Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

cara mengencangkan pipi kendur

Cara Mengencangkan Pipi Kendur: Wajib Diketahui Sebelum Usia 30 Tahun!

Di Tinjau oleh Dokter

Semakin bertambahnya usia, tentu saja permasalahan pada tubuh semakin banyak dan sangat kompleks. Terutama jika permasalahan tubuh tersebut menyangkut permasalah pada kulit wajah secara alami. Tentu saja, kita sebagai perempuan akan sangat memperhatikan setiap permasalah kulit wajah yang ada.

Kita wajib mencari tahu bagaimana cara memperbaiki masalah kulit tersebut dengan melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah tersebut. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah adalah dengan pergi ke dokter kecantikan dan berkonsultasi tentang bagaimana cara mengencangkan kulit wajah yang kendur, termasuk pipi.

Permasalahan pada kulit wajah yang paling sering dikeluhkan oleh perempuan dewasa adalah tanda-tanda penuaan, seperti pipi kendur, keriput kasar, kering, serta rapuh. Walau dapat dikatakan bahwa permasalahan penuaan yang dialami perempuan ketika menginjak usia di atas 30 adalah hal yang wajar. Perempuan tetap akan mempertimbangkan perawatan wajah agar tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Salah satu cara agar dapat mempertahankan wajah awet muda adalah dengan mengencangkan pipi kendur. 

Apa Saja Penyebab Pipi Kendur?

Kulit merupakan jaringan elastis yang memiliki kemampuan untuk meregan dan kemudian kembali ke bentuk semula. Elastisitas kulit yang optimal terjadi ketika manusia masih dalam usia yang cukup muda dan produktif untuk memproduksi kolagen dengan baik. Dimana salah satu fungsi dari kolagen adalah untuk membantu menahan kulit dalam bentuk jaringan sendi antara otot dan tulang.

Seiring dengan bertambahnya usia, ketebalan dermis pada jaringan kulit pun akan semakin berkurang. Sehingga tingkat elastisitas pada kulit wajah dan tubuh juga semakin ikut berkurang dan menyebabkan kulit wajah dan tubuh menjadi susah untuk kembali ke posisi semua.

Produksi kolagen yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia pun menjadi alasan kulit wajah semakin mudah kendur dan turun. Hilangna elastisitas kulit ini jgua merupakan sebuah tanda alami dari elastosis. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat menyebabkan kulit kehilangan tingkat elastisitasnya.

1. Gen pada Tubuh

Faktor utama yang menentukan mengapa dan kapan kulit kamu akan kehilangan tingkat elastisitasnya adalah gen pada tubuh seseorang. Gen merupakan sesuatu yang diturunkan, dalam kulit juga terdapat gen. Jika gen yang diturunkan adalah gen yang membuat kulit kendur dengan lebih cepat, maka itu tandanya kamu memiliki masalah gen yang memengaruhi bentuk kulit.

Baca Juga: 8 Penyebab Kulit Wajah Kendur yang Harus Diwaspadai

2. Radiasi Sinar Ultraviolet

Radiasi sinar ultraviolet juga menjadi salah satu alasan utama dibalik sebagian besar masalah kulit wajah yang kendur. Selain itu, radiasi sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit, kulit wajah keriput, serta munculnya titik hitam pada kulit wajah.

3. Sering Merasa Stress

Dibalik tubuh yang sehat, harus ada jiwa yang sehat juga. Sering merasa tertekan dan stress dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kulit dan kesehatan lainnya. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi juga dapat menyebabkan pengurangan protein yang bertanggung jawab untuk elastisitas kulit wajah dan mengakibatkan penimbunan lemak berlebih serta penambahan berat badan.

Banner Plastic Aesthetic

Cara Mengencangkan Kulit Wajah yang Kendur? 

