7 Cara Menghilangkan Lemak di Bokong Secara Alami dan Operasi

7 Cara Menghilangkan Lemak di Bokong Secara Alami dan Operasi

Di Tinjau oleh Dokter

Memiliki tubuh langsing dan seksi pasti menjadi impian banyak orang, terutama wanita. Beberapa dari mereka juga membentuk tubuhnya dengan cara yang berbeda-beda, salah satunya ialah membuat bokong dan pahanya terlihat ramping dan kencang.

Selain itu, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengecilkan bokong yang terlihat berlemak, yang biasanya diawali dengan meminum obat-obatan, operasi ataupun cara lainnya. Simak penjelasan berikut ini mengenai cara menghilangkan lemak pada bokong. Semoga membantu!

Apa Saja Penyebab Lemak di Bokong Menumpuk?

Mengecilkan lemak pada bokong dengan cepat merupakan hal yang ingin dilakukan oleh banyak orang karena banyak dari mereka yang mengeluhkan begitu mudahnya mendapatkan bokong dan paha yang besar dengan cepat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bokong Anda menjadi lebih besar, yaitu:

1. Duduk Dalam Waktu Lama

Tentu saja, beberapa orang yang memiliki peran jangka panjang di kantor seringkali duduk terlalu lama. Kebiasaan inilah yang menjadi faktor penyebab bokong tidak terlihat langsing. Duduk terlalu lama dapat memberikan tekanan konstan pada bagian bokong Anda dan menyebabkan sel-sel lemak membesar. 

2. Malas Bergerak

Selain duduk terlalu lama yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di bokong Anda, Malas menggerakan badan juga bisa menjadi menyebabkan lemak pada area bokong menumpuk, lho. Misalnya, orang yang ingin bermalas-malasan dengan tidur sepanjang hari tanpa melakukan kegiatan.

3. Stres

Stres juga bisa memicu pembesaran pada area bokong. Stres bisa membuat bokong Anda membesar. Mengapa demikian? Saat seseorang mengalami stres, maka hal itu akan merusak hormon lapar sehingga dapat memicu keinginan untuk terus menerus makan, yang mengakibatkan penumpukan lemak pada area bokong.

4. Kebiasaan Makan Dengan Cepat

Kebiasaan makan dengan cepat juga memicu sedikit pertumbuhan bokong. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menyebutkan bahwa makan secara perlahan membuat seseorang mudah merasa kenyang. Dengan cara ini Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada mereka yang makan dengan cepat, mereka akan mudah merasa lapar.

5. Pengaruh Hormon Estrogen

Peningkatan hormon estrogen dapat menyebabkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak di tubuh bagian bawah (bokong dan pinggul) serta penumpukan cairan di dalam tubuh. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh sebab-sebab alamiah sepertI pubertas pada remaja dan kehamilan pada wanita.  

Baca Juga: 8 Cara Mengencangkan Bokong yang Kendur dengan Tepat

Banner Plastic Surgeon

Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak di Bokong?

Kelebihan lemak dapat menyebabkan pengenduran otot di sekitar bokong, termasuk otot gluteus maximus, gluteus minimus, dan gluteus medius. Nah, untuk dapat mencegah penumpukan lemak pada area bokong tersebut, beberapa hal bisa dilakukan untuk Anda, yaitu:

1. Lari Cepat

Lari cepat bisa jadi solusi untuk dapat membantu menghilangkan lemak di bokong dengan cepat, lho. Anda dapat melakukan latihan ini di treadmill ataupun berlari di taman untuk dapat membakar kalori serta meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

2. Latihan Squat Jump

Squat jump ini bisa menjadi alternatif yang cocok untuk Anda yang ingin mengecilkan bokong. Cara untuk dapat melakukan squat jump yang benar dan tepat ialah dengan berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu, ya teman Plasthetic.

3. Naik Turun Tangga

Mungkin hal ini akan terdengar sepele, tapi salah satu cara mengecilkan bokong ini sangat mudah untuk Anda lakukan dan memberikan hasil terbaik. Lakukanlah metode ini sebanyak yang Anda bisa selama 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik serta ulangi selama kurang lebih 5 menit. Naik turun tangga melatih dan mengaktifkan otot betis, paha, dan bokong, menurunkan berat badan, dan membakar lemak serta selulit.

