Mengenal Cara Mengecilkan Puting Payudara dengan Operasi

cara-mengecilkan-puting-payudara

Mengenal Cara Mengecilkan Puting Payudara dengan Operasi

Di Tinjau oleh Dokter

Saat ini, wanita tidak hanya ingin membuat payudaranya menjadi lebih indah. Sekarang memperbaiki bentuk puting bahkan lebih populer. Tentu saja impian akan payudara yang “sempurna” juga termasuk operasi puting payudara. Beberapa wanita tidak merasa puas dengan bentuk serta warna pada areola, area gelap di sekitar puting. Beberapa merasa puting terlalu besar, terlalu lebar, ataupun warna areola terlalu gelap.  Simak selengkapnya!

Bagaimana Cara Mengecilkan Puting Payudara dengan Prosedur Operasi?

Cara mengecilkan putih payudara yang aman di Jakarta ini mulai populer tahun ini karena merupakan salah satu hal yang banyak disukai oleh wanita saat ini, karena mereka percaya bahwa mereka tidak optimis tentang puting atau bentuk aslinya menyangkut puting.

Kita pasti setuju bahwa banyak wanita yang menginginkan atau bermimpi memiliki payudara besar dengan ukuran yang sama. Selain fakta bahwa ukuran dan warna puting susu juga mengecil, hal ini juga penting untuk diperhatikan.

Baca Juga : Cara Merawat Payudara Agar Tampak Lebih Indah dan Proporsional

Berikut ini adalah prosedur operasi pengecilan puting payudara (breast reduction) dibagi menjadi 2 bagian yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Mengecilkan Areola

Prosedur pertama yaitu mengecilkan areola, berikut adalah tahap-tahapnya,

  •  Pasien diberi bius lokal untuk meminimalkan rasa sakit
  •  Kemudian dokter memotong areola ekstra untuk membuang jaringan yang berlebih.
  •  Setelah itu, nantinya dokter akan menjahit pada bagian tersebut agar rapat kembali.

2. Mengecilkan Puting

Prosedur kedua yaitu mengecilkan puting, berikut adalah tahapannya,

  • Dokter terlebih dahulu memberikan anestesi lokal pada pasien bertujuan agar nantinya pasien tidak akan merasakan sakit.
  • Setelah efek bius bekerja, dokter mengurangi kelebihan jaringan puting serta mengubahnya menjadi bentuk dan juga ukuran yang ideal sesuai harapan dan keinginan pasien.

Operasi puting payudara ini umumnya membutuhkan waktu cukup lama untuk pulih dan Anda mungkin mengalami nyeri dada. Untuk mengatasi hal tersebut, nantinya dokter memberikan obat untuk meredakan rasa nyeri Anda. Selama proses penyembuhan, Anda harus istirahat total selama seminggu serta membatasi aktivitas berat maksimal sebulan. 

Baca Juga : 6 Cara Mengecilkan Payudara Wanita Secara Alami

Apa Saja Manfaat Mengecilkan Puting Payudara?

Berikut ini adalah manfaat mengecilkan puting payudara yang dilansir oleh Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Lebih Nyaman

Jika ukuran puting payudara Anda sesuai dengan apa yang Anda harapkan, tentu hal ini akan membuat Anda lebih nyaman untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari Anda, ya teman Plasthetic.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Tidur penting untuk kesehatan dan terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Wanita dengan ukuran puting payudara yang  kecil memiliki banyak sekali keuntungan bisa tidur dengan lebih nyenyak. Ukuran payudara dan puting yang besar terkadang menyebabkan nyeri dan akhirnya membuat sulit untuk tidur. Posisi tidur juga dibatasi, tidak bisa tidur dengan tengkurap serta hanya berbaring telentang atau menyamping.

Banner-Plastic-Surgeon

3. Lebih Mudah Untuk Menyusui

Ketika Anda sedang menyusui buah hati Anda, ukuran puting ini menjadi penting, lho. Dikarenakan ukuran puting yang terlalu kecil atau besar ini dapat mempengaruhi pola menyusu anak Anda. Jika Anda mempunyai puting yang kebesaran/kekecilan Anak yang seharusnya dapat menikmati ASI mengalami kerugian dikarenakan kesulitan untuk menyusu.

4. Apa Saja Risiko Mengecilkan Puting Payudara?

Operasi pengecilan puting pada payudara bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang memiliki permasalahan kesehatan ataupun khawatir dengan ukuran puting payudara yang tidak proporsional serta warna yang gelap. Akan tetapi, kemungkinan ada beberapa risiko yang terkait dengan operasi ini. Berikut ini adalah berbagai risiko yang mungkin timbul setelah operasi:

  1. Mati rasa pada bagian puting
  2. Bentuk payudara serta puting akan menjadi tidak rata
  3. Tidak bisa menyusui
  4. Pendarahan di area payudara
  5. Infeksi sayatan

Jika Anda memahami proses serta resiko dari operasi  pengecilan puting payudara, tentunya Anda harus lebih bersiap secara mental. Jika operasi pengecilan puting payudara sudah dilakukan, usahakan selalu untuk dapat merawat bekas luka secara baik dan temui dokter jika luka sepertinya tidak kunjung sembuh. Agar luka operasi pengecilan puting payudara cepat sembuh, Anda harus menahan diri dari aktivitas berat selama proses penyembuhan.

Baca Juga : 6 Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

Rekomendasi Prosedur Untuk Mengecilkan Puting 

Berikut ini adalah rekomendasi prosedur mengecilkan puting di Plasthetic Clinic, yaitu:

1. Areola Reduction

Areola reduction  merupakan prosedur operasi yang berfungsi untuk dapat merekonstruksi area areola, yaitu area lingkaran hitam di sekitar puting. Hasil  dari operasi areola reduction  ini akan dapat terlihat setelah prosedur. Prosedur operasi areola reduction  ini akan sangat aman karena Anda tidak perlu khawatir akan nyeri atau disfungsi saluran susu. 

2. Operasi Puting

Operasi puting bertujuan untuk dapat mengoreksi puting yang terlalu besar ataupun terbalik ke bentuk serta ukuran puting yang ideal. Hal Ini penting tidak hanya untuk alasan estetika, tetapi juga untuk alasan fungsional lainya, contohnya menyusui serta pencegahan infeksi. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mengecilkan puting payudara dengan prosedur operasi, ya teman Plasthetic. Bila Anda memiliki berbagai pertanyaan mengenai puting payudara ini, kami anjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter kami di Plasthetic Clinic untuk mendapatkan jawaban yang tepat untuk kebutuhan Anda. Yuk, segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Putri Rezkini, Sp.BP-RE

*Proses, risiko, komplikasi, dan hasil bisa berbeda setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

7 Cara Menghilangkan Hitam di Bawah Mata!

Read More
cara-membuat-gigi-tiruan-lengkap

Ketahui 4 Cara Membuat Gigi Tiruan Lengkap oleh Dokter

Read More
clitoral-hood-reduction

Clitoral Hood Reduction: Pengertian, Fungsi, dan Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!