Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Treatment Kecantikan?

Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Treatment Kecantikan?

Di Tinjau oleh Dokter

Pori-pori wajah membantu mengeluarkan racun dan racun dari dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, dan melembabkan kulit. Namun, akumulasi kotoran, minyak, dan penggunaan kosmetik dapat dengan mudah menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kusam hingga kulit berjerawat.

Pada dasarnya, Anda tidak bisa benar-benar mengecilkan pori-pori di wajah Anda. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan munculnya pori-pori tersebut. Untuk meminimalkan munculnya pori-pori besar, pertama-tama kita harus memahami faktor-faktor penyebabnya.

Apa yang Menyebabkan Pori-Pori Membesar?

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi ukuran pori-pori yang membesar, yaitu:

1. Faktor genetik

Pori-pori besar biasanya dimiliki oleh orang yang terlahir dengan kulit kering cenderung berminyak, orang yang memiliki kulit kering biasanya lebih sangat mudah untuk terlihat pori porinya secara kasat mata.

2. Produk perawatan kulit

Produk komedogenik (menginduksi pertumbuhan komedo), seperti produk yang mengurangi kulit berminyak dan jerawat, biasanya memicu pori-pori membesar.

3. Kerusakan kulit akibat sinar matahari atau radiasi

Misalnya, pada kulit yang menua, kolagen dan elastin yang bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit dapat rusak saat kulit terkena sinar matahari atau radiasi lainnya.

Baca Juga: Anti Aging: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Rekomendasi Perawatan

4. Kekurangan Vitamin A

Vitamin A membantu mengurangi aktivitas kelenjar sebaceous yang berlebihan, yang menyebabkan pori-pori mengecil. Di sisi lain, ketika kekurangan vitamin A, kelenjar sebaceous terus mengeluarkan sebum, menyebabkan pori-pori membesar.

Apa Saja Ciri-Ciri Pori-Pori yang Membesar?

Pembesaran pori-pori menjadi sangat mudah dilihat dengan mata telanjang. Namun, secara umum, kondisi berikut dapat mengindikasikan pori-pori yang membesar di wajah Anda.

1. Terlihat dengan Kasat Mata

Pori-pori biasanya cenderung lebih besar dan lebih menonjol di area T-zone wajah, yaitu hidung, dahi, dan dagu. Hidung, dahi, dan dagu paling rentan menghasilkan sebum berlebih yang bisa terperangkap di pori-pori. 

2. Jenis kulit kering

Orang dengan kulit kering juga akan melihat pori-pori. Ini terlihat sangat mengesankan. Selain sebum, pori-pori bisa terisi komedo, baik berupa jerawat maupun komedo, sehingga semakin terlihat. Ukuran pori-pori yang membesar adalah 0,3-0,6 mm2.

3. Jenis Kulit Berminyak

Orang dengan tipe kulit berminyak inipun dapat dengan mudah terlihat secara jelas pori pori pada wajahnya, dikarenakan orang dengan kulit berminyak menghasilkan sebum yang berlebihan pada wajah.

Banner Plastic Aesthetic

Bagaimana Mengatasi Pori-Pori yang Membesar?

Perawatan untuk pori-pori besar tergantung pada penyebabnya. Namun, kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, sehingga perawatan umumnya ditujukan untuk mengurangi produksi minyak, meremajakan kulit, dan mengecilkan ukuran folikel rambut.

1. Retinoid (Vitamin A)

Terapi ini pertama untuk mengembalikan kolagen dan elastin. Skincare yang mengandung unsur retinoid ini dapat anda cari secara gampang di pasaran, banyak sekali produk produk skincare baik lokal maupun import yang dapat  Anda gunakan.

2. Tretinoin, Isotretinoin, Tazarotene

Tidak hanya menyamarkan pori-pori kulit, tetapi juga mengurangi kerutan, noda dan produksi minyak.

3. Asam Glikolat dan Vitamin C. 

Unsur ini dapat membantu anda untuk dapat menghilangkan jerawat serta pori pori yang membesar pada wajah, Asam Glikolat merupakan salah satu jenis perawatan kulit jenis AHA untuk dapat mengeksfoliasi kulit wajah Anda.