4. Mengatur Pola Makan

Pengecilan lemak pada area bokong akan tidak akan berhasil kecuali kita dapat mengatur pola makan. Rasanya percuma jika Anda sudah terus menerus menguras tenaga dengan  melakukan olahraga tapi tidak makan yang  sehat. Pada dasarnya, berat badan seseorang bisa bertambah jika makanan tidak dikontrol. Karena itu, Anda harus memulai dengan mengurangi jumlah makanan berkalori tinggi serta tinggi lemak.  

5. Latihan Lunges

Meskipun gerakannya terlihat sederhana, lunges memberikan berbagai manfaat dalam mengencangkan otot bagian bawah tubuh, seperti bokong, paha, dan betis. Latihan ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas sendi pada pinggul, pergelangan kaki, serta lutut Anda.

  • Berdiri dengan tangan diletakkan pada pinggang, langkahkan kaki kanan ke belakang.
  • Tekuk lutut kaki kiri sampai mencapai sudut 90 derajat dan turunkan lutut kaki kanan ke arah lantai.
  • Tahan posisi tersebut beberapa detik dan kembali ke posisi awal, lakukan dengan bergantian kaki dan ulangi gerakannya.
  • Untuk meningkatkan tingkat beban, tambahkan dumbbell pada kedua tangan Anda.

6. Latihan HIIT Cardio

High-intensity interval training (HIIT) cardio, yang juga dikenal sebagai latihan kardio intensitas tinggi dalam waktu singkat, melibatkan serangkaian gerakan olahraga kardio yang dilakukan dengan intensitas tinggi.

Untuk membantu mengecilkan bokong, disarankan untuk memilih gerakan yang fokus pada area tersebut, seperti jumping jacks, crunch, push up, plank, jogging di tempat, dan sebagainya. Lakukan setiap gerakan selama 30 detik, kemudian beristirahat selama 10 detik sebelum pindah ke gerakan berikutnya. Lakukan latihan HIIT cardio ini selama 10-30 menit.

7. Kunjungi Klinik Kecantikan

Mengunjungi klinik kecantikan memang merupakan cara yang tepat untuk dapat mengecilkan lemak pada bagian bokong, ya teman Plasthetic. Dengan mengunjungi klinik kecantikan Anda dapat berkonsultasi dan menanyakan keluhan Anda langsung dengan dokter untuk mengurangi risiko bahaya yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Perawatan Medis

Rekomendasi Operasi Menghilangkan Lemak di Bokong Terbaik di Plasthetic

Beberapa lemak pada bagian tubuh tidak bisa hilangkan dengan cara diet ataupun olahraga, akan tetapi bisa juga dengan tindakan liposuction. 

Sedot lemak, ataupun yang biasa dikenal dengan liposuction ini merupakan prosedur pembedahan untuk dapat menghilangkan lemak tubuh pada area tubuh yang tidak diinginkan. Prosedur liposuction ini biasanya dilakukan demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, namun terkadang juga liposuction ini digunakan untuk mengobati kondisi medis tertentu. 

Baca Juga: Ketahui Cara Sedot Lemak Tanpa Operasi dengan Body Tite

Untuk mengurangi lemak pada bokong ini, tentunya Anda juga dapat melakukan prosedur liposuction, ya teman Plasthetic. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk mengurangi jaringan lemak yang tentunya menjadi penyebab bokong terlihat besar serta tidak proporsional. Nah, Jika Anda ingin mengecilkan lemak pada area bokong dengan cara ini, Anda diharuskan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan dokter memeriksa kesehatan umum Anda serta menentukan apakah Anda memang berhak dan siap untuk melakukan prosedur liposuction.

Plasthetic Clinic merupakan solusi yang tepat untuk Anda melakukan hal ini, disini Anda berkonsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman di bidangnya serta alat yang digunakan Plasthetic Clinic sudah modern. So, Anda tidak perlu khawatir, ya teman Plasthetic. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Plastehtic Clinic sekarang juga!

Di Review Oleh:

dr. Teuku Nanda Putra, SpBPRE

*Proses, risiko, komplikasi, dan hasil bisa berbeda setiap individu dan konsultasikan dulu kepada ahlinya.

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Body Peeling Treatment: Pengertian dan Manfaatnya

Read More

Ketahui 8 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Penyebabnya

Read More

Kenali 6 Cara Mengencangkan Miss V yang Mulai Kendur

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!