Mommy Makeover untuk Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

mommy-makeover-adalah

Mommy Makeover untuk Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

Di Tinjau oleh Dokter

Mommy makeover adalah istilah yang merujuk kepada serangkaian tindakan bedah yang dirancang khusus untuk membantu wanita setelah melalui proses kehamilan dan menyusui dalam mengembalikan bentuk, penampilan tubuh, serta tingkat kesehatan fisik dan mental mereka.

Setelah melalui proses kehamilan, tubuh seorang wanita cenderung mengalami perubahan fisik yang signifikan, termasuk di area payudara, perut, pinggul, dan area lainnya. Prosedur mommy makeover sendiri dirancang untuk mengatasi perubahan-perubahan ini dan juga memberikan manfaat medis yang penting bagi kesehatan tubuh individu.

Dalam artikel Plasthetic Clinic berikut ini, kami akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai apa itu mommy makeover, manfaatnya, prosedurnya, serta kemungkinan efek samping yang dapat muncul setelah menjalani tindakan tersebut.

Apa Itu Mommy Makeover?

Selama masa kehamilan, tubuh wanita cenderung mengalami perubahan yang signifikan, termasuk perubahan pada payudara, perut, pinggul, dan seluruh tubuh secara keseluruhan. Mommy makeover adalah salah satu tindakan bedah yang ditujukan untuk mengembalikan bentuk dan penampilan tubuh wanita setelah melewati masa kehamilan dan persalinan 

Selain memengaruhi penampilan, perubahan pada tubuh selama kehamilan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti inkontinensia urine dan hernia ventralis. Melalui tindakan mommy makeover, Anda juga dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan tersebut yang mungkin dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Apa Saja Manfaat Mommy Makeover?

Prosedur mommy makeover menawarkan sejumlah manfaat penting bagi wanita yang mengalami perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari prosedur mommy makeover.

1. Memperbaiki Kelemahan Otot Perut

Selama masa kehamilan, otot-otot perut sering mengalami peregangan yang signifikan. Melalui prosedur mommy makeover, termasuk tindakan abdominoplasty atau tummy tuck, pasien dapat terbantu dalam mengencangkan otot-otot perut yang mengalami pelemahan. Prosedur ini juga dapat membantu memperbaiki kekuatan otot perut dan fungsi perut, yang juga dapat mengurangi masalah seperti nyeri punggung bawah dan masalah postur tubuh.

2. Menghilangkan Kelebihan Kulit dan Lemak

Setelah melahirkan, banyak wanita mengalami masalah kulit berlebih di daerah perut dan pinggul. Prosedur mommy makeover, yang melibatkan pengangkatan kulit berlebih atau disebut juga dengan tummy tuck / abdominoplasty, dapat membantu mengatasi kulit yang kendur dan tidak diinginkan. Manfaat ini tidak hanya berdampak pada penampilan fisik yang lebih baik, tetapi juga dapat mencegah masalah kulit seperti iritasi atau infeksi yang dapat timbul akibat lipatan kulit berlebihan. Sedangkan kelebihan lemak dapat diatasi dengan pembuangan lemak berlebih melalui prosedur liposuction

3. Mengurangi Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine seringkali menjadi masalah yang umum terjadi setelah wanita melewati masa kehamilan dan persalinan, terutama pada wanita yang melahirkan secara alami. Melalui mommy makeover, yaitu tindakan tummy tuck / abdominoplasty dan vaginoplasty, pasien dapat memperoleh manfaat dalam mengencangkan otot-otot yang mendukung organ berkemih, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko inkontinensia urine.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Maskne, Jerawat Akibat Memakai Masker

4. Mengatasi Hernia Ventralis

Hernia ventralis, yang lebih dikenal sebagai turun berok di kalangan masyarakat, adalah kondisi di mana organ dalam tubuh menonjol keluar dari lapisan otot yang mengelilinginya. Biasanya, hernia terjadi di perut dengan tonjolan yang seringkali muncul di daerah pinggang.

Kondisi ini bisa terjadi setelah masa kehamilan karena adanya tekanan ekstra pada dinding perut selama periode ini. Peregangan otot perut dan perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan juga dapat berperan dalam perkembangan hernia ventralis.

Mommy makeover khususnya tummy tuck / abdominoplasty adalah salah satu prosedur yang dapat membantu wanita yang mengalami kondisi ini untuk mengembalikan bentuk dan fungsi dinding perut yang sehat. Pengobatan hernia ventralis ini dapat mengurangi risiko komplikasi yang serius.

5. Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis

Perubahan fisik yang terjadi setelah melahirkan dapat berpengaruh pada kesejahteraan psikologis seorang wanita. Melalui prosedur mommy makeover, pasien dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan terhadap penampilan dan fungsi mereka, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional mereka. Wanita yang merasa lebih baik tentang penampilan mereka juga cenderung memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

Apa Saja Prosedur Mommy Makeover?