Permasalahan kulit wajah yang mengendur dan turun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara pencegahan yang seharusnya dimulai pada usia 20 an hingga menjaga kulit agar tetap kencang di usia lanjut.  Lakukan treatment di rumah dan di Klinik Kecantikan setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter estetik. Langkah yang dapat dilakukan untuk mengencangkan kulit wajah dan kulit kendur adalah: 

1. Menghindari Rokok

Hal pertama yang harus dilakukan dalam proses mengencangkan kulit wajah dan pipi yang kendur adalah memulai gaya hidup lebih sehat dengan menghindari rokok. Merokok secara aktif maupun pasif. Merokok dapat menyebabkan kulit kekurangan oksigen dan nutrisi. Menghambat pertumbuhan kolagen dan menyebabkan kulit kering serta kusam.

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Berminyak

3. Rajin Menggunakan Sun Protection

Menggunakan tabir surya adalah hal simple yang dapat dilakukan setiap saat untuk mengencangkan kulit wajah dan mengatasi pipi yang kendur. Gunakan tabir surya setiap 3-4 jam sekali dan kulit akan terlindungi dari kerusakan akibat sinar Ultraviolet. Bukan hanya dari paparan sinar matahari tapi juga cahaya dari gadget yang digunakan. 

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika rajin mengkonsumsi sayur dan buah. Kandungan alami yang terdapat didalamnya memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Kulit manusia membutuhkan makanan-makanan alami yang mengandung antioksidan tinggi yang berperan untuk memperlambat efek penuaan dan makan tersebut banyak di buah-buahan, sayur-mayur dan kacang-kacangan.  

5. Perbanyak Minum Air Putih

Selain mengonsumsi buah dan sayuran, penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih. Manusia perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan tidak boleh mengalami kekurangan cairan. Air putih atau air mineral memiliki kemampuan meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, dapat membantu mengatasi masalah kulit kendur, termasuk pada otot pipi. Disarankan untuk mengonsumsi hingga 2 liter air setiap hari agar kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi.

6. Senam Wajah

Senam wajah merupakan salah satu latihan wajah yang berfungsi untuk melatih otot dan memperbaiki otot wajah yang kendur secara alami. Kegiatan ini baik dilakukan pada pagi hari dan sore hari setiap harinya selama 5 kali hingga 10 kali dan tahan selama 10 detik. Pada bagian pipi kendur yang dapat dilakukan adalah dengan merilekskan otot-otot wajah. Tersenyumlah dan tahan sekitar 10 detik, lalu senyumlah semakin lebar hingga terlihat gigi dan gusi. Lakukan ini sebanyak 10 kali dalam 20 menit setiap harinya. 

Baca Juga: 7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Pria

7. Radiofrequency Treatment 

RF adalah adalah salah satu perawatan yang dapat dilakukan di klinik kecantikan. Di Plasthetic Clinic perawatan RF dapat dilakukan kapanpun. Perawatan ini terbukti dapat mengencangkan kulit dibandingkan skin care/ cream yang rajin digunakan. Jika Anda menggabungkan keduanya hasilnya akan jauh lebih baik. RF adalah perawatan yang berfungsi untuk merangsang produksi kolagen di lapisan kulit terdalam. Sehingga hasilnya adalah membuat kulit tampak kencang dan awet muda.

8. Laser Treatment 

 Laser juga merupakan perawatan yang bisa didapatkan di klinik kecantikan. Perawatan dengan laser bertujuan untuk meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit dalam. Selain itu, perawatan laser juga dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit. Sehingga hasil didapatkan dari perawatan ini lebih beragam dan baik untuk mengencangkan pipi kendur Anda. 

9. Surgery

Operasi plastik adalah pilihan bagi Anda yang ingin hasilnya terlihat lebih cepat. Dibandingkan dengan perawatan lainnya, operasi plastik tidak memakan waktu yang lama dan tidak perlu adanya pengulangan. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan pun akan sama besarnya dengan perawatan lainnya. 

Jadi, apakah Anda sudah menentukan perawatan apa yang akan dilakukan? Plasthetic Clinic menawarkan berbagai macam pilihan untuk membantu kamu dalam mengencangkan kulit wajah. Cari tahu lebih lanjut mengenai cara mengencangkan kulit wajah yang kendur di sini!

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Anda Ketahui

Read More

Mengenal Cuping Hidung Agar Bentuknya Mancung Ideal

Read More

Ear Lobuloplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!