8 Cara Mengencangkan Bokong yang Kendur dengan Tepat

8 Cara Mengencangkan Bokong yang Kendur dengan Tepat

Di Tinjau oleh Dokter

Bokong yang kencang dan berlekuk adalah impian bagi sebagian orang. Namun, seringkali faktor-faktor seperti usia, gaya hidup, dan genetika dapat menyebabkan penurunan kekencangan pada otot-otot bokong. Teman Plasthetic tidak perlu khawatir, karena terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengencangkan bokong yang kendur dan mengembalikan kepercayaan diri Anda. Langsung saja simak penjelasan pada artikel berikut ini mengenai cara mengencangkan bokong yang kendur secara tepat!

Apa Itu Bokong Kendur?

Bokong kendur adalah suatu kondisi tubuh yang merujuk pada otot-otot dan kulit di area bokong kehilangan kekencangan dan elastisitasnya. Hal ini dapat membuat bokong terlihat turun atau kurang berlekuk dibandingkan dengan bentuk yang lebih kencang.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Lemak di Bokong Secara Alami dan Operasi

Apa Saja Penyebab Bokong yang Kendur?

Bokong yang kendur bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang terkait dengan proses alami tubuh maupun faktor-faktor eksternal. Berikut adalah beberapa penyebab umum bokong yang kendur, yaitu:

1. Penuaan Alami

Salah satu penyebab utama bokong yang kendur adalah karena terjadinya proses penuaan alami. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit dan otot-otot secara alami akan mengalami penurunan. Kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit, juga dapat berkurang seiring penuaan.

2. Perubahan Berat Badan

Perubahan berat badan yang drastis, terutama penurunan berat badan yang cepat, dapat menyebabkan kulit di sekitar bokong kehilangan elastisitasnya. Kulit yang sebelumnya meregang karena berat badan yang lebih besar dapat menjadi kendur setelah penurunan berat badan.

3. Kurangnya Latihan Fisik

Otot-otot di area bokong memerlukan latihan dan aktivitas fisik yang cukup untuk tetap kuat dan kencang. Kurangnya latihan fisik, terutama latihan yang menargetkan otot-otot bokong, dapat menyebabkan kehilangan tonus otot dan kekencangan kulit.

4. Faktor Genetika

Faktor genetika dapat memengaruhi elastisitas kulit dan otot-otot seseorang. Beberapa orang mungkin akan memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki kulit yang kurang elastis atau otot yang lebih cenderung kendur.

5. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan otot. Merokok, misalnya, dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan mengurangi produksi kolagen.

Baca Juga: Body Jet Liposuction: Pengertian, Manfaat dan Prosedurnya

Bagaimana Cara Mengencangkan Bokong yang Kendur?

Lalu, bagaimana cara mengencangkan bokong yang kendur? Mengencangkan bokong yang kendur akan memerlukan kombinasi latihan, perawatan kulit, dan perubahan gaya hidup yang sehat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba dalam mengencangkan bokong yang kendur, antara lain:

1. Rutin Latihan Pembentukan Otot Bokong

Langkah pertama yang tak ternilai dalam proses mengencangkan bokong yang kendur adalah melalui latihan pembentukan otot. Berbagai latihan seperti squats, lunges, deadlifts, dan hip thrusts dapat secara signifikan memperkuat otot-otot di sekitar bokong. Fokus pada latihan-latihan ini secara rutin dapat membantu mengencangkan dan membentuk bokong Anda dengan efektif.

2. Latihan Kardio dan Pelatihan Interval

Selain latihan pembentukan otot, latihan kardio seperti jogging, bersepeda, atau berenang juga memiliki peran penting dalam merampingkan dan mengencangkan bokong. Latihan kardio membantu membakar lemak di seluruh tubuh, termasuk area bokong. Pelatihan interval, yang melibatkan pergantian antara intensitas tinggi dan rendah, dapat lebih mempercepat proses pembakaran lemak ini.

3. Pijat dan Perawatan Spa

Pijat terapi dapat merangsang sirkulasi darah dan membantu meremajakan jaringan otot di area bokong. Menggunakan minyak esensial atau lotion yang sesuai juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, perawatan spa seperti perawatan bodyscrub atau perawatan wrapping juga dapat memberikan efek mengencangkan kulit dan membuatnya terasa lebih halus.

4. Pola Makan Sehat dan Hidrasi

Aspek yang sering diabaikan adalah pentingnya pola makan yang seimbang. Konsumsi makanan tinggi protein, serat, dan lemak sehat dapat mendukung pembentukan otot dan pembakaran lemak. Pastikan juga untuk tetap terhidrasi dengan cukup, karena air memiliki peran penting dalam menjaga elastisitas kulit.

5. Suplemen yang Mendukung Kesehatan Kulit dan Otot

Beberapa suplemen tertentu seperti kolagen, omega-3, dan vitamin E dapat memberikan dukungan tambahan bagi kesehatan kulit dan pembentukan otot. Namun, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengambil suplemen apa pun.

6. Kebiasaan Hidup Sehat secara Umum

Merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan ternyata dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit dan otot. Menghindari kedua kebiasaan ini, disertai dengan tidur yang cukup dan manajemen stres yang baik, dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kekencangan bokong.

Banner Plastic Surgeon

Baca Juga: 3 Treatment Operasi Mengecilkan Betis agar Terlihat Langsing

Rekomendasi Perawatan Operasi Mengencangkan Bokong dari Plasthetic Clinic

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi operasi mengencangkan bokong yang dapat Anda lakukan di Plasthetic Clinic, antara lain:

1. Butt Firm

Butt firm merupakan perawatan yang dirancang untuk memberikan efek pengencangan pada kulit di area bokong. Perawatan ini mengandalkan teknologi Radio Frequency yang bekerja dengan mengirimkan gelombang panas ke area tersebut. Penggunaan perangkat RF ini merupakan pendekatan non-invasif yang efektif dalam meremajakan dan mengencangkan bokong tanpa memerlukan prosedur bedah.

2. Butt Lift

Selain melakukan perawatan Butt Firm, teman Plasthetic juga bisa melakukan perawatan Butt Lift. Butt Lift sendiri merupakan sebuah tindakan yang memiliki tujuan untuk mengencangkan dan mengangkat bokong agar lebih indah dan proporsional. Perawatan satu ini sangat cocok bagi teman Plasthetic yang kurang merasa percaya diri dengan ukuran dan bentuk bokongnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mengencangkan bokong yang kendur secara tepat yang dapat teman Plasthetic ketahui. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Tindakan konsultasi ini tentunya bersifat wajib karena setiap perawatan memiliki manfaat dan risikonya masing-masing, dokter nantinya akan menjelaskan dan membantu Anda untuk lebih memahami setiap perawatanya demi menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Eits, selain itu jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik serta kenyamanan pelayanan selama melakukan perawatan kesehatan dan kecantikan dalam perayaan Anniversary 4th Plasthetic Clinic, Yuk kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kotamu Sekarang juga!

*Semua yang tertulis di website memungkinkan terjadi perbedaan dari segi proses, resiko, komplikasi, dan hasil bagi setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

Di Review Oleh:

Tim Plasthetic Clinic Bendungan Hilir

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Transfer Lemak Payudara, Manfaat, Prosedur, dan Perbedaannya dengan Implan Payudara

Read More

Mengapa Perawatan Non-Invasive Menjadi Pilihan Banyak Orang? Penasaran? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Read More

Ketahui Efek Tanam Benang yang Bermanfaat untuk Kulit Wajah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!