Ketahui Cara Menghindari Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Ketahui Cara Menghindari Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Di Tinjau oleh Dokter

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus penuaan dini menjadi lebih umum. Hal ini mungkin disebabkan karena semakin banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatannya. Selain itu, masih banyak hal-hal kecil yang berkontribusi terhadap penuaan dini. 

Jika Anda ingin mencegah penuaan dini dan awet muda serta berumur panjang, Plasthetic Clinic akan memberitahu Anda apa penyebab penuaan dini dan cara mencegahnya. Yuk, simak selengkapnya, Teman Plasthetic!

Apa itu Penuaan Dini? 

Penuaan kulit adalah kondisi kulit yang berubah seiring bertambahnya usia, ditandai dengan munculnya kendur, kerutan, atau penggelapan. Ketika dimulai pada usia muda, kondisi ini dikenal sebagai penuaan dini. 

Tak heran, faktor-faktor tertentu bisa mempercepat penuaan kulit. Beberapa di antara faktor penuaan dini pada kulit adalah karena faktor genetik, gaya hidup, pola makan, serta kebiasaan buruk lainnya yang dapat merusak kulit.

Ketika kulit mengalami penuaan sebelum waktunya, maka kondisi tersebut bisa dibilang penuaan dini. Anda bahkan mungkin saja mengalami kondisi penuaan dini ketika produksi kolagen di dalam tubuh mulai menurun.

Baca Juga: Skin Barrier Adalah: Fungsi, Ciri, dan Cara Merawatnya

Apa Penyebab Penuaan Dini? 

Penuaan dini pastinya tidak terjadi begitu saja, akan tetapi penuaan dini terjadi disebabkan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berikut faktor-faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini.

1. Kebiasaan Merokok

Merokok buruk bagi kesehatan Anda. Merokok tidak hanya menyebabkan berbagai jenis kanker, tetapi juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini, topper. Nikotin dalam tembakau adalah penyebab penuaan. Nikotin mengeringkan sel-sel kulit, menyebabkannya kehilangan air dan mengering. 

Selain itu, merokok juga mengurangi kadar vitamin A pada kulit di wajah Anda. Vitamin A digunakan sebagai antioksidan alami untuk melawan radikal bebas pada wajah.

2. Konsumsi Minuman Beralkohol

Seperti halnya merokok, minum alkohol memiliki banyak efek negatif bagi tubuh. Salah satunya mempercepat penuaan dini. Minuman ini mengandung banyak gula dan kalori yang berbahaya. Minum alkohol juga menghilangkan nutrisi kulit dan memperburuknya.

Baca Juga: Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

3. Terlalu Stress

Pernahkah Anda mendengar orang tua Anda berkata, “Jangan terlalu stress,  nanti Anda akan cepat tua”? Teman Plasthetic, pernyataan itu ternyata benar. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sangat stres dalam jangka waktu yang lama mengalami penuaan dini dan memiliki masalah dengan sel darah putih dan telomere mereka.

4. Lingkungan Berpolusi

Kota-kota besar saat ini mengalami tingkat polusi udara yang mengkhawatirkan. Beberapa penyebab seperti asap dari pabrik dan banyaknya kendaraan bermotor. Karena polusi “merusak” atmosfer bumi, sinar UV “menyerang” kulit bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Banner Plastic Aesthetic

5. Tidur Tidak Berkualitas

Kurang tidur juga menyebabkan penuaan dini, lho! Proses peremajaan kulit berlangsung saat tubuh beristirahat. Namun, proses ini secara signifikan terganggu ketika waktu tidur Anda berkurang. Hal ini tentunya dapat menyebabkan penuaan dini.

6. Faktor Genetik Orang Tua

Salah satu faktor pada penuaan dini yang tidak bisa dihindari adalah faktor genetik. Gen yang diwarisi dari orang tua dapat membuat penuaan dini menjadi tak terhindarkan. Tapi kabar baik. Jika ternyata orang tua Anda mewarisi gen awet muda, Anda pun pastinya akan mengalami hal serupa.

7. Sangat Berekspresif

Penyebab pada penuaan dini yang tidak terduga lainya adalah terlalu ekspresif. Ekspresi wajah yang terus berulang dapat membuat garis di wajah Anda dan mempercepat pembentukan kerutan. Selain itu, garis-garis wajah Anda akan menjadi lebih jelas dari hari ke hari seiring bertambahnya usia.

Bagaimana Cara Menghindari Penuaan Dini?

Nah, Anda sudah mengetahui faktor-faktor penyebab penuaan dini bukan, Teman Plasthetic? Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda dapat mencegah dan mengatasinya. Berikut rekomendasi treatment dari Plasthetic Clinic yang dapat Anda lakukan. 

1. Triple Eye Lift

Merupakan signature procedure di Plasthetic Clinic. Tindakan ini merupakan perpaduan antara Temporal Lift, Brow Lift, dan Midcheek Lift. Tindakan ini memberikan efek lebih kencang & fresh.

Baca Juga: Ini dia Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Mudah!

2. Brow Lift

Merupakan tindakan operasi untuk mengangkat alis agar wajah terlihat lebih segar dan proporsional. Brow Lift tentunya  merupakan prosedur yang aman untuk dilakukan. Tetapi, sebelum prosedur brow lift ni dimulai, pasien terlebih dahulu akan diberikan anestesi lokal. Untuk itu, pasien akan merasakan nyaman walaupun prosedur brow lift sedang berlangsung. Proses penjahitan untuk prosedur brow lift tergantung dengan jenis yang dilakukan. Pasca prosedur brow lift, proses pemulihan bisa mencapai 7 hari.

3. Forehead Lift

Merupakan tindakan operasi untuk mengencangkan dahi dan mengangkat alis secara keseluruhan sehingga mata tampak lebih terbuka lebar.

4. Filler

Treatment filler merupakan perawatan kulit cantik yang membuat garis senyum dan kerutan di wajah kurang terlihat dan membuat Anda terlihat lebih muda. Cocok untuk mereka yang ingin menghilangkan tanda-tanda penuaan tanpa prosedur invasif seperti bedah kosmetik tradisional/facelift,.

5. Shine Booster

Dapat bermanfaat untuk dapat menutrisi kulit serta membuat kulit lebih terlihat cerah, kenyal, dan lembab. Shine booster dapat diaplikasikan oleh semua jenis kulit dengan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah buat Teman Plasthetic yang memiliki masalah penuaan dini ketika masih berusia muda, jangan khawatir atau bingung ya sebab ada Anti-Aging Solutions dari Plastehtic Clinic, lho! Berbagai treatment di Anti-Aging Solutions sangatlah berpengaruh untuk mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan oleh penuaan dini seperti keriput, kulit kering, pori-pori, dan flek. So, segera konsultasikan dengan dokter untuk dapat mengetahui treatment Anti-Aging yang cocok buat kamu ya Teman Plastehtic. 

Di Review oleh:

  • dr. Anesia Tania, Sp.KK & 
https://plasthetic.com/team-member/dr-anesia-tania-sp-kk/
  • dr. Elrica Sapphira, SpBP-RE
https://plasthetic.com/team-member/dr-elrica-sapphira-sp-bp-re/

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

Apa Itu Purging dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Read More

Cari Tahu 8 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Read More

Mengenal Efek Samping Skin Booster dan Manfaatnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!