Ear Lobuloplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

ear-lobuloplasty-1

Ear Lobuloplasty: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Prosedurnya

Di Tinjau oleh Dokter

Bentuk daun telinga dapat berubah bentuk, penyebab dari terbelah tersebut disebabkan karena berbagai sebab. Salah satunya adalah untuk tindik (piercing). Jika daun telinga terbelah atau tindik melebar, operasi daun telinga mungkin diperlukan untuk memperbaiki kerusakan.

Dalam kondisi ringan, area daun telinga yang robek karena kebiasaan berulang kali melepas pakaian dari kepala, memakai anting yang berat, atau faktor lain dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, bekas luka tindik daun telinga akan membesar. Untuk itu, terdapat operasi yang dapat memperbaiki hal itu yang disebut dengan ear lobuloplasty. Penasaran bukan? Yuk simak selengkapnya.

Apa Itu Ear Lobuloplasty?

Ear lobuloplasty atau sering disebut dengan earlobe repair adalah salah satu prosedur yang bertujuan untuk memperbaiki lubang dan bentuk daun telinga. Prosedur ini dapat untuk memperbaiki kelainan pada bentuk daun telinga yang berhubungan dengan anting-anting serta daun telinga yang besar atau rusak karena trauma.

Apa Manfaat dari Ear Lobuloplasty?

Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda melakukan prosedur ear lobuloplasty ya, teman Plasthetic.

1. Mendapatkan Telinga Yang Bebas Dari Infeksi

Tujuan operasi ini salah satunya ialah untuk mendapatkan gendang telinga yang utuh serta bebas infeksi. Sedangkan prosedur perbaikan pendengaran ini dapat dilakukan secara bersamaan atau dalam fase kedua selama perbaikan pendengaran. Tergantung kondisi pasien saat itu.

2. Membuat Telinga Lebih Simetris dan Berbentuk

Untuk sebagian orang yang memiliki kelainan pada bentuk telinga baik itu dari faktor genetik atau karena kecelakaan, ear lobuloplasty merupakan prosedur bedah yang cocok  untuk anda, lho. Operasi ini dapat memperbaiki bentuk telinga bagian bawah agar terlihat lebih indah. Akan tetapi untuk prosedur daun telinga secara keseluruhan juga bisa menggunakan prosedur otoplasty.

3. Memperbaiki Bentuk Telinga Akibat Bekas Tindikan

Seseorang yang pernah melakukan tindakan yang belebihan pada area telinga yang mengakibatkan telinga terdapat bolongan yang besar, sebaiknya harus melakukan prosedur operasi ini. Selain itu dapat memperindah bentuk telinga, hal ini pun bertujuan untuk Kesehatan telinga Anda sendiri ya, teman Plasthetic. 

Baca Juga: Hypertrophic Scar: Pengertian, Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengobatinya

Apa Saja Kelebihan Ear Lobuloplasty di Plasthetic?

Berikut ini kelebihan yang diberikan Plasthetic clinic saat Anda melakukan prosedur ear lobuloplasty di Plasthetic Clinic, lho.

1. Harga Lebih Terjangkau

Plasthetic Clinic merupakan klinik kecantikan unggulan di dalam bidangnya, selain menawarkan berbagai macam treatment yang dapat Anda pilih untuk mengatasi permasalahan Anda, Klinik kecantikan yang satu ini juga dilengkapi dengan harga yang murah dan terjangkau untuk pasien.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Treatment Kecantikan?

2. Alat Operasi Sudah Modern dan Berkualitas

Alat-alat yang digunakan Plasthetic Clinic dalam melakukan prosedur treatment baik aesthetic maupun surgery sudah modern dan berkualitas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas yang diberikan.

3. Dokter dan Perawat Yang Handal

Dokter dan perawat di Plasthetic Clinic sendiri sudah sangat berpengalaman dalam menangani prosedur treatment yang disediakan oleh Plasthetic Clinic, termasuk prosedur ear lobuloplasty sendiri.

Banner-Plastic-Surgeon

Apa Faktor Risiko dari Ear Lobuloplasty?

Semua Tindakan operasi tentunya membawa risiko. Tapi, tentu saja, Anda harus mempertimbangkan pro dan kontra dari setiap pilihan Anda, apakah akan menjalani operasi atau tidak. Selain risiko sedasi, risiko yang mungkin terjadi setelah operasi ear lobuloplasty, yaitu:

  1. Infeksi pendarahan
  2. Scar/bekas luka
  3. Terjadi pembengkakan pada area yang dioperasi

Eits, tapi Anda tidak perlu ragu dengan risiko itu semua ya, teman Plasthetic. Dokter selalu akan mengontrol dan memastikan kondisi Anda dalam sampai keadaan aman. Untuk itu, berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan tindakan ini perlu dilakukan. Dan perlu anda ingat ya, tindakan ini memang harus dilakukan oleh dokter spesialis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Apa itu Skindemic? Yuk Cek Apa Saja Permasalahan Kulit Selama Pandemi!

Bagaimana Cara dan Proses Melakukan Ear Lobuloplasty di Plasthetic?

Berikut Plasthetic Clinic sudah merangkum prosedur-prosedur yang dilakukan ketika melakukan tindakan ear lobuloplasty, yaitu:

  1. Pembedahan untuk memperbaiki daun telinga dapat menggunakan anestesi lokal sehingga pasien tetap sadar selama prosedur. Operasi ini dilakukan dengan membuang jaringan yang rusak, membuat luka baru di sekitar robekan sehingga dapat dijahit, dan kemudian menjahit luka dengan hati-hati.
  2. Jika operasi dilakukan, ahli bedah hanya perlu menjaga tindikan yang ada tetap kecil, menutup seluruh tindik, dan menusuk kembali daun telinga dalam beberapa bulan. 
  3. Jika tidak ada komplikasi, biasanya Anda bisa langsung pulang setelah operasi. Benang jahit yang digunakan biasanya terserap ke dalam tubuh dan tidak perlu dilepas. Namun, dalam kondisi tertentu, pasien mungkin perlu kembali ke dokter untuk melepas jahitan.

Ear lobuloplasty cocok untuk orang dengan masalah bentuk telinga untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri. Operasi ini memperbaiki daun telinga yang tidak menarik atau rusak dan membuatnya simetris dengan wajah.Nah, sekian penjelasan mengenai ear lobuloplasty ya, semoga bermanfaat.

Selalu konsultasikan permasalahan Anda terlebih dahulu ya ke dokter yang memang memahami seluk-beluknya. Dan penting juga untuk Anda memilih klinik kecantikan yang sudah terpercaya untuk melakukan prosedur yang Anda inginkan, termasuk prosedur ear lobuloplasty ya, Teman Plasthetic! So? Tunggu apalagi? Plasthetic Clinic merupakan jawaban yang tepat untuk mu, lho. Segera Kunjungi Plasthetic Clinic Cabang Terdekat di Kotamu sekarang ya!

dr Tasya Anggrahita, SpBP-RE

https://www.plasthetic.com/doctor/dr-tasya/
web-banner-disclaimer-1

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

cara-mengatasi-kulit-wajah-kering-saat-puasa

8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Saat Puasa dengan Mudah

Read More
cara memilih skincare

Protected: Skin Barrier Adalah: Fungsi, Ciri, dan Cara Merawatnya

Read More
miss v rejuvenation

Miss V Rejuvenation: Pengertian, Prosedur, dan Manfaatnya

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!