4 Cara Menghilangkan Lemak di Paha Secara Alami dan Perawatan

4 Cara Menghilangkan Lemak di Paha Secara Alami dan Perawatan

Di Tinjau oleh Dokter

Bagi sebagian individu, kondisi lemak yang berlebih di bagian paha dapat menjadi salah satu permasalahan yang mengganggu. Kondisi lemak yang berlebih di paha sendiri dapat terbentuk ketika asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh melebihi kalori yang terbakar. Bagi Anda yang memiliki lemak berlebih di bagian paha, maka Anda tidak perlu merasa khawatir. Karena nyatanya, terdapat beberapa cara mengurangi lemak di paha yang dapat Anda lakukan secara mudah. Penasaran? Langsung saja simak selengkapnya pada artikel Plasthetic Clinic berikut ini sampai tuntas!

Apa Saja Penyebab Penimbunan Lemak di Paha?

Terjadinya penimbunan lemak di paha tentu disebabkan oleh beberapa faktor, berikut di antaranya. 

1. Usia 

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan massa otot yang lebih signifikan. Hal ini disebabkan karena otot memiliki kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori daripada lemak. 

Di sisi lain, penurunan massa otot akan mengurangi kebutuhan kalori harian, sehingga pendekatan yang sama dalam upaya menurunkan berat badan di paha tidak akan memberikan hasil yang efektif. 

Untuk membakar lemak di area paha, maka akan diperlukan lebih dari satu cara, di mana Anda perlu mengurangi asupan kalori yang disertai dengan peningkatan aktivitas fisik sebagai salah satu langkah untuk mengecilkan paha. 

2. Genetik

Faktor genetik menjadi faktor utama yang dapat memungkinkan Anda memiliki lemak berlebih di bagian paha. Hal ini disebabkan karena genetika memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan berat badan seseorang, dan hal ini juga berlaku ketika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. 

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Perawatan Medis

3. Fase Plateau

Selama proses penurunan berat badan, hampir seluruh individu akan mengalami fase plateau, di mana berat badan tampaknya tidak berkurang meskipun sudah berusaha dengan olahraga dan diet. Fase ini umum terjadi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti stres, adaptasi tubuh, dan penurunan metabolisme. 

Untuk melewati fase ini, Anda akan membutuhkan kesabaran, konsistensi dalam mengontrol kalori dan olahraga, serta mengelola stres untuk mencapai tujuan paha yang lebih ramping. 

4. Metode membakar lemak paha yang salah

Tidak dapat dipungkiri bahwa metode yang salah dalam membakar lemak di paha juga dapat menjadi alasan mengapa usaha Anda belum berhasil. Jika Anda lebih sering melakukan olahraga yang mengandalkan kaki, kemungkinan tubuh Anda sedang membangun otot daripada membakar kalori di area tersebut. 

Sebaiknya, Anda fokuskan kegiatan olahraga pada aktivitas aerobik dan diet sehat daripada hanya mengkonsentrasikan latihan pada bagian bawah tubuh, seperti squat atau lunge, yang sebenarnya bertujuan untuk memperkuat dan mengencangkan otot, bukan menghilangkan lemak di area tertentu. 

Bagaimana Cara Mengurangi Lemak di Paha?

Lalu, cara apa saja yang harus dilakukan dalam mengurangi lemak berlebih di bagian paha? Untuk mengurangi lemak di bagian paha, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara mengurangi lemak di paha berikut ini.

1. Memulai Pola Hidup Sehat

Langkah pertama untuk mengurangi lemak di paha adalah dengan memulai pola hidup yang sehat. Menerapkan pola hidup yang sehat sendiri tidak hanya membantu Anda untuk mengurangi lemak berlebih di paha, tetapi juga memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Untuk memulai langkah ini, Anda dapat mengubah pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, buah, dan sayuran. Untuk mencapai hasil yang sempurna, penting juga untuk mengurangi asupan makanan yang manis, berlemak, dan bertepung.

2. Melakukan Latihan Kaki untuk Mengurangi Lemak

Salah satu cara yang efektif dalam mengurangi lemak berlebih di bagian paha adalah dengan melakukan latihan kaki. Beberapa pilihan aktivitas fisik yang disarankan untuk mengatasi lemak di paha termasuk bersepeda, berlari, berjalan kaki, dan naik turun tangga.

Kegiatan rutin seperti berjalan kaki dan berlari dinilai efektif dalam membakar lemak yang menumpuk di area paha. Hal ini disebabkan karena berjalan kaki dan berlari dapat memberikan tekanan pada paha, yang dapat membantu proses pembakaran lemak menjadi efektif. 

Selain itu, latihan kardio, berenang, dan latihan kekuatan juga dapat membantu Anda dalam mengurangi lemak berlebih di bagian paha. 

