuk serta posisinya di payudara.  Manfaat breast reduction lainnya untuk kesehatannya juga dia bisa mengatasi sakit punggung, ruam di area bawah payudara, ya teman Plasthetic.

Baca Juga: Penyebab Areola Melebar, Faktor, dan Prosesnya

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara untuk dapat mengecilkan payudara, ya teman Plasthetic. Dengan cara alami mungkin bisa didapatkan manfaat untuk mengecilkan payudara, Akan tetapi melalui operasi payudara ialah cara yang paling efektif untuk Anda yang ingin melihat hasilnya secara signifikan. Anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter kami di Plasthetic Clinic untuk dapat mendapatkan solusi atas permasalahan yang Anda alami. Yuk kunjungi Plasthetic Clinic sekarang dan dapatkan berbagai promo lainya khusus untuk Anda!

Di Review Oleh:

dr. Vania Aramita Sari, SpBPRE

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Ketahui 8 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur dengan Baik dan Benar

Read More

Transfer Lemak Payudara, Manfaat, Prosedur, dan Perbedaannya dengan Implan Payudara

Read More

Payudara Besar Beresiko? Ini Cara untuk Mengecilkan Payudara!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!