Mommy makeover melibatkan berbagai jenis prosedur bedah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu. Beberapa tindakan yang mungkin termasuk dalam mommy makeover mencakup:

1. Tummy Tuck

Selama masa kehamilan, otot-otot perut dapat meregang dan melemah. Tummy tuck atau abdominoplasty adalah prosedur bedah yang bertujuan untuk menyatukan celah otot-otot perut yang melemah dan menghilangkan kelebihan kulit dan di daerah perut.

2. Breast Lift

Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan dan masa menyusui dapat menyebabkan payudara mengendur atau turun. Breast lift menjadi salah satu prosedur yang sesuai untuk mengatasi masalah ini dengan mengangkat dan mengencangkan payudara, sehingga memberikan penampilan payudara yang lebih kencang.

Baca Juga: Mengenal Operasi Bariatrik dan Bedanya dengan Liposuction

3. Liposuction

Liposuction adalah tindakan bedah yang bertujuan untuk menghilangkan lemak berlebih dari berbagai bagian tubuh, termasuk pinggul, paha, perut, dan area lainnya. Prosedur satu ini dapat membantu Anda dalam menghilangkan lemak yang sulit dihilangkan hanya dengan diet dan olahraga saja.

4. Vaginoplasty

Vaginoplasty adalah tindakan bedah yang bertujuan untuk memperbaiki perubahan yang terjadi pada vagina setelah proses melahirkan. Prosedur ini dapat membantu Anda dalam mengencangkan otot-otot area sekitar vagina, mengembalikan fungsi dan kekuatan, serta dapat meningkatkan kesejahteraan seksual.

Apa Saja Efek Samping dari Mommy Makeover?

Sama seperti tindakan bedah lainnya, mommy makeover juga memiliki potensi efek samping. Beberapa kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi termasuk berikut ini.

  • Infeksi
  • Pendarahan
  • Risiko anestesi
  • Nekrosis lemak
  • Embolisasi lemak
  • Pembengkakan dan memar
  • Nyeri yang berlangsung lama
  • Perubahan bentuk dan kontur
  • Perubahan sensasi pada puting
  • Pembentukan jaringan parut yang tidak baik
  • Perubahan sensasi pada daerah yang dioperasi
  • Kemungkinan komplikasi pada jantung dan paru-paru
  • Risiko lainnya

Mommy makeover adalah salah satu tindakan yang dapat membantu wanita untuk memulihkan bentuk tubuh dan meningkatkan rasa percaya diri mereka setelah melahirkan. Selain memberikan manfaat dari segi penampilan, prosedur ini juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik dan mental.

Prosedur mommy makeover adalah tindakan bedah yang serius dan harus dipertimbangkan dengan baik sebelumnya. Plasthetic Clinic sendiri menawarkan berbagai pilihan prosedur mommy makeover yang dapat membantu Anda dalam mengembalikan bentuk tubuh dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Berikut adalah beberapa prosedur mommy makeover yang tersedia di Plasthetic Clinic.

1. Liposuction

Liposuction atau operasi sedot lemak adalah tindakan bedah yang bertujuan untuk menghilangkan penumpukan lemak berlebih di area tertentu pada tubuh, seperti paha, perut, betis, pinggul, punggung belakang, dan bagian tubuh lainnya. Tindakan ini melibatkan penggunaan selang tipis atau kanula yang terhubung ke alat penghisap untuk mengeluarkan lemak dari area yang dituju.

Baca Juga: Berapa Biaya Operasi Tummy Tuck?

2. Tummy Tuck

Tummy Tuck merupakan prosedur bedah yang bertujuan untuk menghilangkan lemak dan kulit yang berlebih di bagian perut. Prosedur tummy tuck sendiri berbeda dengan liposuction yang dapat menghilangkan lemak di area tubuh tertentu, di mana prosedur tummy tuck hanya berfokus pada bagian perut dengan mengangkat lemak dan kulit yang berlebihan.

3. Breast Lift

Breast Lift adalah tindakan bedah yang bertujuan untuk mengencangkan payudara dengan menghilangkan kulit berlebih dan merapatkan jaringan di sekitarnya untuk mengembalikan tingkat kekencangan payudara.

Baca Juga: Mengenal Vaginoplasty, Prosedur, Fungsi, dan Risikonya

4. Vaginoplasty

Vaginoplasty merupakan tindakan bedah yang bertujuan untuk menyatukan kembali otot-otot vagina yang melonggar dan terlepas, yang dapat menyebabkan masalah fungsi seksual. 

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjalani prosedur mommy makeover, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter bedah berpengalaman guna memutuskan prosedur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Proses konsultasi ini juga akan membantu Anda dalam memahami prosedur, risiko, dan kemungkinan efek samping pasca operasi.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda atau menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi tentang mommy makeover di atas bermanfaat bagi Anda!

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: dr. Vania Aramita Sari, Sp.BP-RE

web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

apa ciri ciri tidak cocok pakai skincare

Apa Ciri-ciri Tidak Cocok Pakai Skincare? Simak Di Sini!

Read More
cara-mengecilkan-hidung-jambu

Cari Tahu 5 Cara Mengecilkan Hidung Jambu

Read More
ciri-ciri-penuaan-dini

Ketahui Cara Menghindari Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!