3. Pengurangan Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi garam juga dapat menjadi salah satu cara mengurangi lemak di paha. Sebagian makanan yang mengandung garam memang dapat meningkatkan cita rasa, namun, mengonsumsi garam secara berlebihan ternyata  dapat menyebabkan retensi air yang pada akhirnya berkontribusi pada penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu. 

Baca Juga: Cara Mengecilkan Betis dan Paha dengan Aman

4. Olahraga Yoga

Selain melakukan latihan kaki, Anda juga dapat mencoba olahraga yoga. Gerakan dalam olahraga yoga dapat membantu Anda untuk mengurangi lemak yang berlebih di bagian paha. Selain itu, beberapa gerakan yoga juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesimbangan dan meningkatkan kekuatan otot paha. 

Banner Plastic Surgeon

Rekomendasi Perawatan Operasi Menghilangkan Lemak di Paha di Plasthetic Clinic?

Rekomendasi Perawatan Operasi Menghilangkan Lemak di Paha
Source: freepik.com

Selain melakukan beberapa cara mengurangi lemak di paha yang sudah dijelaskan di atas, terdapat juga beberapa opsi perawatan yang dapat membantu Anda dalam mengatasi lemak yang berlebih di area paha secara efektif. 

Perawatan untuk mengatasi lemak di paha sendiri bisa Anda lakukan di Plasthetic Clinic. Berikut ini adalah beberapa pilihan perawatan yang direkomendasikan oleh Plasthetic Clinic guna membantu Anda dalam mengatasi masalah lemak yang berlebih di bagian paha. 

1. Liposuction Paha 

Liposuction atau yang dikenal juga dengan istilah sedot lemak merupakan prosedur bedah yang bertujuan untuk mengangkat timbunan lemak berlebih di beberapa bagian tubuh, termasuk bagian paha. Prosedur satu ini dapat menjadi pilihan efektif yang dapat Anda pilih guna mengurangi lemak di area paha secara signifikan. 

2. Fat Lysis 

Jika Anda tidak ingin melakukan prosedur bedah, maka Anda bisa melakukan perawatan estetika yang bertujuan untuk mengurangi timbunan lemak berlebih di area tubuh tertentu, seperti perawatan Fat Lysis.

Cara kerja dari perawatan satu ini adalah dengan fokus pada penghancuran lemak yang terletak di bawah permukaan kulit. Selain itu, perawatan Fat Lysis juga bekerja dengan merangsang kematian sel-sel lemak. Fat Lysis menjadi salah satu perawatan non-bedah yang relatif minimal invasif.

Baca Juga: Coolsculpting: Pengertian, Prosedur, dan Bedanya dengan Sedot Lemak

3. Fat Freeze

Selain perawatan Fat Lysis, terdapat juga perawatan estetika Fat Freeze yang dilakukan dengan menggunakan alat khusus untuk membekukan sel-sel lemak yang ada di bawah kulit. Dalam beberapa minggu, sel lemak yang telah membeku ini akan mati dan pecah secara alami dan akan mengalir keluar dari tubuh melalui organ hati. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara mengurangi lemak di paha yang dapat teman Plasthetic ketahui. Melalui penjelasan di atas, tentu teman Plasthetic sudah mengetahui bahwa terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan secara mudah dalam mengurangi kondisi lemak yang berlebih di bagian paha. 

Selain melakukan cara-cara mengurangi lemak di bagian paha, teman Plasthetic juga bisa melakukan beberapa prosedur perawatan yang bertujuan untuk menghancurkan sel-sel lemak yang berlebih di area paha. Melakukan perawatan sendiri dinilai menjadi cara yang paling efektif dalam menghilangkan kondisi lemak yang berlebih di bagian paha.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perawatan menghilangkan lemak berlebih di bagian paha, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter yang terkait terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar dokter dapat mengevaluasi dan mengambil tindakan yang sesuai dengan kondisi yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, proses konsultasi juga dapat membantu Anda dalam mengetahui risiko dan efek samping yang mungkin muncul setelah proses perawatan berlangsung. Karena, setiap jenis perawatan yang akan Anda lakukan dapat menghadirkan beberapa risiko dan efek samping yang berbeda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi sebelum mengambil tindakan perawatan.

Untuk melakukan konsultasi, teman Plasthetic bisa langsung mengunjungi Plasthetic Clinic terdekat di kota Anda, maupun menghubungi tim kami di sini. Semoga informasi mengenai cara mengurangi lemak di paha di atas dapat bermanfaat untuk Anda! 

Plasthetic Clinic, Enhance Your Quality Of Life!

Ditinjau oleh: Tim Plasthetic Clinic Bendungan Hilir

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Kenali Electrocauter: Pengertian, Prosedur dan Risikonya

Read More

Operasi Bibir Sumbing: Definisi, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Read More

5 Kegiatan yang dapat Membesarkan Payudara!

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!