Baca Juga: Seperti Apa Cara Melepas Veneer Gigi yang Baik dan Benar? Yuk, Intip Caranya!

4. Exfoliasi

Bekerja dengan membuang sel-sel kulit mati, menghasilkan pembaharuan sel yang lebih sehat. Dengan cara ini, komponen kulit seperti kolagen dan elastin juga terlahir kembali.

Tentunya selain cara-cara di atas, kamu juga bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk memperbaiki pori-pori yang membesar dengan cepat dan tepat ya, Teman Plasthetic!

Rekomendasi Treatment untuk Mengecilkan Pori-Pori di Klinik Kecantikan

Perawatan pengecilan pori-pori yang direkomendasikan di klinik kecantikan
Pori-pori yang membesar tidak menyebabkan infeksi. Ya, ini paling sering disebabkan oleh minyak berlebih pada kulit. Mengecilkan pori-pori bukanlah proses cepat yang membutuhkan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa rekomendasi treatment dari Plasthetic Clinic untuk mengatasi pori-pori yang membesar.

1. Laser Nd-YAG

Sinar laser membantu peremajaan kulit terutama pigmentasi, memutihkan kulit, menghilangkan komedo, mengecilkan pori-pori, menghilangkan garis-garis halus di wajah, tato alis dan tato di bagian tubuh lainnya juga bisa dihilangkan.

Prosedur ini bekerja dengan merangsang pertumbuhan kolagen dari kulit untuk menghilangkan pori-pori yang membesar, memperbaiki tekstur kulit dan mengencangkan kulit. Perawatan ini sangat efektif bila diberikan setiap dua minggu sekali. Karena itu akan memberi Anda hasil terbaik untuk kulit Anda.

2. Smart Rejuvenation

Perawatan ini menghadirkan teknologi Intense Pulsed Light yang dirancang untuk meningkatkan kualitas kulit serta mencerahkan dan meremajakan kulit wajah.
Selain itu, perawatan ini merupakan salah satu metode pilihan untuk mencegah, menghambat, atau memperbaiki perkembangan perubahan kulit terkait usia. 

Namun, metode ini, juga dikenal sebagai terapi yang dibuat khusus atau individu, tidak tersedia untuk wanita dari segala usia.

Baca Juga: Hiperpigmentasi Adalah: Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

3. Facial Peeling

Seperti namanya, proses ini menggunakan bahan kimia. Prosedur ini tidak hanya merawat pori-pori yang membesar di wajah, tetapi juga dapat mengencangkan kulit wajah, menghaluskan wajah, dan menghilangkan flek hitam.Perawatan ini menawarkan perawatan wajah yang lebih mendalam serta infus serum untuk peremajaan kulit.

Plus, ini adalah perawatan yang sempurna untuk meningkatkan efektivitas semua perawatan kulit lainnya. Jika Anda khawatir dengan warna kulit yang tidak merata, dehidrasi, tanda-tanda penuaan, atau hanya ingin menyegarkan penampilan, cobalah perawatan ini. Perawatan ini bisa dibilang perawatan HydraFacial terlengkap untuk peremajaan kulit. Untuk treatment ini di Plasthetic Clinic sendiri Anda bisa mengambil treatment aqua pure facial ya, Teman Plasthetic!

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai pori-pori yang membesar, semoga dapat membantu ya. Dan tampaknya prosedur medis dapat digunakan ketika beberapa langkah sederhana tidak cukup. Jika Anda ingin melakukan langkah terakhir seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter kulit di klinik kecantikan Plasthetic Clinic ya, Teman Plasthetic. Yuk segera kunjungi Plasthetic Clinic sekarang, untuk mendapatkan kulit sehat impianmu!

Di Review Oleh: 

dr. Aema Y. Amir

SHARE THIS ARTICLE IN:

Recent Articles

6 Cara Menghilangkan Bengkak Setelah Tanam Benang dan Tips Merawatnya

Read More

5 Perawatan Pasca Operasi supaya Masa Pemulihan Lebih Cepat

Read More

Kenali Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Tepat

Read More

We Prioritize our Customers

Dapatkan perawatan dan prosedur terbaik hanya di Plasthetic Clinic!